21
vote
Gambar preview Cara Membaca Bilangan Diatas Triliun

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Cara Membaca Bilangan Diatas Triliun

Berikut bilangan dari ribu hingga dayasar :

nb : tanda '^' dibaca 'pangkat', mengindikasikan jumlah nol

0. Thousand/Ribu = 10^3
1. Million/Juta = 10^6
2. Milliard/Milyar = 10^9
3. Billion/Trilyun/Dwita = 10^12
4. Trillion/Dwiyar = 10^15
5. Quardrillion/Tirta = 10^18
6. Quantillion/Triyar = 10^21
7. Sextillion/Caturta = 10^24
8. Septillion/Caturyar = 10^27
9. Octillion/Pancata = 10^30
10. Nonillion/Pancayar = 10^33
11. Decillion/Sadta = 10^36
12. Undecillion/Sadyar = 10^39
13. Duodecillion/Saptata = 10^42
14. Tredecilion/Saptayar = 10^45
15. Quatturodecillion/Hastata = 10^48
16. Hastayar = 10^51
17. Nawata = 10^54
18. Nawayar =10^57
19. Dasata = 10^60
20. Dasayar = 10^63

Contoh bilangan :
6.635.765.345.784.245.875.356.690.543
.785.245.765.245.123.655.345

Dibaca

"enam hastata enam ratus tiga puluh lima
saptyar tujuh ratus enam puluh lima
saptata tiga ratus empat puluh lima sadyar
tujuh ratus delapan puluh empat sadta dua
ratus empat puluh lima pancayar delapan
ratus tujuh puluh lima pancata tiga ratus
lima puluh enam caturyar enam ratus
sembilan puluh caturta lima ratus empat
puluh tiga triyar tujuh ratus delapan puluh
lima tirta dua ratus empat puluh lima
dwiyar tujuh ratus enam puluh lima trilyun
dua ratus enpat puluh lima milyar seratus
dua puluh tiga juta enam ratus lima puluh
lima ribu tiga ratus empat puluh tiga"

Semoga bermanfaat,
"The Thinker"
11 bulan yang lalu
di
33 komentar
okkiokijelly #41702
1Dasayar rupiah itu bisa beli apa aja ya... Haha, gak kebayang.
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Beli pisang goreng.. Hehe. Dapet berapa ya?
11 bulan yang lalu
Marcelyn #45089
Little Things :)
1 dasayar itu berapa ribu kk ihsan?
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Walah.. Satu ribu ribu ribu ribu...... ribu ribu
*sampe monyong
11 bulan yang lalu
Marcelyn #45089
Little Things :)
Hihihi , ka ihsan lucu
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Hehe.. Padahal ngga nglucu lho
11 bulan yang lalu
Marcelyn #45089
Little Things :)
Itu sampe monyong , hihihi
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Udah dari sananya.. Xixi
Uang saku sehari Marcel berapa dasayar ya?
Kalo saya
0,000000000000000000000000000000000000000000000000000000000008 dasayar
*ini Ciyus lho hitungannya
11 bulan yang lalu
Marcelyn #45089
Little Things :)
Aku gak sampai dasayar, cuma 25 ribu satu hari
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Oh.. Itu sih
0,0000000000000000000000000000000000000000000000000000000000025 dasayar
Hitung deh kalo ga percaya.. Xixi
11 bulan yang lalu
babbah84 #24911
Pemalang
Br tau nih gw....

(Gw Keliatan katro g yak)
Xixixixixxiiii.....
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Hehe.. Enggak kok. Memang jarang diketahui karena jarang dipakai.
Saya pun belum lama tahu
11 bulan yang lalu
didutkempot #39357
Next ^^
Ga pernah tau bilangan kayak gt...
Bru pertama kali ini..:p
Nice info . VU
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Makasih.. :)
11 bulan yang lalu
panjang kali bilangnya!!
hahahaha
11 bulan yang lalu
dan thanks ya infonya bees ini sangat bermanfaat sekali!
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
11 bulan yang lalu
kim sang #3289
Pontianak
Tulis angka ini , serahkan ke kasir bank, kasir banknya aja belum tentu tahu, haha..
O iya, billion bukannya milyar, kok trilyun?
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Ya memang ada perbedaan nilai di Indonesia dan di Inggris.

Lebih jelasnya simak yang ini --> http://spektrumku.wordpress.com/2009/02/01/satu-triliun-atau-satu-biliun/
11 bulan yang lalu
kim sang #3289
Pontianak
Mungkin maksudnya sistem inggris dengan amerika kali ya..
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Dan sistem prancis juga. Memang Indonesia banyak yang ikut²an cara baca bilangannya. Jadinya campur aduk gitu
11 bulan yang lalu
kim sang #3289
Pontianak
O iya, gw baca artikelnya, Indonesia terapkan dua2nya, haha.. Yg menjadi perhatian justru sistem India, di sana 100rb adalah 1 lakh, yg kemudian dibawa ke Indonesia menjadi laksa.
Dan ada 1 lagi, sistem china, setelah 3 digit (chien) jakarta bilang ceng, memakai 4 digit (10ribuan) alias 'wan' jakarta bilang 'ban' jadi 50rb adalah 'u wan' alias goban, hehe..
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Yup.. Begitulah.. :)
11 bulan yang lalu
ambybrontox #40752
Djakarta
Gokil pak,, tp siapa perduli.. Toh gk bakal ada org yg punya uang smpai sbyk itu..
mhihii..  (´̯ ̮`̯ ) (´̯ ̮`̯ ) (´̯ ̮`̯ )  
#mikirKeras *garukkepala

Vote up ^,^b
11 bulan yang lalu
froggg #43843
Contoh nominal yg udah sampe dasayar itu apa ya kira2 >.<"

(>.<")
_((_))_
11 bulan yang lalu
edy789 #43824
Vampire Ultra
Org terkaya d dunia aja kekayaany cmn d level 3 yaitu Triliun,ne ampai level 20..jd klu total kekayaan Bumi dr sluruh aset manusia,gedung2,pulau2 sluruh dunia,kekayaan laut,isi bumi itu pun blm tentu tembus level 20..wkwkwk
11 bulan yang lalu
babbah84 #24911
Pemalang
Coba kasih link'a donk.... Kalau yg lo omongin udah ada riset'a.... Biar g dianggap itu cm anggapan lo doank....
11 bulan yang lalu
edy789 #43824
Vampire Ultra
Silahkn anda cek d google..klu mrasa butuh faktany..d sini bukan ajang adu riset..sedngkn riset apapun blm tentu tingkat akurasi pas 100%..sperti riset jumlah pmakai hp d slurh dunia,riset jumlah manusia sluruh dunia(total katany 7M)sya komment sesuai yg pernahh sya baca d media,jd cari la link klu anda mrasa perlu.
11 bulan yang lalu
froggg #43843
Iya bener deh, org paling kaya aja cuma sampe triliyun, makanya frog juga penasaran apaan ya nominal yg bisa sampe segitu banyak digitnya

(>.<")
_((_))_
11 bulan yang lalu
aar benante #5743
here we are...
wah mentok di dasayar ya... :D
11 bulan yang lalu
modyachmad #44317
Jambi
Panjang kali
11 bulan yang lalu
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda
Kalo kekayaan pribadi emang ga bakal sampe lebih dari level 3. Kalo hitungannya kekayaan negara. Tembus dah.. Hehe
11 bulan yang lalu
ambybrontox #40752
Djakarta
Tapi kenapa negara kita mash punya hutang 17triliun yah bung ihsan? :D
11 bulan yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
ihsanThinker #43941
Aktor yang tertunda