7
vote
Gambar preview 10 Unsur Budaya Asli Indonesia

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

10 Unsur Budaya Asli Indonesia

Sejarah budaya Indonesia selalu menarik untuk diulas dalam artikel blog. Pada artikel sejarah budaya kali ini kita akan membahas 10 unsur budaya asli Indonesia menurut J.L. Brandes. Sejak awal Masehi, telah terjalin hubungan dagang antara India dan China. Jalur perdagangan tersebut melalui Selat Malaka. Karena letaknya di jalur perdagangan dan pelayaran internasional tersebut, Indonesia dengan mudah mendapat pengaruh agama dan kebudayaan dari bangsa lain. Salah satunya adalah pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha.

Melalui hubungan perdagangan tersebut, agama Hindu-Buddha masuk dan tersebar di Indonesia. Pada awalnya agama Hindu dan Buddha dianut oleh para raja dan bangsawan. Dari lingkungan kerajaan tersebut kemudian agama Hindu-Buddha dengan mudah tersebar ke lingkungan rakyat biasa. Hal ini sesuai dengan aturan jaman dulu, yaitu rakyat harus mengikuti agama yang dianut oleh raja mereka.

Meski demikian, tidak semua budaya asing bisa diterima oleh masyarakat Indonesia. Salah satu alasan mengapa tidak semua budaya luar yang masuk ke Indonesia ditiru begitu saja oleh masyarakat Indonesia karena masyarakat Indonesia telah memiliki local genius. Local genius adalah kemampuan suatu masyarakat untuk menyaring dan mengolah budaya asing yang masuk dan disesuaikan dengan cita rasa setempat.

Local genius yang merupakan budaya asli masyarakat Indonesia telah berkembang sebelum kedatangan pengaruh Hindu-Buddha. Menurut J.L. Brandes, bangsa Indonesia memiliki 10 unsur budaya asli. 10 budaya asli Indonesia adalah:

1. Kepandaian bersawah dan bercocok tanam.
2. Kemampuan berlayar dan mengenal arah angin.
3. Mengenal prinsip dasar pertunjukan wayang.
4. Kemampuan dalam seni gamelan.
5. Kepandaian membatik dan membuat pola seni ornamen.
6. Kemampuan mengerjakan barang dari logam.
7. Menggunakan aturan metrik atau alat ukur.
8. Menggunakan alat tukar uang logam.
9. Mengenal sistem perbintangan.
10. Telah terbentuk susunan masyarakat yang teratur.

Lanjut ke
bertahun-tahun yang lalu
di
3 komentar
dinovbreem #9544
Bandung
Sebelum masuknya pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia, masyarakat Indonesia telah memiliki tradisi kebudayaan sendiri. Dengan masuknya pengaruh Hindu dan Buddha, kebudayaan asli Indonesia tidak lantas hilang, namun berpadu. Dengan demikian, budaya Indonesia makin kaya dengan berbagai unsur yang ada. Dan tugas kita saat ini adalah melestarikan budaya yang ada agar tetap lestari. Ayo cintai budaya nasional Indonesia!
bertahun-tahun yang lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
kakek ane pelaut !! percaya ato tdk, cerita2nya dulu kakek saya itu dulu berlayarnya sampe ke myanmar, singapura, vietnam lho :) pake perahu finisi perahu layar tradisional orang bugis :)
bertahun-tahun yang lalu
andione #4305
Komentar ini sudah dibuang
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Kenapa y skrg kita suka akan budaya kebarat2an?
Ada suatu hal yg skrg sedang diteliti orang2 luar negri (brasil, inggris dan selandia baru) kalo ternyata kita lah yg menyebarkan budaya ke cina dan india bukan sebaliknya kalo kita kena pengaruh india dan cina.
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
dinovbreem #9544
Bandung