9
vote
Gambar preview BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR IKAN MOLLY

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR IKAN MOLLY

BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR
IKAN MOLLY (POELICIA LATIPINNA SAILFIN MOLLY)”
 
PENDAHULUAN
Ikan hias cukup dikenal oleh masyarakat sebagai hiasan aquarium. Perkembangan ikan hias di Indonesia mengalami kemajuan yang terus meningkat, terutama ikan hias air tawar asli Indonesia. Dari sekian banyak jenis Ikan hias, tidak semuanya telah dapat dibudidayakan. Dalam menternakkan ikan hias harus diperhatikan bahwa masing-masing jenis mempunyai sifat dan kebiasaan hidup yang berbeda-beda, misalnya dalam cara pemijahan, bertelur ataupun menyusun sarangnya.
Ikan Molly (Poelicia latipinna Sailfin molly) adalah salah satu komoditi ikan hias air tawar di Indonesia. Ikan Molly termasuk dalam jenis ikan “live brearer” (melahirkan). Ikan ini bersifat omnivore. Ukuran tubuhnya relatif cukup besar, maksimal sekitar 12 cm. Hingga kini sudah banyak varietas yang beredar di pasaran dengan warna dan bentuk tubuh yang beragam akibat persilangan dan mutasi. Molly balon, misalnya, yang bertubuh seperti bola akan tampak sangat bagus seperti maskoki mini bila ukurannya sudah besar.

CIRI-CIRI INDUK JANTAN DAN BETINA
Induk Jantan
1. Mempunyai gonopodium (berupa tonjolan dibelakang sirip perut) yang
merupakan modifikasi sirip anal yang berupa menjadi sirip yang panjang.
2. Tubuhnya ramping
3. Warnanya lebih cerah
4. Sirip punggung lebih panjang
5. kepalanya agak besar

Induk Betina
1. Dibelakang sirip perut tidak ada gonopodium, tetapi berupa sirip halus.
2. Tubuhnya gemuk
3. Warnanya kurang cerah
4. Sirip punggung biasa
5. kepalanya Agak runcing

TEKNIK PEMIJAHAN
1. Pilihlah induk yang berukuran relatif besar, bentuk tubuh yang mengembung serta mempunyai warna yang indah
2. Induk-induk yang telah dipilih dimasukkan dalam satu bak untuk beberapa pasang induk. Namun apabila menghendaki keturunan tertentu dapat pula dilakukan dengan cara memisahkan dalam bak tersendiri sepasangsepasang
3. Bak-bak pemijahan harus dikontrol setiap hari. Setelah lahir, anak-anak ikan harus ce
BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR IKAN MOLLY (Gambar 1) BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR IKAN MOLLY (Gambar 2) BUDIDAYA IKAN HIAS AIR TAWAR IKAN MOLLY (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
tahun lalu
di
33 komentar
mr.bombastic #18214
dan dipisahkan dari induknya agar tidak dimakan oleh induknya.

PERAWATAN BENIH
1. Anak-anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan, karena masih mengandung kuning telur (yolk egg). Setelah 4 ~ 5 hari anak ikan baru dapat diberi makanan berupa kutu air yang sudah disaring, atau kuning telur yang telah direbus dan dihancurkan.
2. Setelah mencapai ukuran medium (2 ~ 3 cm) dapat diberikan makanan cacing, kemudian setelah mencapai ukuran dewasa (5 ~ 7 cm) dapat diberi makanan cuk.
3. Disamping makanan alami dapat pula diberi makanan tambahan berupa cacing kering, agar-agar dll.
4. Pemberian makanan sebaiknya 2 kali sehari, hendaknya jangan berlebihan, karena dapat menyebabkan pembusukan yang dapat meerusak kualitas air.
5. Pergantian air. Air dalam bak atau aquarium jangan sampai kotor/keruh, karena dapat menyebabkan kematian anak ikan. Kotoran dapat dibersihkan setiap 2 ~ 3 hari sekali dengan cara disiphon, air yang terbuang pada waktu penyiphonan sebanyak 10 ~20% dapat diganti dengan air yang baru.

Silakan koment dan bagi yg hobby ikan mohon pendapatnya.
tahun lalu
rik212 #24774
Taunya black molli,tapi keren tuh si molli yg di pict mr bom..seringnya mah miara koki tapi ga awet mati mulu...ga sampe gede ga berapa lama mati
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Koki gak terlalu rumit perawatannya sob.
Lupa kasih makan ente kali sob.
Tuh pic nya ane tambahin.

Kebetulan molly ane beranak jug nih sob.
tahun lalu
rik212 #24774
Ga kok cuman ganti airnya yg repot,kalau ada kaporit dikit lgsg mokat,makanan kebanyakan juga mati..tapi tiap miara koki pasti masalah air doang
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Mas koki ane ganti airnya sebulan sekali sob,ane pake air yg langsung dari sumur.
Pasang filter dan jangan diberi kaporit ataupun obat obatan ikan sob.
Pengalaman ane malah obatnya yg bikin tuh ikan ko'it.
tahun lalu
rik212 #24774
Oh gitu yah, thanks infonya mr bom..hihihihi,coba miara koki lagi kalau gitu :D
tahun lalu
t33k4dzdy #28169
Masih di sini
VU

Dlu pernah pelihara
Tp mungkin g' jodoh jd ikannya mati :'(
Skarang yg awet cma ikan cupang
tahun lalu
I'm back.. ˆ⌣ˆ
Beli dmn say ikan molly nya?
tahun lalu
t33k4dzdy #28169
Masih di sini
Di pasar hewan dwi
Klo ke malang ayooq klo mau ke pasar hewan
Ud murah bsa ditawar lgi :D
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Kalo cupang ane udah umur 3 tahun dan msh sehat.
Molly ane kasih makan cacing kering yg banyak dijual dipet shop.
tahun lalu
t33k4dzdy #28169
Masih di sini
Iy mister
Cupang nya kuat bgt
Pdhl ksi makannya g' tiap hri jg
Mantaaaaft d cupang :)
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah
Nice info, muantap
VU
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Tengkiu sob.
tahun lalu
I'm back.. ˆ⌣ˆ
Lucu,, selintas mirip ikan mas koki Ɣªª...jd Pngn melihara..
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Kalo yg buncit itu betinanya sob.
Punya ane udah beranak lumayan banyak.
tahun lalu
I'm back.. ˆ⌣ˆ
Kira2 klo d jkt bnyk Ƴğ jual gk Ɣªª ...?
°=-?..нмм..=-?°
.  <8-|  
.     >
.
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Pasti adalah yg jual wi.
silakan cari inpoh melalui teman ya.
tahun lalu
I'm back.. ˆ⌣ˆ
​(y)O̲̣̥к̲̣̣̥є̲̣̥(y)O̲̣̥к̲̣̣̥є̲̣̥(y)
tahun lalu
XxbettaxX #43274
pecinta ikan
brpa lama mollinya mengandung
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Sekitaran 2 bulanan sob.
Jika udah lahir segera pisahkan induknya.
tahun lalu
XxbettaxX #43274
pecinta ikan
thanks infonya mr
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Masama sobat,suka ikan hias juga ya?
tahun lalu
XxbettaxX #43274
pecinta ikan
iya.
aku baru beli ikan molli 2hari yg lalu
tadi pagi ku tengok ada anaknya banyak
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Segera dipisah induknya sob,sementara ini anaknya dikasih makan kuning telur yg udah direbus aja.
tahun lalu
XxbettaxX #43274
pecinta ikan
Komentar ini sudah dibuang
tahun lalu
XxbettaxX #43274
pecinta ikan
mr molli ku cuman beranak 25
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Biasanya sekitaran 50 ekor sob.
Kayaknya udah ada yg disantap induknya deh.
tahun lalu
donal22 #41465
​​.͡▹​♡
(y)
VU dach :D
tahun lalu
mr.bombastic #18214
Makasih don.
tahun lalu
donal22 #41465
​​.͡▹​♡
Samasama :D
tahun lalu
XxbettaxX #43274
pecinta ikan
umur berapa anak ikan molli
dapat diberikan makanan cacing

apa anak ikan molli butuh pompa udara
11 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Umur 20 hari udah boleh diberi cacing kering sob.
Kalo bisa sih diberi jentik nyamuk.

Butuh.
11 bulan yang lalu
XxbettaxX #43274
pecinta ikan
oh,kalo dah kelihatan warnanya umur brpa?
11 bulan yang lalu
mr.bombastic #18214
Sekitaran 2 bulan.
11 bulan yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
mr.bombastic #18214