13
vote
Gambar preview Burung pintar dari Papua Barat

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Burung pintar dari Papua Barat

Met siang beez,,
Tauhkan kalian burung Cendrawasi??
Burung yg di sebut2 sebagai burung andemik Papua yg terkenal keindahan bulunya.

Tidak sampai di situ ajha beez,,
Di papua juga terdapat aneka macam burung yg eksotis

Baiklah, sy akan menceritrakan salah satunya.

Burung Pintar, yg nama latinya Amblyornis inornatus” (Vogelkop bowerbird) merupakan salah satu endemik yang terkenal di wilayah pegunungan Arfak Distrik Minyambou Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat.

Karena keahlian burung ini menirukan semua jenis suara dan bunyi, maka orang Arfak juga menyebut burung pintar ini dengan nama "Briceu" yang berarti pandai berbicara.

Kekhasan dan keunikan lain dari burung ini adalah sarang tempat bertelur dan sarang tempat berkencan atau kawin dibuat terpisah. Sarang bertelur dibuat di atas pohon, sementara untuk kencan dibuat di atas tanah dengan bentuk dan bahan yang berbeda pula.

Secara fisik, burung pintar ini tidakalah menarik tetapi perilaku keseharian burung inilah yang membuatnya menjadi unik.  Beberapa perilaku unik burung pintar, yaitu : meniru suara-suara hewan seperti suara kucing, gonggongan anjing, suara babi dan suara burung lainnya.  Burung ini juga sangat peka terhadap segala perubahan yang terjadi di sekitar sarang bermain. Kebiasaan yang selalu dilakukan sebelum turun bermain di sarangnya adalah terbang mengelilingi dan mengecek semua benda yang ada disekitar sarang bermain. Jika tidak ada perubahan dan si burung merasa aman maka burung pintar akan turun untuk melakukan aktifitas mengatur barang-barang hiasan yang sudah ada maupun yang baru dibawa.  Barang-barang yang menghiasi sarang bermain diatur sesuai dengan jenis barang serta warna benda. Barang-barang hiasan tersebut antara lain : bunga, buah, daun, kulit kayu,kumbang, plastik, botol, kaleng dan baterai.

Lanjut --->
Burung pintar dari Papua Barat (Gambar 1) Burung pintar dari Papua Barat (Gambar 2) Burung pintar dari Papua Barat (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
tahun lalu
di
19 komentar
Theopilus #28626
Kyu III
Sarang bermain  berada di tanah dengan posisi sarang terletak pada tempat yang miring.  Sarang bermain burung pintar terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
Bagian lantai dasar sarang yang ditutupi oleh lumut
Bagian tengah tiang penyangga sarang dibuat dengan menggunakan ranting-ranting pohon. Agar tiang penyangga dapat berdiri dengan kokoh maka ranting-ranting yang sudah berdiri tegak akan dilapisi lagi bagian bawah ranting dengan pakis.
Batang anggrek tanah berfungsi sebagai atap sarang.
Pembuatan sarang dikerjakan oleh burung jantan dengan lama pengerjaan selama ± 6 bulan. Untuk melihat aktifitas burung pintar di sarang bermainnya adalah pagi hari yaitu mulai pukul 06.00 sampai 10.00 dengan keadaan cuaca cerah .

Karena aktifitasnya yang selalu mengumpulkan barang-barang yang ditemuinya baik di sekitar sarang bermain maupun barang bekas yang ditemuinya di tempat yang jauh maka Burung pintar biasa juga disebut sebagai “Burung Pengontrol Habitat”. Tetapi sebenarnya aktifitas membuat dan menghiasi sarang bermain dengan berbagai macam barang merupakan usaha untuk menarik perhatian serta mendapatkan cinta dari si burung betina. Oleh karena itu, burung ini juga diberi julukuan sebagai “Burung Pekerja Keras dan Budak Cinta”.

Unikkan Beez??
Gimana menurut mu??
tahun lalu
danyankmetal #24939
@vomitricide
hargany jutaan y? X_x
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Brung itu di lindungi undang2, gk diperjual belikan,,
tahun lalu
faditya #23332
I'm navigator!!
Termasuk satwa yg dilindungi ndak??
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Burung pintar di lindungi undang2,,
Cagar alamnya jg sangat di jaga kelestarianya
tahun lalu
faditya #23332
I'm navigator!!
((y)ˆ³ˆ)(y) semoga.. Benar2 dijaga keberadaannya.. Miris banget liat satwa yg jelas2 dilindungi tapi masi diperjualbelikan secara ilegal tentunya.. Btw VUnya udah dr td lo.. >.<
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Yup d papua flaura n faunanya masih alami n gak di gangu tngan2 jahil manusia,,
Makasihh faditya
tahun lalu
faditya #23332
I'm navigator!!
((y)ˆ³ˆ)(y)
tahun lalu
t33k4dzdy #28169
Masih di sini
VU

Cendrawadsih itu bukannya yg bulunya bagus itu yaaah??? :D
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Yup,,, benar bnget,,
Yg bulu ekornya wrna kuning
Bulu badanya wna cokelat
tahun lalu
firdaos #26037
Jateng
Wah pngen...gw lum punya dirumah...belinya dimana y??
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Hahaha
Burung itu gak di perjual belikan
Apalagi di tangkap
Udh Dilindungi undang2,,
tahun lalu
firdaos #26037
Jateng
Berani bayar mahal gw...
tahun lalu
Obscene Extreme 2013
Amazing....
tahun lalu
Hrynto.87 #27588
Dibumi
Cendrawasih warnya tubuhnya keren :D
Vu
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Yup,, seindah alamnya,,
tahun lalu
Pekanbaru
Vu
tahun lalu
Unik, benar2 burung serba bisa, thanks infonya :)
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Yoi,,
Cmn 1 di dunia lohh
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
Theopilus #28626
Kyu III