15
vote
Gambar preview 4 Taman Nasional di Jambi

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

4 Taman Nasional di Jambi

Taman nasional adalah tempat paling aman bagi habitat hewan/tumbuhan berkembang biak, krn dilindungi secara hukum oleh pemerintah. Tapi taukah kalian kalo Provinsi Jambi adalah provinsi yg paling banyak taman nasional diindonesia, jumlahnya ada 4. Akan gw jelaskan satupersatu secara singkat.

1. Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS)
Menurut wikipedia, TNKS merupakan taman nasional terbesara disumtra, dgn luas 13,750 km² dan membentang ke empat provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Sumatera Selatan.
Dan Provinsi Jambi yg paling luas dan merupakn pusat TNKS, terletak di kabupaten Kerinci dan kabupaten Merangin.

Ditumbuhi sekitar 4000 spesies tumbuhan dan yg paling terkenal adalah bunga Raflesia arnoldii dan bunga bangkai. Dan merupakan tempat berkembang biaknya harimau, badak, gajah, tapir dan 370 jenis burung.

Tahun 2004, TNKS ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

2. Taman Nasional Bukit tigapuluh
Terletak diperbatasan Provinsi Riau dan Jambi, dgn luas 143.143 hektar. Taman nasional ini merupakan keberadaannya harimau, orangutan, tapir, badak, gajah dan beruang madu. Selain itu ada suku orang rimba dan talang mamak yg merupakan suku pedalaman yg sangat tradisional.

3. Taman Nasional Bukit duabelas
Ini merupakan rumah suku anak dalam (suku kubu). Sangat kecil, hanya seluas 605 km².

4. Taman Nasional Berbak
Taman Nasional Berbak merupakan kawasan pelestarian alam untuk konservasi hutan rawa terluas di Asia Tenggara yang belum terjamah oleh eksploitasi manusia. Keunikannya berupa gabungan yang menarik antara hutan rawa gambut dan hutan rawa air tawar yang terbentang luas di pesisir Timur Sumatera. Dan jg merupaka tempat hidup harimau sumatra. Terletak di kabupaten tanjung jabung timur.

Pic1: harimau sumatera
Pic2: keindahan gunung Kerinci, gunung api tertinggi diIndonesia (3.808mdpl)
Pic3: suku anak dalam (suku kubu)
4 Taman Nasional di Jambi (Gambar 1) 4 Taman Nasional di Jambi (Gambar 2) 4 Taman Nasional di Jambi (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
bertahun-tahun yang lalu
di
16 komentar
Taman nasional berbak belum ter-eksploitasi, mantap.
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Udah lama tu, dan gw g tau dimana posisinya, krn blom pernah kekabupaten itu, kalo yg 3 pernah lihat perbatasannya., :)
bertahun-tahun yang lalu
Ke kerincinya udh pernah?
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Blom, walaupun deket.,>.<
Tapi daerah tnks dideket kotaku ada jg., :)
bertahun-tahun yang lalu
Baru tau, banyak jg taman nasional di jambi yah
Trus suku anak dalam rupanya dari jambi ya, gw malah mikir dari sulawesi atau kalimantan.. Haha x_x
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Iya, disini lebih sering disebut suku kubu, dan kalo orang daerah nyebutnya sanak.
bertahun-tahun yang lalu
pajrei #10036
<«Pasti kenal
Suku kubu(masi lumayan primitif ) ,,tapi separuh sudah sekolah kuliah bahkan. Beberapa orang dari suku kubu bekerja berbagai bidang di salah satu tivi swasta rcti
bertahun-tahun yang lalu
ujangjanggo #9162
Future dream
wah kereen di jambi ya taman nasionalnya,  macannya masih ada berkeliaran bang bud?..
bertahun-tahun yang lalu
pajrei #10036
<«Pasti kenal
Iya jang ,, kalo di sumatara khususnya sumatra selatan , selainharimau bneran bahkan ada juga orang yg suka kliaran pake ujud harimau >< tapi gk nyakitin kok paling nyolongin durian yg jatuh
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Ada desa tersembunyi di dekat dempo nama desanya pasemah, katanya sih desa gaib, wujudnya ya itu sepertu lu bilang. :)
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Awal tahun ini ada yg mati dimakan harimau.,>.<
bertahun-tahun yang lalu
ujangjanggo #9162
Future dream
Maaaakk, menyeramkan.. ya, masih asli...
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Masih asli? Apanya yg asli?
bertahun-tahun yang lalu
jaunmurtaba #16996
Somewhere
Walaupun beda mudah2an nasibnya ga sama ma Kebun Binatang Surabaya.
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Kenapa?
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv