8
vote
Gambar preview •INFO• Tips Sukses Mengerjakan Skripsi

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

•INFO• Tips Sukses Mengerjakan Skripsi

Haii bezzzzzz, apa kabarnya nih? semoga pada baik -baik aja dan sehat selalu y. Berhubung saya baru kelar ngerjain laporan dari kampus, dah udah kelar ngumpulinnya, jadi saya kepikiran buat share beberapa tips yang mungkin dapat membantu para beez sekalian dalam mengerjakan Laporan Akhir/Proyek Akhir/Skripsi.

Tanpa basa-nasi lagi, check this out...
============================================
10 Tips Sukses Mengerjakan Skripsi

1. Sebelumnya, pikirkan dulu minat skripsi.
Minat bukanlah judul, minat skripsi sebaiknya sudah harus dipikirkan jauh sebelum kitamendaftar skripsi. Jadi ketika kita mau mendaftar skripsi pastikan kita sudah tahu minat yangakan dijadikan bahan skripsi nanti. Minat untuk bahan skripsi dapat diperoleh dari mana saja,dari jurnal, dari perpus, dari internet.

2. Survey judul skripsi di perpus.
Hal ini untuk melihat apakah minat/ judul skripsi yang akan dikerjakan sudah ada atau belum,liat juga di bagian thesis biasanya juga ada yang agak mirip. Jangan sampai waktu di tengah-tengah mengerjakan skripsi tiba-tiba di perpus ada bahasan yang sangat mirip atau hampir samaatau sama dengan skripsi yang kita buat. Jadi hati-hati.

3. Konsultasikan judul skripsi dengan DPS alias Dosen Pembimbing Skripsi.
Langkah ketiga ini sangat penting, artinya ketika kita mengonsultasikan judul skripsi paling tidak kita sudah tau bagaimana skripsi kita nantinya. Cari waktu yang tepat untuk konsultasi dengan DPS.

4. Jika sudah disetujui, buat target dan jadwal untuk mengerjakan skripsi.
Target besar akan selesai jika kita memecahnya menjadi target-target kecil kemudian membuat jadwal untuk menyelesaikan target-target kecil yang kita buat tadi. Dengan ini, kita menjadilebih teratur dalam mengerjakan skripsi.


Lanjut di komen y beez...
•INFO• Tips Sukses Mengerjakan Skripsi (Gambar 1) •INFO• Tips Sukses Mengerjakan Skripsi (Gambar 2) •INFO• Tips Sukses Mengerjakan Skripsi (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
10 komentar
allgonehe11x #6048
Nomaden :)
5. Cari referensi skripsi.
Sebagai mahasiswa, nggak alergi kan ya, sama yang namanya perpustakaan? Hehehe...

6. Cari bahan dari jurnal-jurnal di internet.
Jurnal yang ada di internet ada yang gratis ada juga yang berbayar. Biasanya universitas menyediakan akses untuk dapat mengunduh jurnal berbayar dengan gratis.

7. Penulisan, buat draft kasar.
Alih-alih bikin kerangka karangan jika kita membuat suatu cerita disini kita membuat kerangkaskripsi. Misalnya jika skripsi terdiri dari 5 bab, maka kita buat kerangka skripsi dari bab 1-5,yang nantinya akan ditulis, lalu kembangkan. Hal ini akan membantu kita dalam menulis skripsi.

8. Rajin konsultasi dengan DPS.
Konsultasikan kesulitan ketika mengerjakan skripsi dengan DPS. Sebelum kita konsultasidengan DPS pastikan kita sudah tahu apa yang harus harus didiskusikan dengan DPS. Jika temaskripsi kita merupakan irisan dari dua disiplin ilmu, misalnya statistika dan ilmu komputer, dankita butuh konsultasi selain dengan DPS, maka komunikasikan dengan DPS.

9. Fokus skripsi.
Ingat, fokus itu penting.

10. Semangat, jaga kesehatan dan rajin berdoa.
Tips terakhir tapi justru merupakan tips terpenting. Kita tidak dapat mengerjakan skripsi tanpasemangat di dalamnya, tanpa kesehatan yang fit, dan tanpa doa yang kita panjatkan kepadaTuhan Yang Maha Mengatur, yang melancarkan usaha kita.
============================================

Okey itulah dia lebih kurang 10 tips sukses mengerjakan skripsi, semoga buat yang sedang mengerjakan skripsi/laporan diberikan kelancaran y hehehe...

Salam Sengatan untuk para lebah :D
tahun lalu
Wet #11
Still Here
Nice info! Empat taun ngerjain skripsi gak kelar2.. hehe
tahun lalu
allgonehe11x #6048
Nomaden :)
wkwkwk... buset dah ampe 4 taon ngerjain skripsi, pasti ngambil S5 y si abang hahaha...
tahun lalu
Wet #11
Still Here
Sudahlah.. lupakan.. :(
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
Kalo d kampus q, kita bisa dapet pembimbing skripsi justru setelah proposal d terima sama jurusan.. Kalo ternyata pembimbing nyuruh ganti, harus ngurus lgi k jurusan.. Ahh ribet pokoknya,, kerja 2 kali..

Trus kendala lain,, datanya susaaahhh bgt d dapet.. Terutama yg nyangkut data di instansi publik.. Hiks.. Waktu itu ngabisin waktu satu semester cuma buat kelarin bab 1 doang :(

Tapi tips na okee kok, makasih sudah mau berbagi dan membaca cerita q.. Hhehe :p
tahun lalu
allgonehe11x #6048
Nomaden :)
hahaha... emang gitu sih biasanya ada aja kendala pas ngerjain laporan, ane aja ampe mundur 3 bulan gara" susah dapetin data agagag... :P
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
Iyaaaa,,, begitulah..
Suka berbelit" banget.. Suka gak transparan terutama masalah anggaran dan keuangan..
Itulah romantika masa skripsi..
(ʃ⌣ƪ)  
tahun lalu
Wet #11
Still Here
Pake data primer dong... gak perlu keluar masuk instansi

*sokngerti*

Btw 1 semester bab 1 doang itu udh bagus git, drpada 4 taun gak jadi2 judulnya...
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
*pukpuk wet (⌣.⌣')\('́⌣'̀ )

Mau aq kasih usul judul gak wet?? :p
tahun lalu
allgonehe11x #6048
Nomaden :)
wkwkwk... pake data fiktif aja agagag...

wah siapa tuh yang 4 taon g jadi" judulnya :P
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
allgonehe11x #6048
Nomaden :)