26
vote
Gambar preview Cara unik embrio hiu bambu bertahan hidup.

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Cara unik embrio hiu bambu bertahan hidup.

Meski hiu lahir lengkap dengan peralatan berburu dan pertahanan diri, mereka tetap ringkih saat masih menjadi embrio. Ukurannya yang cukup kecil menjadikan mereka sebagai santapan lezat ikan yang jauh lebih besar.

Tapi studi terbaru menyatakan embrio-embrio ini bisa mendeteksi predator dan punya taktik sendiri untuk menghindarinya, yakni dengan berpura-pura mati.

Peneliti hiu sekaligus mahasiwa program doktor University of Western Australia, Ryan Kempster, menjelaskan:

"Setiap makhluk hidup memiliki medan magnet. Dan hiu bisa mendeteksi medan magnet ini menggunakan pori-pori yang disebut ampul Lorenzini. Pori ini terletak di kepala dan di sekitar mata."

Kempster menguji 11 embrio hiu bambu coklat terhadap medan magnet yang dihasilkan oleh predator.
Ternyata jika hiu ini mencapai satu fase pertumbuhan dan diberi rangsangan medan magnet predator, mereka akan menahan napas, melingkarkan ekor di sekitar tubuh, dan diam.

Ahli neuro-ekologi Joseph Sisneros, dari University of Washington di Seattle, Amerika Serikat, menambahkan:

"Mereka menutup semua isyarat bau, pergerakan air, dan sinyal elektriknya sendiri."

Sumber:
http://sarbaini-92.blogspot.com/2013/01/hewan-ini-paling-jago-nipu.html?m=1
--------------------------------------------

Cukup menarik dan unik, bukan?

Nahhh... Mungkin kawan-kawan lebah bisa menambahkan hewan-hewan lainnya yang mempunyai cara unik untuk bertahan hidup.

Silahkan di-dengungkan di post ini.
Cara unik embrio hiu bambu bertahan hidup. (Gambar 1) Cara unik embrio hiu bambu bertahan hidup. (Gambar 2) Cara unik embrio hiu bambu bertahan hidup. (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
tahun lalu
di
110 komentar
demdem #10
(¬_¬")
Dr kecil hiunya udh hidup mandiri, keren :D
Kyknya anak2 hiu begitu lahir udah lgsg ditinggal induknya? CMIIW


"hewan-hewan lainnya yang mempunyai cara unik untuk bertahan hidup."

Ada bbrp hewan yg mampu merubah warna kulitnya mnjadi persis lingkungannya, utk menghindar dr musuh atau bahkan utk mengincar mangsa. Setau gw bunglon dan gurita. Mgkn ada hewan lain lg?
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Ular termasuk gak yaaa...
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Ular bisa merubah warna kulit? Kyknya gak zw...
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Iya jg yaaa "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ ๑ˆ⌣ˆ๑ "̮ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇ƗƗɪ̣̇  

# keluar oon nya ☺
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Hehe mgkn mksd kamu ular itu ganti kulit kali :D
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Yups ular bs ganti kulit hέ:Dhέ=Dhέ=))hέ<=-P
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Komentar ini sudah dibuang
tahun lalu
Salah level ya :p

Kamuflase, dikhususkan untuk bertahan/mengelabui predator/ancaman.

Pada Bunglon (berdasarkan info), perubahan warna merupakan respon dan cara menyesuaikan diri terhadap kondisi yg ada.

Kesimpulannya, Gurita untuk mempertahankan diri.
Bunglon untuk beradaptasi.
*muter2 ya jawabannya >.<
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Lah smpet kebaca jg tnyt haha pdhl lgsg gw delete >,<

Oooh gitu bedanya...
tahun lalu
Menurut
http://sudut-buku.blogspot.com/2011/12/mimikri.html?m=1

Hal-hal yg memicu perubahan warna pada Bunglon (Chameleon) adalah:
1. Sinar Matahari
Ketika chameleon coklat ingin berjemur di bawah sinar matahari, maka si chameleon akan mengubah warna kulitnya menjadi hijau untuk memaksimalkan refleksi sinar matahari yang didapat.

2. Suhu
Ketika suhu dingin, kulit chameleon akan berubah berwarna lebih gelap untuk memaksimalkan penyerapan panas.

3. Mood
Chameleon jantan yang ‘ditantang’ chameleon lain bisa berubah warna menjadi merah kekuningan. Atau ketika si chameleon ‘fall in love’, bisa juga warnanya berubah untuk menarik perhatian, misalnya ungu, biru dan kemerahan.
-------------------
Dan bunglon bisa berubah warna, karena:
Bunglon memiliki sel-sel warna di bawah permukaan kulitnya yang transparan. Di bawah lapisan ini terdapat dua lapisan sel yang mengandung pigmen berwarna merah dan kuning (juga disebut chromatophores).
Di bawahnya lagi ada lapisan sel yang merefleksikan warna biru dan putih. Lalu di bawahnya lagi ada lapisan melanin untuk warna coklat (seperti yang dimiliki manusia).
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
#lagi nyimak jim ☺
tahun lalu
Silahkan :)
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Thanks tambahan infonya Kudo. Smp skrg gw ga paham gimana cara hewan2 ini merubah warna jd sama dgn sekitarnya.
Selain 3 penyebab di atas, bunglon jg bisa berubah warna tanpa ada tekanan apa2. Kalo ga salah dia selalu menyesuaikan warna kulitnya dgn warna sekelilingnya ya? Jd kyk udh otomatis gitu.

Nah kalo gurita lbh kompleks lg. Dia sanggup berubah2 semaunya dgn warna lbh ekstrim dr bunglon. Pernah di tv NGC dishoot gurita yg berwarna tutul2 polkadot kontras hitam putih, persis warna ganggang laut tempat dia sembunyi.
tahun lalu
Gurita yg ngeluarin tinta juga bukan?

Mungkin Gurita agak berbeda dgn Bunglon.
Gurita ber-kamuflase, Bunglon ber-adaptasi.
*berdasarkan info2 diatas :D
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Ooh yg satu kamuflase yg satu lg adaptasi... Baru tau :)



Trus bedanya apa/dimana yah? ‎​(¬_¬")
Mksd gw berkamuflase dan beradaptasi itu sama2 mengubah warna kulit kan?
tahun lalu
Iya, sama2 merubah warna, bedanya..
Gurita murni untuk mempertahankan diri dari predator/ancaman, mungkin juga untuk menjebak mangsa.
Bunglon, untuk beradaptasi terhadap perubahan di habitatnya.
tahun lalu
XDiodi #23044
Nais inpo (y) ntar kalo di buru mafia gara2 utang mending pura2 kena stroke lalu mati
tahun lalu
Hahahaha..... Itu sih malah nyusahin keluarga lainnya >.<
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Ada ikan yg bisa bertahan hidup di dalam tanah sampai hujan membasahi tanah tsb dan membawa ikan itu kembali ke sungai. Lupa nama ikannya, bentuknya kayak lele gitu atau belut, pokoknya gitu deh X_x
tahun lalu
Ikan glodok ya?
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Ikan Senen x_X
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Rebo Rebo... °•(>̯-̮<) mhihihi....•°  
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Yang dimaksud Rere keong mas, tapi ingetannya 'nempel' pada sebangsa ikan >,<. Mungkin ini pengaruh demam yg dideritanya belakangan ini hihi.....
**********ampuuuuuuun....

*copas dari komen saya >______<
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Nah loh hahhaa jd yg bener ikan apa keong nih? :p
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Nunggu jawaban Rere kaDem...
*ngemil
tahun lalu
Gw gak ikutan Re, jadi silahkan *terong pak Cyip aja :p

*teror
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Chili.....

*hihihi
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Pala.....

* hahaha
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Ikaaaaan, dibilangin ikan jg, grrrrrrrrr (۳º̩̩́oº̩̩̀)۳
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Ikan keong...
(◦ ˘з˘)~♪~♪
tahun lalu
rik212 #24774
Udang laut,udang menggunakan sensor melalui kumisnya yg panjang,kayanya sering menggali lubang utk pertahanan diri

Memo juga,mengkamuflase dengan rumput laut yg berwarna warni...kayanya sebagai tempat ngumpet juga

Ikan baronang.. dikarang2 sebagai tempat persembunyian..

*edited

Kalau waktu itu liat di acara sulap..lalar katanya bisa berpura2 mati

Keong,kerang,kura2...apabila tersentuh akan memasukkan badannya ke cangkang
tahun lalu
Wuihhh... Bakalan banyak nih.
Thanks Riki
tahun lalu
"Udang laut,udang menggunakan sensor melalui kumisnya yg panjang,kayanya sering menggali lubang utk pertahanan diri"

Menurut
http://ragam-fauna.blogspot.com/2011/10/mengapa-udang-mempunyai-antena.html

Kumis/antena pada Udang berfungsi sebagai radar pendeteksi keadaan sekitar dan juga kondisi air, oleh karena itu perairan yang terdapat Udang didalamnya bisa dipastikan tempat tersebut masih bersih dari polutan.
tahun lalu
rik212 #24774
Ia inget udang ..kumisnya panjang seperti hewan di darat kan kaya jangkrik,lalar biasanya sungutnya sebagai radar pendeteksi
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
Nice info
tahun lalu
Thanks.
Mungkin punya info tambahan seputar cara2 unik hewan bertahan hidup?
Silahkan di share disini :)
tahun lalu
yogipw #17746
DI MANA2
Cicak bila terancan akan memutuskan ekor nya bwt megelabuhi predator nya
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Bener bgt
tahun lalu
Menurut
http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20090520012315AAxBcUB

Hal ini disebut dengan Autototomi.

Setiap organisme mempunyai cara-cara tertentu untuk menghindarkan diri dari musuhnya. Salah satunya adalah dengan autotomi ekor, yaitu putusnya ekor pada tempat-tempat tertentu di sepanjang ekor yang disebut dataran autotomi. Autotomi ekor terjadi apabila hewan dikejar atau ekornya ditangkap. Bagian ekor yang terlepas akan bergerak-gerak beberapa saat, sehingga menarik perhatian predator, sementara hewan yang bersangkutan melarikan diri.
tahun lalu
yogipw #17746
DI MANA2
Betul bgt om kudo
tahun lalu
Liliana #20641
Grenade | Bruno Mars
Betul3x ^^
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
info yg menarik,,!!
Vu
tahun lalu
Thanks.
Mungkin punya info tambahan seputar cara2 unik hewan bertahan hidup?
Silahkan di share disini :)
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Burung pintar, unik, mungkin kemampuannya menirukan berbagai macam suara, bisa dijadikan sebagai cara untuk mempertahankan dirinya dari ancaman.
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
tahun lalu
[closed] #unknown
Ko lu ikut2in gue?
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
>.< Lo yg ikutin gw ODONG..!!!!
tahun lalu
Ke Tkp....
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
Perlu gw anter..?? (>̯͡⌣<̯͡)
tahun lalu
Gak usah, lu anter Nadira aja naik odong-odong :D
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Post suci gw telah terjamah manusia kelam, tidaaaaaak (۳º̩̩́oº̩̩̀)۳
tahun lalu
[closed] #unknown
Elang jawa
tahun lalu
black.id #12139
I'm serious black
(¬_¬")
tahun lalu
Kenapa Elang jawa?
tahun lalu
[closed] #unknown
Karena salah satu spesies elang berukuran sedang yg endemik di Pulau Jawa
tahun lalu
Apa keunikannya?
tahun lalu
[closed] #unknown
Karena elang dlm usia normal dpt mencapai 40 tahun. Pd usia inilah elang tsb hrs menentukan pilihan hidupnya, apakah ia mau hidup sampai usia 70 tahun/tdk? Keputusan yg berat ini harus diambil, jika tdk maka usia elang tsb akan berakhir di usia 40. Hal tsb terjadi krn pd usianya yg ke 40, paruhnya sudah terlalu panjang membengkok sehingga hampir menyentuh dada, sehingga mengakibatkan ia tidak dpt menangkap mangsa. Kuku cakarnya telah menua dan rapuh, sehingga ia sulit mencengkeram mangsa. Kemudian bulu-bulu di tubuhnya semakin lebat & panjang, sehingga menjadi terlalu berat utk bermanuver dgn gesit & anggun. Mangsa pun dpt melarikan diri.Keputusan yg diambil oleh elang jawa membuat ia menderita selama kurang lebih 5 bulan. Keputusan ini akan membawa elang pd sebuah proses perubahan yg sangat menyakitkan. Proses ini mengharuskan si elang terbang menuju puncak gunung yg tinggi, dimana tdk ada gangguan apapun. Si elang hrs menghantamkan paruh bengkoknya berkali-kali pd dinding-dinding batu gunung sehingga paruh lamanya terlepas dari mulut. Setelah paruh yg lama terlepas, si Elang hrs berpuasa menahan lapar sambil menanti tumbuhnya paruh yg baru. Setelah paruh baru tumbuh selanjutnya adl mencabut cakarnya yg menua & menanti tumbuhnya cakar baru. Terakhir mencabuti bulu-bulunya satu persatu. Proses ini sgt menyakitkan bagi si elang, tp dibalik proses yang menyakitkan itu, si elang mampu untuk hidup 30 tahun lagi.
tahun lalu
Wow, beneran ini?
Sumbernya darimana?
tahun lalu
[closed] #unknown
Terserah lu deh (-_-")
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Post gw lagiiii (۳º̩̩́oº̩̩̀)۳
Kapan demam ini akan berakhir Ya Tuhan? Apakah aku mengigau skrg ini?
tahun lalu
[closed] #unknown
(¬_¬")
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Keong mas yg hidup di sawah.
Ketika tahu akan musim kemarau, mereka membenamkan diri ke dalam lumpur (sedalam2nya). Sebelumnya mereka mengisi cangkangnya dg air utk simpanan. Pas kemarau lewat dan digantikan musim hujan mereka bergerak kembali naik ke permukaan tanah yg sudah lunak, dan proses kehidupan akan diteruskan setelah beberapa lama tertunda.

*menurut pengamatan sendiri.
tahun lalu
Mantap, thanks infonya pak cyip :)
Jangan2 yg dimaksud Rere adalah keong mas ya... Hmmm
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Yang dimaksud Rere keong mas, tapi ingetannya 'nempel' pada sebangsa ikan >,<. Mungkin ini pengaruh demam yg dideritanya belakangan ini hihi.....
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Gue bilang ikan ya ikaaaaan, kuciiiiiing! Tp, males cari bukti, pernah di post di TCV, jelek!

Huh, bawaan demam, pengennya makan keong, grrrrrr (۳º̩̩́oº̩̩̀)۳
tahun lalu
rik212 #24774
Kalau orang jawa bilang.cicip ngeyel yah re..hihihihi
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Banget!
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Mustoo@ ngeyel?
Haha... Entah kenapa malam ini sy suka dg kata itu...

Re@ Bales gak! Bales gak! Bales gak!?

Enggak usah deh...
*liatin Rere yg makin manis (‾̴̴͡͡⌣‾‾̴̴͡͡ʃƪ)
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Ada jenis biawak yg bisa menyemprotkan cairan merah kyk darah dr matanya, utk mempertahankan diri. Ga tau cairan ini beracun ga? Lupa namanya...
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Unik ya?

Dalam puluhan judul film fantasi pun sy belum pernah liat binatang/siluman apa kek yg bisa nyemprot ke musuhnya sbg 'tameng' menggunakan matanya >____<

*penasaran.
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Dgn susah payah (hiperbola dikit) ketemu jg kadalnya:

24.media.tumblr.com/tumblr_ll3cqeml5r1qfo148o1_500.gif

weirdimals.files.wordpress.com/2010/10/horned-lizard.jpg?w=470


Namanya kurang jelas, kemungkinan horned lizard. Iya unik bgt, tnyt cairan merah itu darah asli lho...
tahun lalu
Thanks Dem, namanya Thorny Devil.

Thorny devil dapat menembakkan cairan berwarna darah yang dikeluarkan dari matanya. cairan itu sebenarnya adalah toxin yang didapat dari semut. Thorny devils memiliki tonjolan berduri di bagian belakang lehernya yang terlihat seperti kepala palsu. Saat terancam, kadal ini menyelipkan kepala yang sebenarnya di antara kaki depan dan membuat kepala palsu ini berada dalam posisi kepala yang sebenarnya. Ini akan membuat predator kesulitan menelan kadal ini, bahkan ular sekalipun. Saat terancam, thorny devil juga akan menghisap udara dan membuat tubuhnya menggembung. Ini merupakan pertahanan anti predator yang lain.

http://www.langitberita.com/wtf/5485/thorny-devil-kadal-dapat-menyemprotkan-cairan-di-matanya/
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Namanya beda dr yg gw ketemu td, di atas gw attach fotonya jg. Apa mrk ini 2 spesies berbeda yg sama2 punya kemampuan menyemprotkan darah dr mata?
tahun lalu
Mungkin satu family tapi beda spesies >.<
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Siapa tadi yg ngotot keong racun?! *ngajak perang
Nih, buktinya!
Pernah liat jg liputan di tivi.

http://www.thecrowdvoice.com/post/ikan-tropis-yang-bisa-hidup-berbulan2-tanpa-air-4640883.html
tahun lalu
Iya, atas nama pribadi dan mewakili pak cyip, saya memohon maaf atas "tragedi keong" yang membuat mbak Rere kurang berkenan dan sedikit berkunang-kunang. :)
tahun lalu
Buku Ke-7 :D
Grrrrrr, bayar 10 milyar!
tahun lalu
Sebentar ya...
*telpon pak Cyip
"Halo, pak.. Tolong kirim sekarung keong emas, emasnya aja ya, keongnya dipendam lagi aja di dlm tanah"

Re.. Terima logam mulia kan? :p
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Maap, lelepon yg anda tuju sedang mematil, cobalah beberapa saat lagi...
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
.
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Katak saat musim kemarau ia bertahan di lubang yg kering,bertapa.tdk makan dan minum sepanjang musim.
Begitu hujan turun,ada genangan air mereka berkumpul.,dan saling membunyikan suara sesuai jenis masing 2 .berkumpulnya.
tahun lalu
Semua katak atau hanya jenis tertentu saja kang mastukul? :)
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Semua jenis katak yg hidup di air,sebab ada katak darat juga katak pohon.
tahun lalu
Wuih... Mantap, jadi seperti hibernasi pada beruang ya?
tahun lalu
[closed] #unknown
Komentar ini sudah dibuang
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
Kita hanya semut dihadapan tuhan :)
tahun lalu
[closed] #unknown
Bacteri... :p
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
Titik... :P
tahun lalu
[closed] #unknown
ViruZzz
tahun lalu
Kenapa jadi ngelantur kemana-mana ya?
Kan pertanyaannya tentang hewan...
tahun lalu
[closed] #unknown
Tau tu si mina yg mulai...aku cuma ikut2 SBY lanjutkan!!!
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
Lah iya yah...napa gua zhe..

Out of topic..wkwkwk
tahun lalu
[closed] #unknown
Yang mulai alihin ke semut sp cobak :p
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
@ zhe:
Oh iya lupaaa,

@ kk shinji:
Sori kk momod,saya belum kepikiran hewan,
Tapi ada hewan yg saling menguntungkan
tahun lalu
[closed] #unknown
Heawan apah??kucing garong ama ikan asin?
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
Itu merugikan....zhe

Kayak hewan udang sama hiu

Udang membersihkan sisa" makanan di dalam gigi hiu,otomatis si udang kenyang si hiu giginya bersih
tahun lalu
[closed] #unknown
Kmrn udang juga bersihin gigiku kok...tapi jadi aku yg kenyang
Hïнïhïнï=D:pнîн˚ ˚°º≈=)):D  ‎​​:p
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
(つ_⌣̀)  ....

Itu dimakan udangnya
tahun lalu
Maksud gw kenapa Zhevsenka komennya tentang perempuan dan perkosaan, jauh banget ama isi post yg tentang hewan >.<
Di-edit deh komennya klik "atur" pilih "edit".
Gw sih gak masalah dengan Out of topic, tapi yg ini terlalu out.

Minato panggil gw kudo aja, ok?
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
Jadi modus sih gpp yah..kudo..hihihih

*ketawa jahat..

Tapi kudo itu yg udang sama hiu boleh di share nga ?
tahun lalu
[closed] #unknown
Kan intinnya prlindungan diri :p
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
Kan ini perlindungan hewan zhe...

BUKan manusia...aaddduhh pusing gua sumpah...
tahun lalu
[closed] #unknown
Kn qt mamalia nagh lhooo ayooo :p
tahun lalu
Manusia dan hewan beda.
Hiu dan udang adalah hewan.
Sorry komennya gw hapus.
tahun lalu
minato151 #31671
#RunningManRaceStart
Good dihapus :)

Kak kudo,boleh share hubungan timbak balik bukan melindungi diri ?
tahun lalu
elgareva #11408
Nice info
tahun lalu
Thanks.
Mungkin punya info tambahan seputar cara2 unik hewan bertahan hidup?
Silahkan di share disini :)
tahun lalu
Liliana #20641
Grenade | Bruno Mars
Hiu yg mandiri ('⌣')b
tahun lalu
Thanks.
Mungkin punya info tambahan seputar cara2 unik hewan bertahan hidup?
Silahkan di share disini :)
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Ikan buntal (blow fish) akan menggembungkan badannya sebesar mgkn utk menakut2i lawan.


Ikan buntal normal:

http://3.bp.blogspot.com/_YniKlbPh29k/S0QnqOG08cI/AAAAAAAAGUk/i_cU6J8Guz4/s400/ikan_buntal_2.jpg


Ikan buntal in action:

www.nutrisijiwa.com/uploads/2012/09/Ikan-Buntal-Ciptakan-Crop-Circle-Di-Dasar-Laut.jpg
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
Lokasi