31
vote
Gambar preview Baobab pohon terbalik yang Aneh !

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Baobab pohon terbalik yang Aneh !

Pohon unik ini bernama latin Adansonia digitata atau juga disebut Baobab adalah sebuah pohon terbalik yang tumbuh di datarah Afrika dan Australia. Baobab dinamakan pohon terbalik karena ranting pohonnya tidak berdaun dan cabang2 baobab terlihat seperti akar yang mencuat ke udara !

Menurut legenda, konon dewa Thora yang merasa tidak suka karena Baobab tumbuh di kebunnya, melemparkan pohon itu dari surga ke bumi. Dan meskipun pohon itu mendarat dengan posisi terbalik, Baobab masih terus tumbuh.

Adapun cerita lain menyebutkan bahwa ketika Baobab ditanam oleh Tuhan, pohon itu terus berjalan, sehingga Tuhan mencabutnya dan menanamnya terbalik untuk membuatnya berhenti bergerak. Baobab dapat tumbuh mencapai ketinggian 5 sampai 30 meter dan memiliki diameter batang 7 sampai 11 meter.

Sampai sekarang, pohon Baobab memiliki keliling 47 meter dengan diameter diperkirakan sekitar 15,9 meter. Hebatnya lagi, Baobab juga terkenal sebagai pohon yang hidup ribuan tahun. Penduduk Afrika bahkan sangat menghormati Baobab karena telah memberi kehidupan pada mereka.

Selain menjadi sumber penghasil kayu, batang Baobab sering dilubangi oleh penduduk untuk digunakan sebagai tempat tinggal, tempat penyimpanan biji - bijian atau waduk air. Lubang pada batang Baobab juga sering dimanfaatkan sebagai situs pemakaman.

Paling penting yang berasal dari kulit pohon Baobab yang mengandung serat digunakan untuk membuat jaring ikan, tali, karung dan pakaian. Kulit pohon itu juga bisa ditumbuk menjadi bubuk untuk penyedap makanan. Secara tradisional, daun Baobab bahkan kerap digunakan untuk ragi dan sayuran.

Buah - buahan dan biji dari Baobab, juga dikonsumsi oleh penduduk setempat dan hewan - hewan ternak. Daging buah Baobab, ketika dikeringkan dan dicampur dengan air, juga bisa dibuat minuman yang rasanya mirip dengan limun.

Sumber : http://www.merdeka.com/gaya/baobab-legenda-pohon-yang-tumbuh-terbalik.html
Baobab pohon terbalik yang Aneh ! (Gambar 1) Baobab pohon terbalik yang Aneh ! (Gambar 2) Baobab pohon terbalik yang Aneh ! (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
67 komentar
INDORECA #43508
javaland
Syukur dech ga numbuh di Indonesia bisa bisa habis sama pembalak liar sama ilegal logging
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Hahahaa,, jd inget ama nasibnya si Uliiin.... :D
tahun lalu
INDORECA #43508
javaland
Ullin saha?
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Kayu Ulin Maksudnya,, Kayu hutan yang punya diameter besar juga,, banyak pembalakan liar jd bikin langkanya si Ulin ini... Padahal klo dilestarikan omset buat negara juga lumayan...
tahun lalu
sridewi #30204
Pohon nya keker ya ir... Walau tumbuh nya terbalik ternyata pohon Baobab banyak manfaat nya dr atas hingga kebawah ...
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Iyaa mba,, kuekeer banget,, kelilingnya ama puluhan meter..
Biar tampilannya sangar tapi manfaatnya luar bisa yaa mbaa
tahun lalu
sridewi #30204
Mau dong ambilin kan bisa buat bumbu masak juga tuh....hihhihi
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Ntr yaa mbasreeeh telepoong Om Doraemon dulu, mau pinjem pintu kemana saja nyaaa >.<  
tahun lalu
sridewi #30204
Ir tar aku juga mau ikut pinjem pintu ajaib nya ya.... Bilangin kita pinjem seminggu ya....
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Klo mbasreh yang pinjeeem bayaar pajaakn dulu 5jutaa mau beli magnum Gold <( ˘͡ -˘͡)>
tahun lalu
sridewi #30204
Gak boleh makan magnum banyak2 tar pilek n batuk ir.... Atu aja ya.... Kebanyakkan klo 5 juta...
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Suka sekali sama semua yg berhubungan dgn pohon atau pepohonan, pohon yg satu ini benar2 unik & keren, sampai bisa menginspirasi saya utk membuat dongeng soal pohon. Save link. Thanks post-nya Ircan :)
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Kereeeeen ,, bisaa bikin recaan berimajinasiii kaya giniii....

Samaa2 reecaan...
tahun lalu
ujangjanggo #9162
Future dream
itu daunnya dikit  batangnya endut metabolismenya bagus
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Maang,, aku gaa ngartii tentang pemetabolisasiaan >.<  
tahun lalu
ujangjanggo #9162
Future dream
syukurlah daripada nanti tambah gendut kek pohon
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
ƗƗώƗƗώƗƗώƗƗώƗƗώƗƗώƗƗώ

Ngoloknyaa ngeJleeebb bener daaah >.<  
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Uniknya pohon apakah seunik hantu kelas? (•lirik bu ira) ☺
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Hahihuhehoo,,, hantu kelas mah ga uniik Om,, tapii sereeem :p
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Masa poon itu gak ada akarnya ya Bu ira? :D
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Adaaa dong oom,, akar sebenernya yaa dibawahnya, nah ranting2 diatasnya itu yang modelnya aneh makanya dianggep akar,, jd pohon tebalik... >.<  
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Ohhh,rupanya begitu yah bu ira......hehehe
tahun lalu
things #33671
Diameternya pohonnya mmg besar ya makanya bisa dilubangi utk simpan biji"an
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Iyaa Thiing,, saking lebarnya bisa digunakan buat macem2,, dibolonging aja bs langsung jadi rumah °•(>̯-̮<) mhihihi....•°  
tahun lalu
things #33671
Hebat ya, bisa menghemat biaya >_<
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Aseliinyaa emang gapunya biayaa thiing °•(>̯-̮<) mhihihi....•°  
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
Namanya.. Adansonia gigitata ya..
Memang ya..
Setiap yg namanya gigitata pasti aneh...

°•(>̯-̮<) mhihihi....•°  
tahun lalu
novelvero #34511
AlHBD240913
Sesuatu bgt nama tsb
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
vero udah gak asik !
tahun lalu
novelvero #34511
AlHBD240913
( ˘˘̯)
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
(¬_¬")
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
gita udah gak asik !
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Digitataaa beleeek,, digitataaa (ˇ▼ˇ)-c<ˇ_ˇ)
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
Black itu nyebelin kan raaa,,,,

Black sudah kurang asik !
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Dariii awaaal beleek emang nyebelin,, minta dicubit giittt (_ _")
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
Ira udah gak asik !
tahun lalu
Satriyani #37282
Makin ga Sadar
.     =)) нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ ketawa
  ./"/ ‎​‎​‎​‎​‎​  нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ ampe
 _//_   нªª˘°˘нªª˘°˘нªª˘°˘ miling miling
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
ani udah gak asik !
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
black kamu asik !!
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
(¬˛¬)
tahun lalu
novelvero #34511
AlHBD240913
black (ˇ▼ˇ)-c<ˇ_ˇ)
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
Satu2 nya hal yg asik dari kamu adalah saat ...........

*psst psst psst
(Ceritanya lagi bisik2)
tahun lalu
jhonny826 #43834
palu,sulawesi tengah
wah , pernah denger sih ..
kerennn..
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Aku malah yang gapernah denger niih Jooonn.... >.<  
tahun lalu
jhonny826 #43834
palu,sulawesi tengah
denger denger ajalah ;D
irasofya..
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Iyaa deeh numpaang denger ;p
tahun lalu
jhonny826 #43834
palu,sulawesi tengah
:D :)
tahun lalu
Satriyani #37282
Makin ga Sadar
Mpok2 kq pada jd pejabat kelas smua ya...
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Ncuupp mau ngelamaar jadii sapaa????
tahun lalu
Satriyani #37282
Makin ga Sadar
Ahh mau ngelamar yg mana lagi?? Udah pada dilamar disemua gitu >,<'

* ‾ƪ(`▽´)-σ avanya cantiq nem :D
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Jangaaaan bukaaa2 kartuu (" `з´ )_,/*(>_<'!)

Karnaa ncup udh muji gw akan kupersembahkan sebuah tarian...

~(˘.˘~) (~˘.˘)~ ┐('⌣'┐) (┌'⌣')┌ \(‾▿‾\) ┌(_o_)┐ (/‾▿‾)/‎​  

*udah sekian* -_-
tahun lalu
Satriyani #37282
Makin ga Sadar
Huwahahahaha,,
Sp yg lagi maen kartu ( ˘˘̯)
‾ƪ(`▽´)-σ ihh ngaco deh :p


Tari kuda lumping ya? :D
tahun lalu
vanzcrown #37056
PIN: 31065D8F
Batangnya besar2 yah tpi tangkai rantingnya n daunx kecil2
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Iyaaa cocok emang di afrika gersang, tp herannya batangnya luar biasa besarnya yaa vanz
tahun lalu
rik212 #24774
Kayunya kayanya mantap tuh,kayanya kokoh dan gede banget,diindonesia bisa habis tuh pohon
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Mafia pembabatan liar yaa ini yang ngomeeen :p
tahun lalu
INDORECA #43508
javaland
Ada faedahnya sob siapa tahu disini ada cukong cukong yg baca info ini terus pindah ke afrika sama australia buat pembalakan liar
Biar hutan kita hijau lagi anak rimba bisa senyum polhut bisa tidur nyenyak green peace ga demo kita
{ngehayal tingkat tinggi}
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Hahaha,, bisa jadi yaa Recaaa,, biarkanlah mafia2 tsb pergii ke aprika sanaa balakin si baodap,, timbang disini udh pada banyak yang gundul kok lahannyaa...
tahun lalu
rik212 #24774
Bukan akyu...:)
tahun lalu
jhonny826 #43834
palu,sulawesi tengah
wkwkwkwk, bener bgt ,. pohon toge aja abiss :D
tahun lalu
cokysetiawan #43804
Need friend
Sepertinya ira suka yg gede gede....
:D
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Hahahaa,, yang besar emang lebih baik,, uang besar ama uang kecil coky pilih mana? :p
tahun lalu
cokysetiawan #43804
Need friend
Gmn kalo pertanyaannya di ganti...
Pilih batangnya yg besar, ato akarnya yg besar ???
:'D
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
(¬˛¬)
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Ok
tahun lalu
ayuekap #43660
Im here^^
Makasih :)
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
Irasofya #28483
Balikpapan