31
vote
Gambar preview Dongeng Rakyat Bugis : "Nenek Pakande"

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Dongeng Rakyat Bugis : "Nenek Pakande"

Dikisahkan di sebuah daerah Sulawesi Selatan datanglah seorang nenek. Dari penampilan, nenek ini hanya orang biasa. Masyarakat yg ramah menerima kedatangan si nenek tanpa disadari bahwa nenek yg datang adalah Nenek Pakande (Legenda Mitos Masyarakat Bugis)
Kalian tahu Nenek Pakande ? dia adalah siluman yg senang memakan manusia
Nenek Pakande melakukan aksinya saat matahari tenggelam
Hari demi hari bnyk anak2 yg hilang misterius
Gara2 kejadian ini, diadakanlah rembug kampung
Tentu kita tdk boleh mendiamkan hal ini. Kami khawatir, yg jadi korban berikutnya anak2 kami
Siapa yg melakukannya? Sepertinya Nenek Pakande
Nenek Pakande? Bgmn dia masuk ke daerah kita ?
Nenek Pakande itu berilmu tinggi bgmn melawannya ?
Apa baiknya kita minta tolong Raja Bangkung ? (Raja Bangkung mitos raksasa yg suka memangsa manusia jahat)
Tapi keberadaannya sdh tdk terdengar
Suasana hening, Disaat itu Beddu : Bgmn kalau kita mengerjainya ? Tapi saya minta belut, bangkai sapi, busa sabun & batu besar
Saat malam, bayi ditaruh di rumah Beddu utk memancing. Benar saja, Nenek Pakande datang. Saat berada di depan kamar, terdengarlah suara. Suara itu suara La Beddu yang bersembunyi di atap
Kenapa kamu ? Jgn makan bayi itu Dasar siluman !
Saya tdk percaya kamu Raja Bangkung!
La Beddu memerintahkan warga menumpahkan air sabun
Saya lapar, Nenek Pakande. Lihat air liurku mengalir
Beddu memerintahkan lagi warga utk menjatuhkan bangkai sapi
Melihat itu Nenek Pakande takut. Nenek Pakande yg lari ketakutan tergelincir, Nenek Pakande Kepalanya membentur batu. Walaupun limbung, Nenek Pakande tetap memaksa lari & akhirnya pergi
Sebelum meninggalkan desa, Nenek Pakande mengancam berkata "Saya akan memantau anak kalian di atas sana dgn cahaya rembulan di malam gelap. Suatu saat saya akan kembali memangsa anak2 kaliaaaan...."
*SEKIAN
Dongeng ini diceritakan turun temurun di masyarakat bugis, kisah ini diceritakan utk anak-anak agar tdk bermain lagi di luar rumah pada saat petang :)
Dongeng Rakyat Bugis : "Nenek Pakande" (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
tahun lalu
di
144 komentar
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Knp legenda crita rakyat utk mendidik anak2 kental dgn kisah2 misteri yah?
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
yah mgkn karena indonesia memang kental dgn yg berbau-bau klenik atau gaib =..="
Entahlah xD
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Ada benarnya juga seeh..,
Ini mah pertanyaan aja sob, krn didaerah sy di bogor jg sama, beda kisah namun mksd yg ingin dsampaikan sama

Nenek pakande ini memang cerita legenda bugis yah sob?

Kalau boleh tahu pakande itu sendiri memang nama utk seseorang apa ada arti sendiri sob?
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Klo didaerah sini disebutnyaa Kuyaang,, nenek2 yang pengen selalu muda dengan mengambil janin dr dalam perut atau bayi yang masih merah,, bukan dongeng sih tp emang nyata,, semacam ilmu hitam gituu >.<  
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
iya ini salah satu cerita yg bisa dibilang udh legend lah :-D
dari bahasa bugis, nenek pakande artinya nenek pemakan --"
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Yang nyata itu crita nenek pakande apa kuyaang itu mba ira?

Krn sepengetahuan sy memang ada bbrp legenda daerah itu yg brangkat dari kisah2 yg pnh terjadi, namun ada jg bbrp kisah yg hanya karangan orang2 tua kita dulu..,

Intinya sbnrnya baik, ada pesan2 moral yg mau dsampaikan
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Kuyang itu nyata jihak,, karna emang bener banyak yang mengalami, apalagi didaerah yang masih pelosok, tapi itu dulu skrg udah gapernah denger lagi,,

Makanya sampe sekarang ibu2 hamil masih sering dititipi kadut (istilah untuk gunting dsb yang harus disematkan dibaju) buat penangkal hal2 yang beginian..

Serem sih tp antara percaya dan tidak percayaa jugaaa..
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
kalo yg seperti itu mgkn
di setiap daerah bnyk yah, kalo dulu yg sempet geger seindonesia si Kolor Ijo msh ingat ?? xD
tapi kuyung itu gambaran sosoknya bgmn ??
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Kuyang itu penampakannya Kepala terbang dengan rambut panjang plus usus yang menjuntaai Baang... >.<  

Pernah tau film leak dr Bali? Mirip banget ama itu deh..
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
Komentar ini sudah dibuang
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Antara kuyang dan popo lebih menyerupai semacam leak yah?

Cm mungkin versi crita yg agak berbeda
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
duuhhhh =..=' kuyang sama pongko itu ternyata mirip-mirip yah seram sekali tuh kalo cuma kepala ma usus @__@"
emang pernah ada film yg gambaran hantunya seperti itu
Mgkn tiap-tiap daerah hanya beda nama
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
yahh begitulah . cerita kemunculannya aja yang mungkin berbeda :)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@imran wahh serem banget gan . dulu gua pernah ikut yang namanya MARGALUYU 151 . dan saya sudah warga (sebutan untuk yang sudh lulus) disini saya mengolah ilmu yang katanya udah ada dari lahir , dulu saya bisa membut orang sakit dari jarak jauh hany dengan membayangkan , bisa melihat yang gituan , bisa nyuruh mereka malah , cumn saya sudah tobat kawan, saya tutup ilmu gua tuhh ampe skarang . karna takut musyrik .
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Margaluyu istilah apa tuh sob?
Itu di daerah mana?
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Setahu sy pakande itu bahasa toraja,. Apa kisah pakande ini masih ada hubungannya juga sm daerah toraja yah?
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@jihad : margaluyu itu sebuah perguruan . perguruan sepertti olah tenaga dalam . namun ini lain bro , nihh bisa pelajari ilmu kyak dukun gitu lahh ,
Masalah nenek pakande , toraja kan di sulsel , jadi mungkin aja ada kaitannya :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Ohhh, maaf ini mah, sy masih kurang paham wilayah2 indonesia scr spesifik,.. Tp apakah org bugis itu jg bagian dr toraja? Atau mereka berbeda scr bahasa dan budayanya?
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
berbeda secara bahasa dan budaya :) tapi ada juga yang bahasanya sama . sebenarnya dalam bahasa kampung saya nenek pakande artinya nenek rakus , karna pakande artinya tukang makan .:)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Jadi pesan moralnya, barangsiapa berprilaku rakus dan tdk memperdulikan nasib org lain akan seperti nenek pakande yah?

tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@jihad : pintar sekali ente :D salut :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Ahhh..., kaka akbar juga pinter kok,. Sy pan cm berpendapat
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
haha :D jihad umurnya berapa ?
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Ahhh jadi malu kalo ditanya umur :p
Saya masih abegeh, anak saya baru satu kok baru mau masuk TK anak saya :)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
haha :D becande dahh kita :D
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Kok bercanda, bneran anak saya baru satu, baru mau masuk TK bulan besok.., kalo nanya umur saya, saya malu ahh jawabnya :p
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
ohm :) kirain becanda kang :) ahh jangan malu ahh . kita sama" bee kok :D
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
hehehehehe...,
Kalau mau jelasnya tahu sy, cari username coolman ,. Tanya aja ama dia tentang saya, tar diterangkan deh sedetail2nya ;)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
woke :)
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Ahh kenapaa bapak saya gapernah ceritain ke sayaa yaaaaahhh :'(

Terimakasih ceritanyaa Imraaan :D
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
orang bugis yah ??
hhmmm..... sebenarnya cerita ini, dulu saya dengar dari nenek @__@"
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Orang bugis yang terdampar di Kalimantan kakaakk :D

Naah,, ntu diaa,, gasempet ketemu nenek soalnyaaa T_T
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
owhh di Kalimantan...
sebenarnya skrng pun tradisi mendongeng kan sdh mulai ditinggalkan
pdhl ceritanya banyak yg bagus menurut saya
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Iyaa Bang,, tradisi mendongen udah kurang,, anak2 jaman sekarang udah terlalu dalam nyemplung didunia Gadget >.<  
Jd inget jaman dulu kecil masih suka cerita2an ama kakak2 tentang hantu2 gitu, xixixii seruu loh sebenernya,, imajinasi kita bisa melayang kemana2 walaupun serem :D
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
@imran: saya setuju utk pendapat ini, salah satu bentuk melestarikan budaya bangsa sbnrnya bs melalui jalur dongeng2 crita rakyat
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
@imran : kalau pny kisah2 legenda daerah bugis ato kalimantan boleh donk share lagi dsini
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Tiap malem jumat di Twitter kotaku selalu ngulas tentang Urband Legend gini,, ntr aku boleh coba2 ngepost yaa Jihaaad :D
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
@ira ,  yahh saya setuju itu bisa mengembangkan imajinasi :) dan pesan-pesannya juga bnyk dlm cerita rakyat dongeng itu sendiri
@jihad , oke lain kali kalau ada yg menarik bisa saya bagi disini :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
@ira : boleh2 sy tunggu postingannya neh

@imran : ane tunggu neh sob :)

*klik paporit biar gak ktinggalan artikel :)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
gua boleh juga dong :) masih banyak cerita serem dari daerah saya :) cuman gak bisa ngepost nihh . udaah 2 postingan aku
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
@Akbar : iyah, dsini memang postingan dibatasi hanya 2x dlm 1 hari maksimalnya.., makanya pilih artikel yg memang bnr2 menarik utk di posting, minimal bisa buat member lain tertarik.
Sy tunggu crita slanjutnya dr akbar
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@ jihad : okee makasih jihad :) saya juga tunggu cerita dari jihad :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Saya gak gitu suka bercerita, lbh suka membaca dan berkomentar :)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
didaerah saya dinamakan POPO . atau yang biasa disebut PONGKO . . . .
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
Popo itu sama yah kayak cerita ini ??
tahun lalu
[closed] #unknown
Di daerahku, biasa dikenal dgn "parakang"
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
parakang ??
di daerah sini juga ada yg namanya gitu -_-"
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
yah ceritanmya hampir sama . cuman nihh popo munculnya sehabis tengah malem . jam" 1 gitu lahh . nihh popo bisa ditau dari suaranye , semakin dekat suaranye semakin kecil , mungkin ngecoh kita kalau dia jauh , taoi tetep aja ketahuan . suaranya tuh seperti suara anak ayam , miriplah ama si kuntil . nahh temen saya punya temen yang kakeknya gini . dulunya di pante barat
(nama kampung di sulawesi tengah ) nihh kakek orang pintar/sakti banget saking saktinya dia gak nyadar bahwa tiap malamnya dia menjadi POPO (mulai merinding dah) sampai akhirnya dia ketahuan sama seseorang kerabatnya dan memberitahukan kepada si anak tadi bahwa kakekya adalah POPO yang ngeresahin . namun tidak berapa lama si kerabat itu meninggal , gak tau kenapa . jadi hanya si anak tadi yang mengetahui kakeknya POPO , tapi dia masih penasaran , sampai akhirnya dia mencoba untuk membuktikannya . nihh anak brpura" sudah tidur dlam kamrnya padahal dia  lagi nunggu ampe tengah malam (digerogotinyamukdahh) pas tengah malam nihh anak ngecek bahwa kakeknya ada atau tidak , ternyata TIDAKK !! dia mengecek seluruh ruangan dan saat ke dapur dia dapat tuhh badan kakeknya tanpa kepala dan organ tubuh , si cucu syok lihat kakeknya gitu , dia sedih sampai akhirnya dia memutuskan untuk membunuh kakeknya dengan cara mengisi badan kakek tersebut dengan batu , supaya gak bisa balik lagi ke badanny . dan si anak nginap dirumah tetngga dengan alasan kakek masih tidur dikebun . keesokan harinya dia mendapati kepala + organ tubuh kakeknya dengan badan yang tak bisa bergerak , kemudian dia memanggil warga dan mencerirakan kejadiannya , kalau asal LEGENDA/CERITA  popo gua belum tau :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
@akbar : bisa dibilang popo ini sejenis siluman yah sob?
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Laahh fals daeraah mana??
Disini selain kuyang yaa parakang juga sebutannyaa...

Klo disini nenek2 yang jadi,, ilmu hitam sih sebenernyaa,, tp bisa jadi turun temurun,, nah lawannya adalah duri landak,, yang penting dapet dulu tu body nenek trus dileherna ditancepin duri2 landak jd dia gabisa balik ke badannya lagi deeh... Ini ceritaa seliweraan yang kudengar dr jaman kecil duluu :D
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
Komentar ini sudah dibuang
tahun lalu
[closed] #unknown
Sulsel juga Raa, tepatnya daerah Luwu
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@ ira sofya . di Desa Lero Tepatnya , dari Kota
Palu perjalanan hanya stengah jam :)
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Ternyataa ceritanyaa ga jauh bedaa yaa ama disanaaa....

Cuma sebutannya aja yang lain2... :D
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@just . yahh emang dia nihh ada dibanyak tempat . bukan hanya Di Palu atau sulsel aja . bisa jadi seluruh Indonesia gan :)
salken yah :)
tahun lalu
[closed] #unknown
Ɣªª akbar, bhkan di daerah luwu mreka yakini bukan hnya skedar dongeng tp salah satu realita yg sngat mresahkan, khususnya bagi mreka yg lgi sakit atau abis lahiran, krn konon sasaran empuk si parakang adalah org sakit N bayi :)

Sipp, Akbar_ira
Salam kenal, mariki diii' hehe
tahun lalu
[closed] #unknown
Manusia Aneh yang disebut Parakang

Manusia aneh yang disebut dengan Parakang adalah seorang manusia yang bisa berubah-ubah menjadi hewan, benda dan apa saja yang bentuk dan modelnya aneh dan menyeramkan, namun beda dengan yang aslinya. Kemampuan seseorang yang bisa berubah wujud ini karena diyakini orang tersebut menguasai ilmu yang disebut dengan ilmu Parakang. Sebagai contoh, misalnya dia berubah menjadi harimau, namun harimau hasil jelmaan manusia yang mempunyai ilmu parakang ini berbeda dengan harimau betulan atau harimau yang sebenarnya.

Konon manusia Parakang ini amat berbahaya, bisa memakan orang-orang sakit atau bayi. Cara memperoleh Ilmu parakang bisa didapat berdasarkan keturunan atau mempelajarinya langsung kepada ahli ilmu parakang. Keberadaan manusia aneh Parakang atau ilmu Parakang masih diceritakan secara turun temurun hingga saat ini.
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@juzt . hmm iyaa :) waahh serem juga tuh parakang . atut
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Naah ilmu menjelmaa ini yang aku belon pernah Tau faaalss,, kirain dia cuma gelundung kaya buah kelapa ajaaa >.<  

Sereeemmm,, sampe skrg juga disini masih percaya dikit2 klo ni makhluk masih adaa loohh
tahun lalu
[closed] #unknown
Konon kalau yg mnjelma itu : Parakang yg diperoleh mlalui ilmu hitam,
Kalau parakang turun temurun itu gk mnjelma, biasanya saat mreka braksi diluar ksadaran mreka (jd saat ada mangsa, mreka dari mnusia normal sprti qta,  otomatis lgsg brubah mnjd parakang) biasanya ditandai dgn mata yg tiba ² brwarna merah, dgn tatapan liar :)
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
*gleeeeeekkkkk

Baca sambil ngimajinasiin si parakang tiba2 bikin merinding disko >.<  

Dulu dikasih tau, klo adaa ibu2 yang lehernya bergaris dan slalu ditutupin selendang dia itulah sang parakang,, jd suka serem plus kepo klo liat ibu2 beselendang daah hahaaa *pokdaat

Tapi sebenernya banyak banget yaa urband legend2 macam gini, percaya ga percaya sih tp emang pernah terjadi..
tahun lalu
[closed] #unknown
لاَ هَوْلَ وَلاَ قُوَّتَ اِلاَّبِاللّهِ
Qta brlindung kpada الله saja ukhty, Dialah sbaik² plindung !
Smoga qta smw trhindar/slamat dari sgala petaka yg ada, trmasuk ilmu sihir :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Parakang itu crita dr sulsel yah?
tahun lalu
[closed] #unknown
# jihadkhan: bener bradd, parakang itu hikayat dr sulsel tepatnya Luwu/palopo.

Btw, ttng Pomala itu sulawesi tenggara n makasar sul-sel, jarak tmpuh pomala_makasar skitar 8 jam via Ferry, ± 1jam via port :)
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
bingung komen disini @___@" msh blm beraturan
tp semoga teman2 secepatnya bisa ngerti yah, aturan komen pada levelnya -__-"
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Critain sdkt donk sob tentang POPO
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@ jihad yahh bisa dibilang begitu :)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@ ira yahh begitu dehh :) bantu VU post ini yahh :)
tahun lalu
Irasofya #28483
Balikpapan
Bingung ama komennya akbaar, nyasar2 kemana ƗƗώƗƗώƗƗώƗƗώƗƗώƗƗώƗƗώ

Iyaa aku udh Vote dr awal kook :D
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
hahaha :D ohh manatap :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
@ira : biarin aje dia mau gaya komen kyk ape kek, yg penting dia senang :D

Tapi hooh jg seeh, sy jd ikutan ngawur ksh komen tanggapannya :p
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
haha :D sori semuanya :) biasalah masih baru :) jadi rada" tolol :D
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Waduh bukan tolol Akbar, sama kok sy juga masih nubie...,
Mangkanya sy mah biarin aja mau gaya akbar gmn juga mau komennya, yg penting hepi :D

Nanti juga pelan2 ngerti sendiri ;)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@ jihad : hahaha :D wokeyy . makasih yoo :)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@ ira . yah di sini juga . bahkan di Kota Palu aja masih dei percaya .
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@juzt . waduh jadi merinding . . . *ngeliatkirikananadagakya?
tatapannya mirip tatapan mad dog :D
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
hii tambah merindingg dahh gua :(
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
@ jihad : mungkin ada yang dari tenpat lain :)
@ juzt : tepat sekali ! :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Tar ahhh, ane mau baca crita2 kalian dulu.., lagi donk critanya. ada lagi gak yg lain?

*nyiapin kopi
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
Bantu VU Yah :)
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
terima ksh
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
iya :)
tahun lalu
andiflamini #24898
Jekardah
Oooooo gitu toh, untung dongeng, coba  ҠªĻ☺ beneran
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
tempat saya beneran :)
tahun lalu
andiflamini #24898
Jekardah
Ah yang bener, di daerah mane
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
sulawesi tengah . tapi di seluruh sulawesi ada :) beda nama aja .
tahun lalu
andiflamini #24898
Jekardah
Ooooooo, serem juga yeee
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
kalau beneran, orang dewasa mgkn bakalan juga takut buat keluar rumah x_x
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
iya :( saya aja ampe sekarang takut mah tuh pop/kuyang/parakang/nenek pakande . . . serem x_x
tahun lalu
juminten #31054
Ooh baru tau....cerita yg bagus !

Ada juga cerita rakyat jepang ttg Bulan yg bercahaya krn menikah dgn gadis cantik bernama Ejia Wanoko (dulu bulan tidak bercahaya), nenek Ejia hanya mau menikahkan Ejia yg sangat cantik dgn suami yg luar biasa.....
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
@juminten : kalau boleh saya saran, angkat kisah legenda2 crita rakyat indonesia aja.., kyknya mnurut sy lebih menarik deh.. Slain kita melestarikan budaya bangsa. Juga mendidik generasi penerus supaya cinta sm tanah airnya :)

Ini pendapat aja loh, gak dipake juga gak pa2
tahun lalu
juminten #31054
Sip, nanti nJum ceritain cerita rakyat yg sangaaaat menarik ttg istri yg cerdik dr daerah sultra......cekidot brooot he he....

Oia, nama neneknya Ejia adl nenek Burara....googling deh
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Oke broot,.. Ane tunggu cekidotnya :)
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
kalau ada kesempatan, ditunggu cerita selengkapnya :-D
tahun lalu
juminten #31054
LOL ha ha ha....sarafnya lemah nih....bcanda tau ! He he he......
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
hahaha :D
tahun lalu
bongiovanni #20189
PDCA
Ada lagi ngk cerita2 rakyat bugis :), sy paling suka baca dongeng, hehehe
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
tunggu aja :) maybe tomorrow there are more post that interesting to read about legend history :) salken :)
tahun lalu
bongiovanni #20189
PDCA
Salken, katanya sich orang2 bugis banyak yg menguasai ilmu hitam, sampe beritanya k daerahku,:)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
wah gakjuga gan :) saya termasuk orang bugis walau dari ibu angkat saya :) kalau mas tau banyak yng blng orng bugis gitu contoh ,maap nyebutin suku : orangsunda ktanya orng bugis tukang ngepet , orang kalimantan orang bugis siluman , tapi menurut saya sama aja bugis , sunda, kalimantan, atau suku lain . pasti ada yang baiknya dan buruknya gitu gan :)
tahun lalu
bongiovanni #20189
PDCA
Memang bener bro, kadang qt kedikte ama angin gosip yg belum tentu jelas, harusnya cek dan ricek dulu di lapangan :)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Kita smua sama, satu bangsa..,
Kalau bicara keburukan seseorang jgn dinilai drmana dia berasal.., tp lebih dr individunya itu sendiri.

Kbudayaan warisan para orang tua kita dahulu drmanapun asal suku dan wilayahnya sy rasa mereka smua mengajarkan budi pekerti yg baik utk anak2 cucunya.

Kisah2 yg kita sering dengar dr org tua kita mengenai hikayat/dongeng crita rakyat sbnrnya bertujuan utk menyampaikan pesan2 moral...
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
betul kata temen saya :) @jihad
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Kita smua besodara kawan (y)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
bener sekali kata jihad :)
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
Kalau ada yg menarik, lain kali share lagi :)
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
nanti saya juga share , kunjungi juga side teman saya @ jhonny826

http://www.thecrowdvoice.com/post/apa-yang-terjadi-saat-sakratul-maut-ini-dia-11311054.html
tahun lalu
willie90s #36766
Jakarta
VU
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
thanks :)
salam kenal
tahun lalu
george24 #43809
2973D600
Waaaa bagus banget ceritanya..untung aja aq lom ada waktu itu,,kalo tidak aq yg gebukin itu nenek pakande..kwkwkwkwkw..,jelas2 uda nenek.,pasti uda gak sanggup utk bertarung,,
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
hahaha :D sama ji :) kalau so ada ka' kuleppa la nenek pakande .
tahun lalu
george24 #43809
2973D600
Akbr@hahahhaha,,
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
hehe :D bisa ji kita bahasa makassar ? salam kenal
tahun lalu
george24 #43809
2973D600
Akbr@hehehe gak bisa,,soalnya aq juga bukan asli makasar..
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
ohh :) asli mana ?
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Sy ada rencana ke makasar, tepatnya ke kolaka utara-pomala
Jauh tdk makasar - pomala ??

Kalau kita ada kesempatan wkt dan rejeki kita bs bertemu ;)
tahun lalu
george24 #43809
2973D600
Akbar@aq asli timor.,hehehe tapi dibesarkan dimakasar
Jiha@jauh kolaka dengan makasar
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
waahh sayang sekali, kalaupun ada...
nenek pakande ini kan memang tdk berkelahi, tapi pake sihir x_x
tahun lalu
vanzcrown #37056
PIN: 31065D8F
Story scary
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
thanks :)
salam kenal
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Wahhh,serem! Mirip imran........:)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Iiihhhhhh..., ada penampakan

*tempat persembuyian saya sdh terdeteksi...., wuusssshhhhhh ngilang :D
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Hahaha,rupanya wina muncul disini.....hahaha :D
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
wina tomboiiii  
hahahahahaha
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
zzzzzz......... -__-"
saya gak serem kok, unyu-unyu aja :p
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Yg serem bukan nte sob imran, tp penampakan kulmen, yg tiba2 muncul dibelakang saya :D
tahun lalu
uzumaki #44489
bandung
emang si imran serem y ?
tahun lalu
ayuekap #43660
Jakarta
Hampir sama gak sih ama wewe gombel ?
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
kalau saya tdk begitu tau ceritanya wewe gombel, tp sepertinya begitu
tahun lalu
Hey hey hoooo ^o^
jadi ingat waktu kecil...=)
dulu suka dingetin sm nenek harus pulang k rumah sebelum magrib..."ntar di makan nenek pakande" kata beliau dulu... :')
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
Sedikit nostalgia :-D
tahun lalu
Hey hey hoooo ^o^
iyah.. :')

salam kenal imran...
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
salam kenal juga :)
tahun lalu
FtYrStR #41924
Depok,Indonesia
Bantu VU !
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
terima kasih
tahun lalu
herupositive #44227
Manado
Komentar ini sudah dibuang
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
asli selatan ?
tahun lalu
herupositive #44227
Manado
Iy
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
sama dong :D
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
merantau ??
tahun lalu
Akbar371 #43848
Kota Palu, Sulteng
merantau kemana ?
tahun lalu
avolaed #44478
Setinggi apa ilmu dia? Cuma didataran bumi saja kah?
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
setinggi apa ??
saya juga tdk tau, namanya juga dongeng :)
tahun lalu
avolaed #44478
VU dah.
:D
tahun lalu
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates
thanks :)
salam kenal
tahun lalu
avolaed #44478
Salam kenal juga. :)
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
imran afc92 #1476
Penunggu Emirates