24
vote
Gambar preview CARA MENGELOLAH SAMPAH OBAT2AN

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

CARA MENGELOLAH SAMPAH OBAT2AN

Hai bees (^_^)/

D awali dgn perbincabgan ku dgn dokter cakep ^^
Dokter:"ni obatnya d minum n d abisin ya ka!!!l
Eka:"lah klw uda sembuh ngapain d minum lagi"#heran

Dokter:"dosis yg saya beri untuk mem bunuh bakteri,klw km gak abisin ni obat bakterinya cuma pingsan aj,n nanti bisa jd lebih ganas klw gak d bunuh,klw km buang ntar malah mencemarkan lingkungan"

Eka:"lah kok bisa?"#mikir

Dokter:"pasien berikutnya"

Eka:#asem d usir gak secara langsung(﹁_﹁")

Alhasil ngadu sm mbah google (^o^) ini jawabnya

Kita sudah membeli dan mengkonsumsi obat secara bijaksana, tetapi tetap saja ada obat-obatan yang akhirnya tidak terpakai. Lalu apakah obat tersebut boleh dibuang begitu saja?

Mungkin kita belum menyadari bahwa membuang obat ke lingkungan begitu saja ternyata berbahaya, seperti halnya membuang racun. Ada obat-obat tertentu yang akan terurai menjadi racun, yang berbahaya tidak hanya bagi flora dan fauna, namun juga bagi kita sendiri.

Beberapa jenis obat seperti antibiotik, antiseptik, antivirus, antijamur, anticacing, dll, jika sampai ke tanah, akan menyebabkan ketidakseimbangan flora dan fauna mikro di dalam tanah, karena dapat membunuh mikroorganisme normal.

Selain itu, obat-obatan bekas yang dibuang akan mencemari air tanah. Atau yang dibuang ke saluran air akhirnya mengalir ke laut, mencemari ikan dan mahluk laut lainnya yang pada akhirnya masuk ke dalam perut  kita.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk obat-obatan yang sudah tidak bisa dikonsumsi?

Yang terpenting, jangan membuang obat begitu saja ke tempat sampah, karena dapat dijual kembali oleh pihak tak bertanggung jawab dan tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan orang lain.

Untuk vitamin dan mineral, bisa dipakai sebagai pupuk. Caranya, bila berbentuk kapsul, isi kapsul dikeluarkan. Jika berbentuk tablet, dihancurkan terlebih dahulu. Kemudian taburkan bubuk obat tersebut ke tanaman.

Yah gak muat >,< lanjut baca ke koment ^_^
CARA MENGELOLAH SAMPAH OBAT2AN (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
8 bulan yang lalu
di
89 komentar
^_^
Untuk vitamin dan mineral cair, bisa langsung dituangkan ke tanaman.
Kumpulkan obat-obatan yang sudah tak terpakai. Setelah agak banyak, titipkan ke apotik, rumah sakit, atau pabrik obat. Pihak-pihak tersebut biasanya melakukan pemusnahan rutin terhadap stok obat yang sudah kadaluarsa.

Kalau jumlah tablet/kapsul yang sudah kadaluarsa terdapat dalam jumlah sangat besar, dapat juga dititipkan di pabrik semen, untuk dijadikan campuran semen.

Jangan lupa untuk membuang terlebih dahulu kemasan obat. Misalnya stiker pada botol disobek, kotak kemasan digunting. Hal ini untuk mencegah pemalsuan obat, karena bisa saja botol berstiker obat diambil pemulung dan selanjutnya diisi obat palsu.

Sisa obat yang tidak akan digunakan lagi tetapi belum kadaluarsa, dapat diserahkan pada yayasan amal yang mengadakan pengobatan gratis. Kondisi obat sebaiknya masih bagus. Artinya obat-obatan tersebut masih dalam wadahnya (strip, blister, ataupun botol) yang belum dibuka.

Nb:
Pastikan obat yg anda buang batas tanggal pemakaian tercetak pada kemasan bukan d print,kalau terprint robek kemasan lalu buang,karna tinta print bisa d hapus dengan 1 cairan(MKP) dan bisa print ulang

Sekian dan terima komisi(^o^)
Semoga gak repost

Hasil colek d
http://www.google.com/url?q=http://asalasah.blogspot.com/2012/02/cara-mengelola-sampah-obat.htm

Foto jepret ndiri
8 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
Eka, obatnya sudah diminum ?
8 bulan yang lalu
^_^
Ntar buka puasa baru minum ><
8 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
Semoga lekas sembuh yah,  :))
8 bulan yang lalu
^_^
Udah sembuh ^o^
Tinggal abisin obat aj ^^
8 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
Siiippp,
Istirahat yg cukup yah
8 bulan yang lalu
novelvero #34511
-Rumah langit-

D awali dgn perbincabgan ku dgn dokter cakep ^^

>Dokter prakteknya dimana??

Foto obat apa??
Lekas sembuh ekaCan
8 bulan yang lalu
^_^
dekat umah aq kak ^_^


Obat sakit kepala,belakangan ini sakit aq kambuh lg,klw uda sakit kepala sampai d ikat pakai tali biar gak sakit,

Ud sambuh\(^o^)/
8 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
Waduh, di iket tali ?
8 bulan yang lalu
novelvero #34511
-Rumah langit-
Jangan keseringan minum obat,yg penting istirahat cukup
8 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
Yups, akur
8 bulan yang lalu
^_^
Ia d iket pakai tali sepatu ^_^ sakit bangget soalnya
Aq jarang sakit kak,sakit ini datangnya tiap 4-5tahun sekali,
8 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
Jangan terlalu berat kalo lg mikirin sesuatu yah ka
8 bulan yang lalu
^_^
Ok ^^
8 bulan yang lalu
AaJoyLc #42701
Seeeppp.....
8 bulan yang lalu
watiknur2 #48932
Surabaya
Wah dlu aku jga srng gt,, klo sdh skt kpla smpe diiket sgla pake dasi pramuka(lupa nm'ny) dr sd smpe kira2 pas sdh kwn,,,, ktmu dkter yg jodoh stlh pny anak(kr2 thn 2009) trnyt maag akut, skng akut'nya jd pas wkt kumat sdh gak nyerang bgian lmbung lg, tp lngsng lari kekepala yg suakitnya mnt ampun. Mngkn'kah km jga pny pnykt maag/tukak lambung?
8 bulan yang lalu
^_^
Maag akut?? Gak tau juga tapi yg jelas klw kambuh bukan d perut dari dalam panas,tapi klw sentuh tangan ma kaki dingin pucat kayak gak ada darah,
8 bulan yang lalu
watiknur2 #48932
Surabaya
Oh gt, brrt beda gejala'nya.... Oke klo gt, smga stlh smbuh gk balik2 lg pnykt'ny
8 bulan yang lalu
^_^
Iya ^^ tanks ya
8 bulan yang lalu
watiknur2 #48932
Surabaya
Sm2 eka :)
8 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Lekas sembuh ya Eka,biar bisa main lagi :D
8 bulan yang lalu
^_^
Ud sembuh kok  ^_^ tinggal abisin obat aj
8 bulan yang lalu
novelvero #34511
-Rumah langit-
Itu obat antibiotik bukan??
8 bulan yang lalu
^_^
Ia obat anti boitik
Mangnya knp kak ^^
8 bulan yang lalu
novelvero #34511
-Rumah langit-
Antibiotik harus dihabisin tapi jangan keseringan minum antibiotik ^~^
8 bulan yang lalu
^_^
Cuma 5 taun sekali kak minumnya ^^
8 bulan yang lalu
novelvero #34511
-Rumah langit-
Antibiotik ga kenal yg namanya tahun,kalo seandainya penyakitmu kumat lagi gimana??habisin antibiotik habis itu istirahat+jangan banyak pikiran
8 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Betul tuh kata kk Vero gak usah banyak mikir,apalagi mikir tuk bls comment TCV :D
8 bulan yang lalu
^_^
(~_~) ia aq abisin
8 bulan yang lalu
rik212 #24774
Kalau karena sayang takut ada sisanya kalau obatnya sisanya diminum sekaligus aja bolehkan yah...

*cepat sembuh eka:D
8 bulan yang lalu
^_^
Tuk tuk (¬_¬)ノ*(>˛<) rik

Entar aq malah over dosis><
8 bulan yang lalu
rik212 #24774
Ga overdosis malah ntar jadi subur deh...
Tanaman aja jadi subur karena ditaburin obat2an
8 bulan yang lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
*♥*Ʈέяΐмå♧ǩȃșȋħ*♥* infonya raysa, ternyata harus dimusnahkan ya, sampah obat obatan.
GWS ˆ⌣ˆ let's go green!
8 bulan yang lalu
^_^
Ia sampah obat2an harus d musnakan ^^rawan kemasan isi ulang,
go green (^o^)/
8 bulan yang lalu
superekda #37528
Info keren, trimsyong eka
8 bulan yang lalu
^_^
Masama
Masih banyak info yg lebih keren lg tentang obat^o^ coba deh cari topik "obat" infonya keren2
8 bulan yang lalu
superekda #37528
Haha iya deh, apakah anda seorang suster atau dokter ? Suka banget sama obat
8 bulan yang lalu
^_^
Bukaaaaannn
Aq cuma seorang pasien ^_^
8 bulan yang lalu
superekda #37528
Hehe kirain dokter atau suster. Boleh minta diskonan :p

Tapi saya orang sehat kok, ga gampang sakit :)
8 bulan yang lalu
^_^
Syukur deh ^o^ sakit itu gak enak
Gak bisa nikmatin semua
8 bulan yang lalu
daud99 #48663
pomalaa
infox bagus! alangkh bagusx klo konsumsi yg herbal saja.....
8 bulan yang lalu
^_^
Klw obat harbal aq gak brani minum,tp klw jamu aq suka minum dengan catatan mama aq yg buat ^_^
Mama bukan tukang jamu tapi dia rajin beli buku jamu karna dulu katanya waktu kecil aq sering sakit^^ sekarang lg gak tinggal sm mama
8 bulan yang lalu
daud99 #48663
pomalaa
ngk apa2 klo herbal,bahan dasarx kn dari organik...! o..sdh tinggl sendiri...
8 bulan yang lalu
ayuekap #43660
Entahlah !
Harus di lakukan nih nais inpoh qaqa,
Untuk limbah jarum suntik  gimana ? Biasa nya untuk jarum suntik 1 kali dalam pemakainnya
8 bulan yang lalu
^_^
Km bisa baca d sini ^^
http://www.anneahira.com/images/sampah-medis.jpg tp dgan cara ngintip ^o^
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
*Asem di usir gak secara langsung

Itu dokternya gak usah dibayar aja, nyebelin

Kamu lagi emosian/byk pikiran  jd gak bisa keluar  
Gitu.

*btw nice post,eka
8 bulan yang lalu
^_^
Hadeh (¬_¬") ia tu dokter emang nyebelin,utung aj cakep kalau gak pasti nambah sakit lagi ^_^
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
ҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑ :p

Kamu sih cari dokter yg cakep jd gak tega marahin ( ˘͡^˘͡)
8 bulan yang lalu
^_^
Gak kebayang klw dokternya jelek ^o^ belum marah aj uda serem
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
ҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑ :p

Asal jgn kamu ┒('o'┒) Bathin, entar jatuh/nyungsep tuh dokter,
ҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑ :p
8 bulan yang lalu
^_^
Gw gak sejahat itu

Tuk tuk (¬_¬)ノ*(>˛<)
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
(‾~˘)-c.          (^_^)ʃ.  Gakkk Kena
8 bulan yang lalu
^_^
Ava lu imut ^o^
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
Khan sy imut - gak amit2, hϱ"̮hϱ ‾̴̴͡͡⌣ ‾̴̴͡͡  

*skrg udah mendingan khan
8 bulan yang lalu
^_^
Ud mendingan ^_^
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
(bˆ⌣')b siP..!
8 bulan yang lalu
^_^
Napa aq ngerasa dah lama kenal ma lo ya sa  (¬_¬")
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
ː̗̀(☉,☉)ː̖́ aku kaget...!!
Masak,eka

Emang gimana ceritanya
Kal privasi lewat PM aja
Ini khan online,eka. Tq
8 bulan yang lalu
^_^
Hihihi ^_^ mungkin perasaan q aj sa
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
( o '.' o ) Ooo...  
Manggut-manggut
8 bulan yang lalu
Jayapura
ªϑα  info yang bermanfaat nich mantap2,,,
8 bulan yang lalu
^_^
Member uda sampai 5000 an ^^ cepat bgt
8 bulan yang lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah
Info yang muantap, jangan lupa obatnya diminum yach biar cepat sembuh
8 bulan yang lalu
^_^
Siap bos (^o^)>
8 bulan yang lalu
^_^
Ups (•̯͡.|‾‾‾|  aq fikir ging tante ^o^ teryata aq keliru
8 bulan yang lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah
Nah gitu yang nurut, nie om kasih bonus permen
Hehehe
8 bulan yang lalu
Syahdu #42930
Manusia aneh!
Thanks eka.....:)
8 bulan yang lalu
^_^
Masama
Jangan lupa minum obat ya #ehh
8 bulan yang lalu
Syahdu #42930
Manusia aneh!
Eka da num obat blom???
8 bulan yang lalu
^_^
Syahdu sehat???
8 bulan yang lalu
Syahdu #42930
Manusia aneh!
Sehat slalu bila bersama mu....*ehh
8 bulan yang lalu
^_^
Gubraaaaak @_@
8 bulan yang lalu
Syahdu #42930
Manusia aneh!
Clink!!
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Rupanya eka seorang dokter.....:)
8 bulan yang lalu
^_^
Bukaaaannnn
8 bulan yang lalu
usaman #45195
The somplaker's
Nice inpo... Vuvuvvuuvu!!!!
8 bulan yang lalu
^_^
Makaci ^_^
Jgn lupa num obat ya om usman
8 bulan yang lalu
usaman #45195
The somplaker's
 
.  :>>          
 Ϛ  Siaaap..  !!
 _||_.     (y)Laksanakan!!!!!
8 bulan yang lalu
^_^
Nih obatnya

Sodorin k om usman ^_^
Minum obat cacing 3
Panahdol 3
Paracetamol 3
Obat tidur 3
Vitamin RATIK 2

Di abisin ya ><xixix
8 bulan yang lalu
usaman #45195
The somplaker's
Ĵ¡!¡!¡!¡!媪ªªåååћ..
Guuuuº°˚˚°º..       
.      \_
                    ˚°º.
                         ˚°º..BraGggg...‎​‎​‎​‎​‎​.
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
nais info.. good job eka :D
8 bulan yang lalu
^_^
TQ ^_^
Km jgn lupa num obat ya
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
Sodorin aldi obat urus-urus
ҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑ :p
8 bulan yang lalu
^_^
Hahahahahah
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
obat urus-urus itu apa bangsa?
8 bulan yang lalu
^_^
Obat urus2 itu obat biat buang air besar (^o^)/
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
oh kirain obat apa.. bahasa daerah mana tuh obat urus-urus?
8 bulan yang lalu
^_^
Kalau gak salah urus2 itu sejenis tanaman ^_^ rerumputan yg kalau d rebus trus d makan dalam 5menit langsung BAB
8 bulan yang lalu
bangsa #10163
Wahhhh.  \(!!˚☐˚)/ \(˚☐˚!!)/ , bahasa mana, beli aja diapotik ada kok aldi @
8 bulan yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
^_^