10
vote
Gambar preview Apa penyebab Indonesia di jajah cukup lama???

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Apa penyebab Indonesia di jajah cukup lama???

Apa sebab Indonesia bisa dijajah cukup lama oleh kolonialisme? Banyak orang yang bilang, Indonesia kala itu kalah unggul di bidang teknologi, khususnya teknologi kemiliteran. Juga, kolonalisme menguasai pengetahuan modern kala itu.

Tetapi penjelasan itu belum memadai. Belanda hanyalah negeri kecil di Eropa sana; ukurannya hanyalah seperempat pulau Jawa. Sedangkan luas Indonesia hampir sebanding dengan tujuh Negara Eropa sekaligus bila disatukan: Britania Raya, Perancis, Jerman Barat, Belgia, Belanda, Spanyol, dan Italia.

Akhirnya muncul penjelasan lain. Bung Hatta, salah satu bapak pendiri bangsa kita, mengatakan, kekuasaan kolonial bisa bertahan di Indonesia karena ditopiang oleh faktor-faktor kekuatan psikologis.

Adapun faktor-faktor itu, kata Bung Hatta, meliputi: pertama, politik memecah-belah dan menguasai; kedua, membiarkan massa menjadi dungu alias terbelenggu dalam ketidaktahuan; ketiga, injeksi psikologis berupa gagasan keunggulan bangsa kulit putih dan kedudukannya yang tak tergoyahkan; keempat, politik asosiasi alias kolaborasi.

Kata Bung Hatta, jika hendak meruntuhkan hegemoni kolonialisme, maka empat faktor itu harus hilangkan satu per satu.

Gmana bees, adaa yg pnya pandang laen.. Monggo d coment..
tahun lalu
di
22 komentar
zw.st. #29250
Nothing
Waduh, sejarah lagi toy...
Nyimak aja dah, pala lagi mumet komeng serius ☺
tahun lalu
donal22 #41465
​​.͡▹​♡
Waduh x_x
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Iya sob, kalo dah subuh gini serius mah errorrrrr
╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ.  
tahun lalu
donal22 #41465
​​.͡▹​♡
Sama ◦'⌣'◦
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Siang bolong aja jarang serius, apalagi dinihari
╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ.  
tahun lalu
donal22 #41465
​​.͡▹​♡
Siang ngampus gua, ia paling bisa malam ℓaĝ!  Keliling di sini
X_x
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Bagus don, mslh skul wajib didahulukan, yg lain no 2 dst ☺
tahun lalu
things #33671
Kalo pusing minum obat om..
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Obatnya mana thing? Jgn katakan "minum baygon sayang" ☺
tahun lalu
donal22 #41465
​​.͡▹​♡
@zw: τнäиκ чöü sob,

@thing's : asal obat yg baik buat kesehatan ajja :D
Klo selain ituh ???"
tahun lalu
Pauloo #40531
Samarinda, Kaltim
*Vini vidi vici...
*God, gold glory...
Terlalu dini Menyimpulkan copas dan makan bula2 pemikiran  bung hatta...
Yo..."Mari" Belajar Lagi..
*Yg jajah negeri ini bukan hanya belanda. Ingris, jepang, portugis pernah menjajah negeri ini..bahkan Kerajaan di nusantara jua saling menaklukani...
*Pertanyaan kemudian..adalah..
Apa yg membedakan kolonial Belanda, Spanyol,Ingris...???dan kerajan nusantar yg menang perang kemudian menjajah..??
*Kemudian bangaiman karakter masyarakat lokal di masing2 wilayah jajahan yg pernah di duduki oleh kolonial...???

Jawab ya bray...!!!
Ћє̲̣̥є̲̣̣̣̥☺ђє̲̣̥є̲̣̣̣̥☺ђє̲̣̥є̲̣̣̣̥ћє̲̣̥є̲̣̣̣̥☺ђє̲̣̥є̲̣̣̣̥☺ђє̲̣̥є̲̣̣̣̥
tahun lalu
ottoy45 #38737
Samarinda
Tanya aj pamn gugel.. Ada jwabnx tuh
tahun lalu
Pauloo #40531
Samarinda, Kaltim

Mati Belanda....* tepok jidat, mata tertutup terbentur tiang. Gelap.. Mati lampu Soalnya...
¸.•*¨)¸.•*¨)
‎​=DW̲̅a̲̅K̲̅=))‎​\=D/¸.•*¨)¸.•*¨)  
(¸¸.•´ (¸¸.•´‎​=DW̲̅a̲̅K̲̅=))‎​\=D/¸.•*¨)¸.•*¨)
                 (¸¸.•´ (¸¸.•´‎​=DW̲̅a̲̅K̲̅=))‎​\=D/
                                 (¸¸.•´ (¸¸.•´.  
tahun lalu
ottoy45 #38737
Samarinda
Salah wadah kam bemuntung jar.. Supan nti d tonton urang..
tahun lalu
Pauloo #40531
Samarinda, Kaltim
kada kawa bekesah lagi kah ikam..!!
╔╗╔╦══╦╗╔╦══╦╗╔╦══╗ 
║╚╝‎​║╔╗║╚╝‎​║╔╗║╚╝‎​║╔╗║   \=))_
║╔╗║╔╗║╔╗║╔╗║╔╗║╔╗║   (( 
╚╝‎​╚╩╝‎​╚╩╝‎​╚╩╝‎​╚╩╝‎​╚╩╝‎​╚╝‎​ <,'\
tahun lalu
aryaputra #21450
Medan (SUMUT)
Tanpa kita sadari, sebenarnya bangsa kita hingga hari ini masih di jajah secara tidak langsung,, coba rekan" renungkan..
tahun lalu
Pauloo #40531
Samarinda, Kaltim
Betul tu  bray...!! Saya sudah Kabari ttng hal tsb ke anak saya yg berumur 2th & 3th..* harus dri kecil agar besarnya nanti jdi Berguna jd Manusia....Ћє̲̣̥є̲̣̣̣̥☺ђє̲̣̥є̲̣̣̣̥☺ђє̲̣̥є̲̣̣̣̥ћє̲̣̥є̲̣̣̣̥☺ђє̲̣̥є̲̣̣̣̥☺ђє̲̣̥є̲̣̣̣̥
tahun lalu
ayuekap #43660
Titip ♥
Setuju banget, di jajah sama kebodohan dn kekuasaan
tahun lalu
vanzcrown #37056
PIN: 31065D8F
Jawaabannya yah
"
Adapun faktor-faktor itu, kata Bung Hatta, meliputi: pertama, politik memecah-belah dan menguasai; kedua, membiarkan massa menjadi dungu alias terbelenggu dalam ketidaktahuan; ketiga, injeksi psikologis berupa gagasan keunggulan bangsa kulit putih dan kedudukannya yang tak tergoyahkan; keempat, politik asosiasi alias kolaborasi. "
tahun lalu
HERSON #43805
PALEMBANG
Sesungguhnya smpe skrg pun indonesia itu msh terjajah, baik dari segi ekonomi, budaya,politik, dst,,
tahun lalu
[closed] #unknown
Sampe sekarang juga masih dijajah.
tahun lalu
Lampung
Penjajahan itu datang karena perebutan kekuasaan ekonomi, selagi perekonomian masih di pegang modal asing artinya bangsa kita masih di jajah!! Perang adalah imbas akhir karena Ɣªήğ di jajah telah menyadari penjajahan pada dirinya dan bangsanya masa itu atau masa nanti setelah kita menyadarinya!!
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
ottoy45 #38737
Samarinda