22
vote
Gambar preview Aksara Jawa

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Aksara Jawa

Aksara Jawa

Aksara Jawa (atau dikenal dengan nama hanacaraka atau carakan) adalah aksara jenis abugida turunan aksara Brahmi yang digunakan atau pernah digunakan untuk penulisan naskah-naskah berbahasa Jawa, bahasa Makasar, bahasa Madura, bahasa Melayu(Pasar), bahasa Sunda, bahasa Bali, dan bahasa Sasak. Bentuk aksara Jawa yang sekarang dipakai (modern) sudah tetap sejak masa Kesultanan Mataram (abad ke-17) tetapi bentuk cetaknya baru muncul pada abad ke-19. Aksara ini adalah modifikasi dari aksara Kawi dan merupakan abugida.

Pada bentuknya yang asli, aksara Jawa Hanacaraka ditulis menggantung (di bawah garis), seperti aksara Hindi. Namun demikian, pengajaran modern sekarang menuliskannya di atas garis. Aksara hanacaraka Jawa memiliki 20 huruf dasar, 20 huruf pasangan yang berfungsi menutup bunyi vokal, 8 huruf "utama" (aksara murda, ada yang tidak berpasangan), 8 pasangan huruf utama, lima aksara swara (huruf vokal depan), lima aksara rekan dan lima pasangannya, beberapa sandhangan sebagai pengatur vokal, beberapa huruf khusus, beberapa tanda baca, dan beberapa tanda pengatur tata penulisan (pada).
[sunting] Huruf dasar (aksara nglegena)

Pada aksara Jawa hanacaraka baku terdapat 20 huruf dasar (aksara nglegena), yang biasa diurutkan menjadi suatu "cerita pendek".

Huruf pasangan (Aksara pasangan)
Pasangan dipakai untuk menekan vokal konsonan di depannya. Sebagai contoh, untuk menuliskan mangan sega (makan nasi) akan diperlukan pasangan untuk "se" agar "n" pada mangan tidak bersuara. Tanpa pasangan "s" tulisan akan terbaca manganasega (makanlah nasi). Tatacara penulisan Jawa Hanacaraka tidak mengenal spasi, sehingga penggunaan pasangan dapat memperjelas kluster kata.



.....................
.........................
...........................
Aksara Jawa (Gambar 1) Aksara Jawa (Gambar 2) Aksara Jawa (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
bertahun-tahun yang lalu
di
31 komentar
mbahresi #12
Oishine Cafe
Huruf utama (aksara murda)
Pada aksara hanacaraka memiliki bentuk murda (hampir setara dengan huruf kapital) yang seringkali digunakan untuk menuliskan kata-kata yang menunjukkan nama gelar, nama diri, nama geografi, nama lembaga pemerintah, dan nama lembaga berbadan (Kata-kata dalam Bahasa Indonesia yang menunjukkan hal-hal diatas biasanya diawali dengan huruf besar atau kapital. Untuk itulah pada perangkat lunak ini kita gunakan huruf kapital untuk menuliskan aksara murda atau pasangannya).

bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Oishine Cafe
Aturan baku penggunaan hanacaraka

Penggunaan (pengejaan) hanacaraka pertama kali dilokakaryakan pada tahun 1926 untuk menyeragamkan tata cara penulisan menggunakan aksara ini, sejalan dengan makin meningkatnya volume cetakan menggunakan aksara ini, meskipun pada saat yang sama penggunaan huruf arab pegon dan huruf latin bagi teks-teks berbahasa Jawa juga meningkat frekuensinya. Pertemuan pertama ini menghasilkan Wewaton Sriwedari ("Ketetapan Sriwedari"), yang memberi landasan dasar bagi pengejaan tulisan. Nama Sriwedari digunakan karena lokakarya itu berlangsung di Sriwedari, Surakarta. Salah satu perubahan yang penting adalah pengurangan penggunaan taling-tarung bagi bunyi /o/. Alih-alih menuliskan "Ronggawarsita" (bentuk ini banyak dipakai pada naskah-naskah abad ke-19), dengan ejaan baru penulisan menjadi "Ranggawarsita", mengurangi penggunaan taling-tarung.

Modifikasi ejaan baru dilakukan lagi tujuh puluh tahun kemudian, seiring dengan keprihatinan para ahli mengenai turunnya minat generasi baru dalam mempelajari tulisan hanacaraka. Kemudian dikeluarkanlah Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga gubernur (Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur) pada tahun 1996 yang berusaha menyelaraskan tata cara penulisan yang diajarkan di sekolah-sekolah di ketiga provinsi tersebut.

bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Oishine Cafe
Tonggak perubahan lainnya adalah aturan yang dikeluarkan pada Kongres Basa Jawa III, 15-21 Juli 2001 di Yogyakarta. Perubahan yang dihasilkan kongres ini adalah beberapa penyederhanaan penulisan bentuk-bentuk gabungan (kata dasar + imbuhan).

Penggunaan aksara Hanacaraka
Bahasa Jawa dalam huruf Jawa dipakai pada papan nama jalan di Surakarta.

Aksara hanacaraka masih diajarkan di sekolah-sekolah di wilayah berbahasa Jawa sampai sekarang (Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DI Yogyakarta), sebagai bagian dari muatan lokal dari kelas 3 hingga kelas 5 SD. Walaupun demikian, penggunaannya dalam surat-surat resmi/penting, surat kabar, televisi, media luar ruang, dan sebagainya sangatlah terbatas dan terdesak oleh penggunaan alfabet Latin yang lebih mudah diakses. Beberapa surat kabar dan majalah lokal memiliki kolom menggunakan aksara Jawa. Penguasaan aksara ini dianggap penting untuk mempelajari naskah-naskah lama, tetapi tidak terlihat usaha untuk menggunakannya dalam kegiatan sehari-hari. Usaha-usaha revivalisasi bersifat simbolik dan tidak fungsional, seperti pada penulisan nama jalan atau kampung. Salah satu penghambatnya adalah tidak adanya usaha ke arah pengembangan ortografi/tipografi aksara ini.




*dari berbagai sumber*
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Mwahahaha gw di kelas dr sd sampe sma dapet pelajaran ini, hanacaraka mwahahaha
bertahun-tahun yang lalu
dhei_cute #6143
ga usah liath2...!!!
kowe iso po ra pla...?? moso wong jowo ra reti jowo ne >_<
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Aduh translate dong ini bahasa apa >_<
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Keren :)
bertahun-tahun yang lalu
dhei_cute #6143
ga usah liath2...!!!
apa na yg kren ?? aksara jawa apa poster na :d

bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
dua''nya :DD
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Oishine Cafe
sinu juga keren :d
bertahun-tahun yang lalu
idanx sawunx #6046
TCVer
Coba P̶̲̥̅O̶̲̥̅S̶̲̥̅T̶̲̥̅I̶̲̥̅N̶̲̥̅G̶̲̥̅ nya dri kemaren" sebelum kopdar , saia tantangin nulis & baca aksara jawa / hanacaraka ( ˘͡^˘͡)

*sok bisa ( ˘͡^˘͡)

~(o˘з˘) siul...siul.... ♪♬♪♬♪  

╔═╦╦═╦═╗ ╔═╦╗╔═╦═╦═╗
║║║║╔╣║║ ║╚╣╚╬╝║╠╣║║
║║║║╚╣╔╣ ╠╗║║║║║║║╔╣
╚╩╩╩═╩═╝ ╚═╩╩╩═╩╝╚═╝ mbah

*lanjut isep super
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
sotoy...*kaburrr
bertahun-tahun yang lalu
idanx sawunx #6046
TCVer
~(o˘з˘) siul...siul.... ♪♬♪♬♪  
bertahun-tahun yang lalu
yuniastuti #9347
Teruslah melangkah..
Emang lo bisa danx...

(•͡˘˛˘ •͡)
bertahun-tahun yang lalu
idanx sawunx #6046
TCVer
Kagak

~(o˘з˘) siul...siul.... ♪♬♪♬♪  
bertahun-tahun yang lalu
yuniastuti #9347
Teruslah melangkah..
Masak org jawa dak tahu aksara jawa danx...

Saia dulu pinter...
Skarang...kagak..

He=-?≈;)ƗƗe̲̅e̲̅ º°˚
              ˚°º:pƗƗe̲̅e̲̅≈ =-?  . . . .
bertahun-tahun yang lalu
idanx sawunx #6046
TCVer
Saia dulu pinter...
Skarang...kagak..

(¬.¬)ƪ(¯.¯”) jitakkk..“

@ kalo ketemu boleh di test ( ˘͡^˘͡)

~(o˘з˘) siul...siul.... ♪♬♪♬♪  
bertahun-tahun yang lalu
yuniastuti #9347
Teruslah melangkah..
Nemu apa danx...kekna dak ada Ɣªήğ ilang deh..

*clingak clinguk
('-' )(._. )( ._.)( '-')

bertahun-tahun yang lalu
idanx sawunx #6046
TCVer
(¬_¬") ĦΑΊΪZZ......‎​‎​‎
bertahun-tahun yang lalu
dhei_cute #6143
ga usah liath2...!!!
guayaamuuu tho mba endanx.... ngomong jowo ae kowe lali, po neh meh nulis aksara jowo ....
bertahun-tahun yang lalu
idanx sawunx #6046
TCVer
ː̗̀(☉,☉)ː̖́ ew   ada ŷƍ ngomonx ke' nya

•»Clingak-clinguk«•
('-' ) (._. ) ( ._.) ( '-')
•»Clingak-clinguk«• ......
bertahun-tahun yang lalu
yuniastuti #9347
Teruslah melangkah..
Paling mengko sing di tulis malah dadi gambar bebek menthok...

みaªみaªみaª

Ƙǻªªªßoº°˚˚°ºoƦ
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Aq wis tau iso tulisan ngono kui mbah, tp saiki jiaaannn lali kuabeh...
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Oishine Cafe
halah .... ngomong ae ra iso ...nggo alsana lali :p
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Lha wong wis suwe ra dinggo kok mbah...yo wis aq diajari meneh ngene mbah, aq yo kangen karo huruf2 koyo ngono kui mbah...:)
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Oishine Cafe
aq malah ra pathek o mudeng ... awit biyen mung iso ne mung kuwi2 ae thok...ra ono peningkatan
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Walah...yo sami mawon ‎​ɑƗƗɑƗƗɑƗƗɑ‎​​​‎​...
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Ckck, gagal jadi orang jawa! ( ˘ ˘̯)
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Krn lingkungan pendidikan yg membuat kita gagal :)
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Kita? Omanang aja ah :p
*kabooorrr
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
(¸.•*¨)¸.•*¨)
=-?Ɯ∂Ќ=))¸.•*¨)¸.•*¨)  
(¸¸.•´ (¸¸.•´=-?Ɯ∂Ќ=))¸.•*¨)¸.•*¨)
                 (¸¸.•´ (¸¸.•´=-?Ɯ∂Ќ=))
                                 (¸¸.•´ (¸¸.•´‎​

Asyeemmmm :)
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
mbahresi #12
Oishine Cafe