8
vote
Gambar preview Benarkah Negara Indonesia Kaya akan Minyak??

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Benarkah Negara Indonesia Kaya akan Minyak??

Rista Rahma Dhany - detikFinance

Hingga saat ini banyak orang mengira Indonesia adalah negeri kaya minyak, salah satu buktinya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) masih mampu dijual Rp 4.500 per liter padahal harga keekonomiannya sudah mencapai Rp 9.000 per liter lebih. Tapi benarkah Indonesia negara kaya minyak?

Menurut Guru Besar Perminyakan Institut Teknologi Bandung(ITB) Rudi Rubiandini, jika melihat cadangan minyak Indonesia saat ini, Indonesia hanya memiliki cadangan sebesar 4,2 miliar barel. Banyakkah itu? Jawabnya tidak.

"Cadangan minyak Indonesia saat ini hanya 4,2 miliar barel, kalau berdasarkan peringkat, Indonesia yang pernah menjadi anggota OPEC atau negara produsen minyak hanya menduduki peringkat 27," kata Rudi di Jakarta, Selasa (11/12/2012).

Jika dibandingkan dengan Arab Saudi, Venezuela, Iran, Iraq dan lainnya tentu sangat jauh sekali, pasalnya negara-negara tersebut memiliki cadangan minyak ratusan miliar.

"Kalau orang membandingkan kenapa di Venezuela, Arab Saudi bisa jual BBM ke rakyatnya murah sekali sedangkan di Indonesia tidak, ya karena pembandingnya kurang tepat, Arab Saudi punya cadangan minyak 264,6 miliar barel, Venezuela 211,2 miliar barel, Iran 137 miliar barel, nah Indonesia cuma punya 4,2 miliar," ungkap Rudi.

Bahkan kata Rudi, jika mengacu data BP Review 2010 cadangan minyak Indonesia masih kalah dengan yang dimiliki India, China dan Malaysia serta Vietnam.

"Cadangan minyak Vietnam saja ada 4,5 miliar barel, Malaysia punya 5,5 miliar barel, India punya 5,8 miliar barel dan China punya 14,8 miliar barel," ucap Rudi.

Jika dihitung-hitung dengan produksi minyak Indonesia saat ini perharinya 900.000 barel, itu kata Rudi hanya cukup sampai 12 tahun saja.

"4,2 miliar itu kalau dihitung-hitung dengan produksi minyak kita 890.000-900.000 barel per hari, itu hanya cukup 12 tahun saja," katanya.

Next di comment ya ==>
tahun lalu
di
33 komentar
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Lantas apakah 12 tahun lagi minyak Indonesia habis? "Belum tentu, ini tergantung kita mencari cadangan minyak baru, namum untuk mencarinya tidak mudah, perlu dana sangat besar dan resiko besar, untuk sekali ngebor minyak dibutuhkan dana setidaknya US$ 100 juta, jika tidak dapat minyak? Kontraktor bisa pulang pakai celana kolor saja. Apalagi perbandinanya di Indonesia 1 : 8 artinya saat ini delapan kali ngebor bisa baru dapat satu," ungkap Rudi.

Ini lain halnya kalau kita ngebor di Arab Saudi atau Venezuela, sekali ngebor minyak langsung dapat. "Kita di Indonesia ngebor juga sudah di sesmik segala, datanya ada, tapi gagalnya jauh lebih banyak," ujarnya.

Jadi benarkah Indonesia kaya minyak? Kalau sudah tahu jawabannya tidak, kata Rudi, sudah saatnya Indonesia berhura-hura menghabiskan BBM.

"Setop berhura-hura dengan menghabiskan BBM, apalagi dengan harganya yang murah seperti saat ini, pikirkam generasi penerus Indonesia selanjutnya, mau kita warisi apa anak-cucu kita nantinya kalau kita tidak berpikir hemat, mencari alternatif bahan bakar lain yang sebenarnya banyak di Indonesia, kita punya gas, punya panas bumi, air, udara, matahari dan banyak sekali energi alternatif lainnya, hanya saja kita belum mau, kenapa belum mau? Karena kita masih dinina-bobokan dengam harga BBM yang murah, selama BBM masi murah, beralih ke energi lain hanya mimpi saja," tandas Rudi.
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Betul banget subsidi BBM hanya memanjakan orang-orang kaya saja, pengaruh langsung kebijakan subsidi BBM ke rakyat miskin  cuma nol sekian persen, jadi gak efektif mending dialihkan buat dana pemdidikan saja
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Nah itu bner.. Tp msalahnya klo harga bbm naik nti banyak yg protes.. Pdhl klo di liat"pengguna mtor di indonesia ini sudah melebihi kuota, sering bkin macet dan polusi.. Efek jangka panjangnya klo jumlah pemakai kendaraan pribadi trus bertambah nti pemanasan global di indonesia bs jd akan tambah parah.. @@
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Memang perlu ketegasan dari para pemegang kebijakan, berani apa gak diprotes? Jangan cuma cari aman supaya langgeng berada diposisinya..

Soal kendaraan bermotor aku yang tinggal dijakarta sudah tidak cukup nyaman. kemacetan terjadi dimana2,  Berjalan ditrotoar saja masih harus mengalah dengan motor. ini sangat berdampak buruk untuk kehidupan sosial juga, selain kesehatan. Secara ekonomi juga merugikan, uang triliunan rupiah dibakar percuma ditengah jalan.  
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Hmm.. Udah ayo kita demo aja bang mus.. XD
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Haha.. Demo apa? Demo masak?
Situ ahlinya
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Bah, masih inget aja ane tukang msak.. Jd malu.. >//<

Ya demo naikan harga bbm gitu om.. >.<
tahun lalu
[closed] #unknown
IniLh dilema pmrintah saat mnaikkn hrga bbm rkyt kcil triak..saat hrg bbm rndah org 'pntar' yg teriak.
Pmrnth jd serba slh n sllu dslahkn
Klo kita brcermin pd kmmpuan ekonomi rkyt mnengah kbwh ªpª sngp tu bli bbm dgn hrga 20rb/liter.(misal)
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Saya termasuk orang indonesia berstatus sosial paling rendah ( rakyat miskin ). Mengenai BBM ini memang kalo dipikir subsidi sebenernya buat siapa?

Kalo dinaikan harga2 juga akan otomatis ikut, tapi tanpa kenaikan BBM pun tiap tahun harga2 sembako kian melambung naik.. Jadi sami mawon.

BBM gak begitu penting buat saya, bisa pake sepeda atau naik angkot.

Saya cuma berandai-andai kalo dana subsidi BBM dialihkan buat pendidikan atau kesehatan. Sekolah gratis atau berobat kerumah sakit lebih murah itu yang sangat berguna buat saya.  
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Ya yg menengah kebawah itu biar bs memanfaatkan fasilitas angkutan umum.. Jd lbh murah dan ngga perlu bli bensin mahal"..

+ krna nti (misal) rakyat menengah kbwah naik angkot kan jg akan mengurangi pemakaian bbm di indonesia..
+ angkutan umum ngga perlu ng'time' lama"dan bkin macet krna ud bnyk yg menggunakan fasilitas ini..
+ para supir angkotpun penghasilannya bs bertambah jd pemerataan hasil pemasukan di indonesia jg bs sdkit demi sedikit jd stabil..

Untuk smentara cm bs mkir itu aja sih.. Mungkin ada yg bs menambahkan.. ;etc
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Nah bang mus jg bner itu.. Klo di alihkan ke ksehatan / pendidikan kan pd akhirnya jg rakyat menegah kebawah yg senang.. :)
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Ya memang harusnya seperti itu biar lebih tepat sasaran. Yang miskinlah yang harus dibantu bukan yang punya mobil yang notabene sudah kaya
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Hu'um.. Setuju sm bang mus.. *angguk"*
tahun lalu
[closed] #unknown
Klo sodara brpkr sprti it enteng skli prmslhn d negeri ini.
Jgn dbuat simple mas krn ini brkaitan dgn mental bngsa dnegeri ini,
Skrg yg lbh byk mnkmti bbm sudsidi it siapa???
Kndraan yg byk it mbil ªpª mtor??
Msyrkt mnngah kbwh kbykkn pngguna mtor.
Sbnrny prturn pmrnth udh tepat dgn mmbrlkukn subsdi bbm,letak kslhn cm pd mental msyrkt yg sllu ingn 'murah' n mrsa 'miskin' trmsukLh para org2 kaya yg brpura2 MISKIN.
tahun lalu
[closed] #unknown
Sya copas opini anda tntg "BBM gak begitu penting buat saya, bisa pake sepeda atau naik angkot."

Mgkn bgi anda tdk bgtu pntig tp bgi mrk yg melaut (nelayan) apkh mrk sma sprti anda bsa prgi melaut dgn sepeda / angkot??? :)
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Kndraan yg byk it mbil ªpª mtor??
Msyrkt mnngah kbwh kbykkn pngguna mtor.

Coba deh cari datanya, dan cari perbandingannya..

Saya pake motor 1 liter buat 2 hari untuk pulang pergi kerja, saya juga sering lihat orang bermobil isi bahan bakar di pomp bensin dan tanya sama sopirnya, dia bisa isi 40 liter 2 untuk dua hari, jika diasumsikan harga BBM tanpa subsidi 9000, maka saya menikmati subsidi 4.500 untuk dua hari, sedangkan yang punya mobil 4.500x40= 180.000rb per dua hari, jadi lebih banyak mana?
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Mgkn bgi anda tdk bgtu pntig tp bgi mrk yg melaut (nelayan) apkh mrk sma sprti anda bsa prgi melaut dgn sepeda / angkot??? :)

Kapal nelayan itu kapal diesel bahan bakarnya  pake solar mas, bukan premium, yang disubsidi kan premium, untuk bahan bakar jenis solar ini gak ada masalah
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
letak kslhn cm pd mental msyrkt yg sllu ingn 'murah' n mrsa 'miskin' trmsukLh para org2 kaya yg brpura2 MISKIN.

Untuk yang ini saya sangat setuju tentang pandangan anda, mental2 seperti inilah yang mesti harus diberantas.
tahun lalu
[closed] #unknown
Coba deh cari datanya, dan cari perbandingannya.

Prbndingn anda 1 mtor : 1 mobil
ªpª it relevan mnrt anda???
Lucu skli prbndingn anda ini.
Jmlh pngguna mtor d indonesia ini brp,knsumsi bbm ny brp trz bru dbndingn dgn jmlh mbil n knsumsiny brp???
tahun lalu
[closed] #unknown
Kapal diesel pake solar mas, bukan premium, yang disubsidi kan premium, untuk bahan bakar jenis ini gak ada masalah

Upss,,ªpª anda ykin solar gak dsubsidi??? :)
Wong hrga solar dSPBU dgn solar industri aj bda hrgany.
#lucu :D
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Bukan masalah jumlah sebenernya karena orang-orang kaya pun pada punya motor, tapi ini relatif seperti yang anda bilang pura2 miskin.  ini lebih pada masalah 'adil' dana yang di alokasikan ke subsidi, seharusnya yang lebih miskin yang dapat bantuan lebih besar, seperti yang saya sebutkan tadi, sementara sangat banyak orang yang tidak punya kendaraan tidak menikmati apa-apa.
tahun lalu
[closed] #unknown
Okee bro skrg prmslhn ny tntg 'adil'
Mnrt anda 'adil' it ªpª????
Trs yg kdua,wjr klo yg gak pny kndraan gk nkmti bbm subsidi..emg mau dgunain buat gntiin mitan y..yg ad komporny bsa meleduk.
#ad2 saja :D
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Nah itu dia kenapa aku setuju subsidi dihilangkan atau dikurangi, dananya dialokasikan ke tempat lain seperti jamkesmas, menurut saya lebih adil.      
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Dana itu kan istilahnya uang rakyat, jadi semua harus merasakannya dong?
tahun lalu
[closed] #unknown
Dana itu kan istilahnya uang rakyat, jadi semua harus merasakannya dong?

Brti gak mslh donk klo org kaya ikt mnkmti jg kn mrk trmsuk rkyt indonesia.
Jd letak prmslhn subsidi bbm it dmn????
#bingung :/
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Informatif banget nih. Membuka mata ttg situasi BBM di Indonesia.
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Thx udah mau mampir di post ane om Jon.. :)
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Makasih juga udah berbagi info. Ditunggu post2 bagus lainnya :-D
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Siip.. Nti mampir lagi ya om.. :)
tahun lalu
Christcoholic #11217
"Reborn"
Ooo.. Pantesan aja bbm subsidi lg dbatasi? Nice info Sob, VU
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Siip.. Thx VU na sob.. :)
tahun lalu
Dhimas #30599
Semarang
Itu berarti kita harus sadar diri yak. Kalo ga bisa hemat, berarti kita harus menerima kalo sewaktu-waktu harga bahan bakar semisal bensin jadi 2x lipat atau bahkan lebih.
tahun lalu
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion
Yap.. Anda btul.. :)
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
Kyoruu #25338
Ghostrick Mansion