8
vote
Gambar preview Bentuk Bumi Berubah Lonjong?

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Bentuk Bumi Berubah Lonjong?


Dalam penelitian yang dilakukan oleh satelit Gravity Recover and Climate Experiment (GRACE) milik NASA dan German Space Agency mengatakan diduga akibat mencairnya es di Greenland dan Antartika, bentuk Bumi sudah tidak lagi bulat.

“Berhubung tekanan akibat bobot dari es di daratan telah berkurang karena mencair, tanah di bawahnya telah memantul dan menyebabkan Bumi menjadi lebih lonjong. "Mirip dengan spons,” kata Steve Nerem, ilmuwan asal University of Colorado, Amerika Serikat.

Atas kondisi tersbut, Nerem menyebutkan butuhwaktu yang cukup lama agar Bumi kembali ke bentuk asalnya. Ia menjelaskan hingga 22 ribu tahun lalu, es hingga beberapa kilometer menyelimuti sebagian besar belahan utara Bumi.

Dengan GRACE, peneliti dapat menguji coba teori yang menyatakan bahwa hilangnya es merupakan faktor pengubah bentuk planet Bumi.

GRACE mengambil gambar dari permukaan Bumi setiap 30 hari, sehingga memungkinkan peneliti memantau perubahan massa es terhadap perubahan gravitasi. Jadi, jika ada perubahan terhadap bentuk Bumi, maka akan ada perubahan terhadap distribusi massa. Akibatnya, medan gravitasi juga berubah.

Peneliti menemukan, mencairnya gletser di Greenland dan Kutub Selatan merupakan kontributor terbesar terhadap membengkaknya "lingkar pinggang" Bumi karena banyak air yang dibawa ke khatulistiwa.

“Radius planet Bumi 21 kilometer lebih besar di khatulistiwa dibandingkan di kutub. Artinya, titik paling jauh permukaan Bumi dari inti Bumi bukanlah di puncak gunung Everest, melainkan di puncak gunung berapi di Ekuador yang lebih dekat ke khatulistiwa,” ungkap Nerem.

Menurut data, dua belahan Bumi kehilangan 382 miliar ton es per tahunnya. Berkurangnya beban yang perlu ditanggung benua memungkinkan tanah untuk naik dan membuat planet menjadi lebih bulat, namun proses ini membutuhkan waktu ribuan tahun. Sementara itu, pertumbuhan ketebalan di khatulistiwa mencapai 0,7 sentimeter per dekade.

Menurut beez gimana?
4 komentar
yhogaananta #10745
Lost Saga Indonesia
Wow, its very GOOD! :)
tahun lalu
bayutw #5006
Semarang
Thanks ya bro komennya...
tahun lalu
kekeatthaariq #10560
Laluu air yg mencair itu kemana ? Bukannya mnurut siklus nya jumlah air di planet ini akan tetap sama karena ada nya lapisan ozon yg membatasi penguapannya..
tahun lalu
bayutw #5006
Semarang
Ya maksudnya berpindah tempat, kalo air beku akan mengumpul di kutub. Thanks bro komennya...
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
bayutw #5006
Semarang