26
vote
Gambar preview Asal usul nama Indonesia

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Asal usul nama Indonesia

Istilah nama Indonesia untuk pertama kalinya dikemukakan oleh seorang ahli etnologi dari inggris yg bernama James Richardson logan pada tahun 1850 dlm ilmu bumi,,
Istilah Indonesia digunakan juga oleh G.W. Earl dalam bidang etnologi. G.W. Earl menyebut Indonesians dan melayunesians untuk warga kepulauan melayu.

Dan pada tahun 1862 istilah Indonesia digunakan oleh orang inggris, bernama Maxwell dalam karanganya berjudul The Island Of Indonesia (kepulauan indonesia) dalam hubunganya dngan ilmu bumi.
Istilah Indonesia semakin populer ketika seorang ahli etnologi Jerman bernama Adolt bastian menggunakan istilah Indonesia pada tahun 1884 dalam hubunganya dengan etnologi

Kata Indonesia berasal dari kata latin, indus yg berarti hindia dan kata yunani nesos yg berarti pulau, nesioi (jamak) berarti pulau pulau, dngn dmikian kata indonesia adlh pulau pulau hindia

Indonesia dikenal pula dgn sebutan nusantara. Kata nusantara berasal dari bahasa jawa kuno. Yaitu nusa yang berarti pulau dan antara yg berarti hubungan. Jadi nusantara berarti rangkaian pulau pulau

Sebelum bangsa Indonesia ini mengunakan nama Indonesia ternyata pada masa lalu bangsa kita telah memiliki nama lain yang telah dikenal banyak orang. Nah berikut ini ada 5 nama lain bangsa indonesia di masa lalu,

1. Hindia
Nama Hindia ini adalah ciptaan dari Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah berkebangsaan Yunani (484-425 Sebelum Masehi) yang dikenal dengan Bapak Ilmu Sejarah. Adapun nama Hindia ini baru dipergunakan untuk kepulauan ini, oleh Ptolomeus (100-178 SM), seorang ahli ilmu bumi yang terkenal. Dan nama Hindia ini menjadi terkenal sesudah bangsa Portugis di bawah pimpinan Vascvo da Gama mendapati kepulauan ini dengan menyusur sungai Indus, dalam tahun 1498 Masehi.

---» lanjut dibawah
Asal usul nama Indonesia (Gambar 1) Asal usul nama Indonesia (Gambar 2) Asal usul nama Indonesia (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
tahun lalu
di
63 komentar
jihadkhan #41405
أهل المحبة
2. Nederlandsch Oost-Indie
Nama ini diberikan oleh orang-orang Belanda sesudah mereka berkuasa disini. Kemudian nama ini ditukar dengan “Nederlandsch Indie”. Seperti diketahui, bangsa Belanda untuk pertama kalinya datang ke Indonesia dalam tahun 1596 di bawah pimpinan Cornelis de Houtman.

3. Insulinde
Nama ini diberikan oleh Eduard Douwes Dekker (multatuli) di dalam bukunya Max Havelaar dalam tahun 1860, kemudian nama ini dipopulerkan oleh Professor P.J. Veth. Multatuli membuat nama baru ini, oleh karena ia jijik mendengar nama Nederlandsch Indie yang diberikan oleh Belanda itu. Adapun asal usul perkataan tersebut ialah berasal dari perkataan “Insulair”, “Insula” dan “Indus”. Insula dalam bahasa latin yang berarti pulau. Indus berarti Hindia, sedangkan Insilinde artinya pulau Hindia.

4. Nusantara
Nama ini ditemui dalam perpustakaan India Kuno, yang menyebut negeri ini Nusantara. Adapun Nusantara atau Dwipantara artinya pulau-pulau yang berada diantara benua-benua. Dalam kitab Negarakertagama disebutkan, bahwa Nusantara ialah pulau-pulau di luar tanah Jawa. Sedangkan dalam sejarah Melayu dipakai nama: Nusa Tamara. Nama inipun sesungguhnya berasal dari perkataan yang diucapkan Nusantara.

5. The Malay Archipelago
Nama ini diciptakan oleh Alfred Russel Wallace dalam tahun 1869, sesudah ia mengadakan perlawatan ke tanah air kita, dari tahun 1854 sampai dengan 1682. Adapun “Malay” artinya Melayu, “Archipel” yang berasal dari bahasa Yunani “Archipelagus” (dari asal Archi=memerintah; plagus= laut). Dengan demikian berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu.
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Bangsa Indonesia pertama kali menggunakan nama indonesia secara politik. Istilah indonesia untuk pertama kalinya digunakan oleh perhimpunan indonesia.
Yaitu organisasi yg didirikan oleh pelajar pelajar indonesia di negri belanda pada thun 1908.
Organiasi tersebut pertama kali bernama Indische Vereeniging , kemudian nama itu diganti menjadi Indonesische Vereeniging pada tahun 1922.
Selanjutya pada tahun 1922 juga namanya diganti perhimpunan indonesia

Pada tahun 1928 kongres pemuda Ⅱ di jakarta menggunakan istilah indonesia dalam perhubungan dgn persatuan bangsa, kongres pemuda tersebut pada tanggal 28 oktober 1928 menghasilkan sumpah pemuda yang di dlmnya tercantum nama indonesia.
Istilah Indonesia secara resmi digunakan sebagai nama negara kita pada tanggal 17 agustus 1945 dengan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sumber:
* http://wikipedia.org
* http://knowledgeofsmart.blogspot.com
* http://indonesiamedia.com
* http://legendanusantara.wordpress.com
tahun lalu
Mr.xpatriate #24943
Lagi males serius ah
Om jihad kalo udah ngepost reference nya lengkap...
Mantabbb oomm lanjutkan!!
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Udeh jd prinsip dr dl sob, kata org tua kalau mau cari suatu ilmu temui minimal 3 org guru yg memiliki persamaan ilmu yg sama.., lalu ambil dr ketiga guru itu satu kesimpulan utk diri sendiri..., hehehehe gituh deh
tahun lalu
Mr.xpatriate #24943
Lagi males serius ah
Cooll!!
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Om coolman blom muncul sob :p
tahun lalu
Mr.xpatriate #24943
Lagi males serius ah
Keren gitu om..
Bukan om coolman -_-
Jiakakakakakakak
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
*nunggu aki2 penyemarak posting :D
tahun lalu
Mr.xpatriate #24943
Lagi males serius ah
Ohohohohohoho
Mari di tunggu
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
@Rian: apaaa???? SiJihad om-om? Berarti siJihat=om-om brondong


╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ.  




*telah di  νσтє υρ 3 hari yg lalu.
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Jagung kaleeee brondong :D
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Jagung susu, maknyos kalo di bakar ....
tahun lalu
Lukisannya Jordan :D
Keren, sampe belum sempet baca semua >,<

"Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku... Disanalah aku berdiri jadi pandu ibuku... Indonesia kebangsaanku, bangsa dan tanah airku... Marilah kita berseru, Indonesia bersatu..."

Kapan ya terakhir menyanyikan lagu yg selalu membuat saya merinding ini? >,<

Thanks buat postnya Reza, keren sekali^^
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Iya yah, kapan yah trakhir saya juga nyanyi lagu indonesia raya...,

Makasih juga buat tante rere :)
3hal yg harus kita cintai menurutku tante.
1. Agama
2. Tanah air
3. Keluarga
tahun lalu
didutkempot #39357
3. Keluarga kita?

* etdaahhh jihad modusin kak rere nie :D
tahun lalu
Lukisannya Jordan :D
A-apaaa? Tanteee? >,<

Keluarga yg mana yah? :p
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Dodol...,
Gw edit dah tuh
(; ・_・)―――C<―_-) *jewerrrrrr!! Atu2
tahun lalu
didutkempot #39357
Itu kata kita nya mana ji?
Kok ngilang...:p
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Engine Shop GMF-AA
Keren saudaraku,

Btw, info pic nya belum ada,
Hehehehe......   peace......
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Tar dulu sob, ngedit tulisannya masih berasa jempol kram :p
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Engine Shop GMF-AA
bantu peregangan jempol,
*sambil pijit2 jempol kaki jihan #eh jihad. :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Kabur dr group knp sob?
Stress yak brasa kyk di taman bermain :D
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Engine Shop GMF-AA
error (hang) hp nya sob......  :(

tolong sampaikan salamku ke teman2 yah sob......  ;)
tahun lalu
cientt #42967
Stay Cool ^^
( ˘͡^˘͡) ogaah
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Engine Shop GMF-AA
jiaaahhh....  :((

*nyemplung ke got terdekat (mau nemenin mamie)....
tahun lalu
cientt #42967
Stay Cool ^^
Monggo sekalian ajak papih yak :p
tahun lalu
tyra27 #42572
Bandung
Wah si KK sejarawan y ? Hebat K
Jujur aku belum pernah kepikiran dari mana atau gimana nama indonesia itu di buat. Sungguh hal yg memalukan buat saya, tapi ... Makasih y K aku jadi punya gambaran meski dikit !! Aku Cinta Indonesia !!
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Banyak sumber kok di gugel, saya cm ambil sepotong2 dr artikel yg ada.

Utk artikel lengkapnya klik aja salah satu link yg saya lampirkan (y)
tahun lalu
tyra27 #42572
Bandung
Ok deh, menarik nih buat di baca. Solnya belum tentu ada banyk orang yg tau. Buat di jadiin bahan pelajarn juga
tahun lalu
tyra27 #42572
Bandung
Ok deh, menarik nih buat di baca. Solnya belum tentu ada banyk orang yg tau. Buat di jadiin bahan pelajarn juga
tahun lalu
mamiie #33535
Tikus Got (>^ω^<)
Nitip notip dulu ya jiii...
Baru ampe poin 2 baca'nyaaaaaa...
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Gak nitip rantang skalian mih?
Blom makan siang neh
tahun lalu
mamiie #33535
Tikus Got (>^ω^<)
Enggakk....ntar makanan'ku abissss
Weeee
tahun lalu
vanzcrown #37056
PIN: 31065D8F
Wkwkkwkw,.. Mayak mamie itu...
tahun lalu
mamiie #33535
Tikus Got (>^ω^<)
(‾˛‾")ƪ(˘-˘) ▸ tokk ahhhhhhh
tahun lalu
tyra27 #42572
Bandung
Komentar ini sudah dibuang
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
tahun lalu
evanss #2782
Jakarta
Thx Jihad infonya.
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Ma sama sob
tahun lalu
budihayadi #44484
Batam
Mantap inpormasi nya broooo.....
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Ma sama mas bro
tahun lalu
vanzcrown #37056
PIN: 31065D8F
Kalau asal usul jihadkan dari mana???

UP! UP! UP!
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Kalo vanz asalnya dimana?
tahun lalu
mamiie #33535
Tikus Got (>^ω^<)
IP IP IP
tahun lalu
didutkempot #39357
Kalau asal usul jihadkan dari mana???
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Maap komen anda re-post
Ini sumbernya --» http://www.thecrowdvoice.com/post/asal-usul-nama-indonesia-11298431.html

sementara kamu saya asingkan ke utan karet
tahun lalu
didutkempot #39357
Jgn..tp asingkan ke hatinya cintaaa...:D
tahun lalu
cientt #42967
Stay Cool ^^
Eeitdah ane denger nama ane dsebut nih (¬˛¬͡)

*sensi sdkt
tahun lalu
didutkempot #39357
Upsss....orangnya nongol..eng..anu..engg
(' ˘̶̀ ̯˘̶́)☞ jihad tuh cin...
tahun lalu
Cari ilmu
I love indonesia
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
I lop u to #ehhh
tahun lalu
didutkempot #39357
wow jihad ternyata.........???
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Kalo yg bgini2an die pasti muncul neh
Hahahahaha
tahun lalu
didutkempot #39357
bagian nge "sah" in kalian..:D
tahun lalu
cientt #42967
Stay Cool ^^
*nyimak wina lg wedus eeh modus

( '⌣')/•\('⌣' ) toss.. Didut :p
tahun lalu
Cari ilmu
*gw jg nyimak jadi pengacara aja
tahun lalu
cientt #42967
Stay Cool ^^
Waah waah keren win..tp aq blm smpt baca,panjang bgt soalny..bacain yak

*nungguin wina mendongeng sambil tdur zzztt
*kata ny vanz ntu UP UP :p
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Dateng ta' diundang pulang sambil saya
(; ・_・)―――C<―_-) *jewerrrrrr!!
tahun lalu
cientt #42967
Stay Cool ^^
Jiaaaaah sakit tau (" `з´ )_,/"(>_<)
Lama2 panjang jg nih daun (̾˘̶̀̾̾ ̯˘̶́̾ ̾̾̾'̾̾)̾ gggrrr
tahun lalu
PrinceBoqu #33357
peace be upon u
Akhirnya jadi indonesia juga...
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Pada akhirnya bgitu sob
tahun lalu
donal22 #41465
​​.͡▹​♡
(Y)
tahun lalu
ZHolvers #24492
Slamat brtahan hidup
Ijin share bagi pelajar...
Vote up!
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Silahkan :)
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
jihadkhan #41405
أهل المحبة