24
vote
Gambar preview Fakta-fakta menarik tentang Mongolia

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Fakta-fakta menarik tentang Mongolia

1. Pada masa jayanya, Mongolia menguasai 16% luas lahan di dunia

2. Sepanjang sejarah hanya Kerajaan Inggris yang pernah menjajah lahan yang lebih luas dari Mongolia

3. Agar tidak dibebani bekal makanan dan minuman, prajurit Mongolia menjadikan kuda yang ditungganginya sebagai sumber makanan dan minuman. Mereka minum susu dan darah dari kuda sendiri. Kuda disilet sedikit untuk diminum darahnya tanpa harus membunuhnya.

4. Mongolia pernah mengirim pasukan untuk menaklukkan Kerajaan Kediri di Indonesia.

5. Mongolia bekerjasama dengan Majapahit (saat itu masih kecil) untuk mengalahkan Kediri. Majapahit mengingkari janji untuk tunduk kepada Mongolia dan malah menyerangnya. Mongolia kalah dan mundur dari Indonesia.


Sumber: membaca Wikipedia semalam karena susah tidur


---------------------------

Kenapa sewaktu saya sekolah dulu saya tidak suka sejarah? Tetapi sekarang malah suka baca sejarah buat santai? Saya yakin pernah belajar tentang Jayakatwang dan Raden Wijaya, tapi dulu sama sekali tidak tertarik.
Fakta-fakta menarik tentang Mongolia (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
tahun lalu
di
56 komentar
demdem #10
(¬_¬")
entah kenapa bagi gw kata "Mongolia" identik dgn pengembara dan satu nama besar --> Genghis-Khan, panglima perang mereka.

* mungkin penulisan nama tokoh ini ada banyak versi.
tahun lalu
Kublai Khan aku ingetnya kalo denger Mongolia
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Bagi gw Genghis sama Kubilai sama besar namanya.
tahun lalu
minato151 #31671
Roboca poli
Dek nath...
tahun lalu
sebenernya bukan Kubilai Khan, tapi Kublai Khan XD
balik ke topik,

Kublai Khan, nah orang ini saya anggap lebih hebat karena dia menaklukan Jepang, Vietnam, Asia Timur dan Tenggara, dan sebagian Eropa dan dimasa inilah Mongolia mencapai kejayaannya atau yang lebih dikenal dengan Dinasti Yuan

ada semacam puisi dari Kublai Khan yang cukup keren
kira kira kayak gini:

I ascended on Fragrant Hill in the friendly season of spring
Not discouraged I climbed to the peak and met the Golden Face
Flowers shone bright rays and auspicious colors gleamed like a rainbow
Incense smoke wafted like mist and a blessed light emanated
Raindrops were like bubbles on jade bamboos at the edge of the big rock
The blowing wind played a song among the green pines at the mountain pass
In front of the Buddha in the temple I conducted the incense ceremony
And on the way back I rode a Blue Dragon in the royal carriage.

:P

Kalau Genghis Khan, memang sih dia salah satu akar yang membuat Mongolia jadi kuat, tapi apadaya, yang dia taklukan tergolong sedikit seperti Dinasti Xia dan Jin yang lumayan kecil ada juga daerah yang bernama Kara Khitan-Khanate dan Kwharezmian yang militernya kuat banget tapi wilayahnya kecil banget >,< Untuk di daerah Eropa dia cuma kuasain Bulgaria, Kiev dan Georgia.. Kecil banget kan >,<

Tapi emang sih, Genghis militernya lebih jago dari Kublai, tapi untuk wilayah kekuasaan Kublai menang, jadi kayak semacam paradoks gitu ya >,< jika gaada Genghis, Kublai bukanlah siapa siapa, jika tidak ada Kublai, maka usaha Genghis sia-sia dan daerah kekuasaanya akan terpecah belah jika Kublai ga nerusin kayak Roman Empire :P

aduh, ada hubungannya ga ya ><
tahun lalu
demdem #10
(¬_¬")
Sip Nat, thanks infonya. Serasa baca referensi buku sejarah aja >,< :p
tahun lalu
hahahhahahahahaha
buku sejarah mah kalo diringkas bisa puluhan halaman, apalagi sejarah Indonesia yang dari SD kelas 5 sampe SMP kelas 3 sekarang masih pelajarin hal yang sama ><"
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Kok nathan pinter tentang Mongolia?
tahun lalu
ga pinter kok
cuma suka baca buku sejarah aja
kecuali sejarah Indonesia
:P
tahun lalu
minato151 #31671
Roboca poli
Sama nath kayak aku,
Aku suka sama geografi dan sejarah dunia :)
tahun lalu
Matematika sama Fisika juga asyik :p
tahun lalu
minato151 #31671
Roboca poli
Tertarik sangat dengan sejarah dunia yang luas,
Salah satunya peradaban mongolia,
Mongolia dulunya peradaban seorang pengembara dan akhirnya menetap ..


Sumber : wikipedia semalaman krn saya tidak bisa tidur,

^
Jon ..
Ngaak ada wikipedia saya nga bisa tidur ,saya sudah cari #ehh :p
tahun lalu
[closed] #unknown
Dimana letak "kerajaan" mongolia? Bukanya mrk sll berpindah2, kaya bangsa Hunn yg dipimpin oleh attila?

*sumber: main game age of empire.
tahun lalu
minato151 #31671
Roboca poli
>.< Entahlah ...
Kayaknya baca blog orang yang salah...
>.<
Belum buka buku ensklopedia :D

Baru mau di edit <('▿^)♉

tahun lalu
[closed] #unknown
Setelah diedit,
Lalu dimanakah suku mongolia menetap?

:)
tahun lalu
minato151 #31671
Roboca poli
Di suatu daerah....( ˘͡^˘͡)

:p
tahun lalu
[closed] #unknown
Suatu daerah, tepatnya?
Mengapa blm ditemukan situsnya?

:)
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Bahasa Inggrisnya adalah 'empire'. Terjemahannya apa ya? Kayaknya 'kerajaan' emang bukan terjemahan yang cocok deh.
tahun lalu
minato151 #31671
Roboca poli
Jon komentari siapa ( ˘͡^˘͡)
Aku atau chaos :p
tahun lalu
[closed] #unknown
Iya, krn mongol gak ada kerajaanya. Rumah mereka aja cuma tenda (kaya suku indian di amerika selatan).

Dan mereka selalu berpindah2, gak menetap disuatu tempat.

Mrk jg gak punya keahlian membuat benteng (kastil), itu mengapa mereka gak bisa nyerang 3 kerajaan di cina krn ada tembok cina tsb.

Ky bangsa Goth dan Visigoth (jerman sekarang) yg gak bisa bikin benteng pertahanan, ketika diserang mrk bikin benteng utk berlindung dr panah menggunakan mayat tentara dan ditumpuk2.

(Cek lg)
tahun lalu
[closed] #unknown
Yg ngebantu nyerang Kediri adl pasukan Tartar, ini org moingolkah?

Bukanya kerajaan kediri yg nantinya jd majapahit? Masa nyerang negara sendiri? Mau kudeta kah?

Sumber bahan minuman tentara mongol emang susu kuda tunggangan mrk, namun makanan mrk apa? Katanya bahan mrk adl tawanan perangnya, benarkah? Itu knp jengis khan dijuluki panglima terkejam sepanjang sejarah krn menggoreng tawanan utk makan. Betulkah?

Jajahan mongol sll daratan, benarkah mrk sll kalah jika ingin menjajah negara yg dipisah oleh laut?

Sampai sekarang Inggris gak mau pake Euro sbg mata uang, katanya krn adl penjajah terbesar di eropa. Klo pake euro artinya mrk terjajah. Benarkah?

tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Dari hasil bacaan saya yang bantu nyerang Kediri adalah orang Mongolia. Tartar itu dari mana ya?

Kediri dikudeta, lalu penerusnya pindah ke Majapahit, makanya ga heran kalau Majapahit serang Kediri.

Susu kan bisa jadi makanan sekaligus minuman.

Kisah Mongolia selalu negatif jika diceritakan oleh negara-negara korban. Karena banyak negara yang ditaklukkan Mongolia, makanya banyak cerita negatif yang beredar tentang kekejamannya. Ini semua belum tentu benar.

Memang benar bahwa kekuatan Mongolia adalah di daratan, karena sudah terbiasa nomaden dan jago memanfaatkan kuda.
tahun lalu
[closed] #unknown
Tartar itu istilah yg dipake org singosari waktu minta bantuan nyerang kediri. Rajanya saat itu kertanegara (klo gak salah inget). Pasukan kartanegara gak ikut nyerang kediri, yg nyerang prajurit tartar itu, stlh menang, tentara tartar yg kecapekan diserang tentara kertanegara. Kediri takluk dibawah singosari, baru beberapa tahun kemudian lahir sebuah negara yg bernama majapahit. (Ini bekal ingatan gw, dicek lg kebenaranya).

Jengis khan yg marah tentaranya dibantai kertanegara, mengirim duta yg bernama kubilai kan, namun kertanegara gak mau tunduk, bahkan telinga kubilai kan dipotong. Ini membuat marah jengis khan, namun usahanya nyerang singosari selalu gagal. (Dicek lg).

Kerajaan kediri adl pindahan kerajaan mataram (hindu) yg terpaksa pindah krn letusan gunung merapi. Dipimpin oleh Mpu sindok, mrk mendirikan kerajaan kediri. Peninggalan mereka adl candi borobudur di magelang, karena kerajaan mataram hindu terletak didaerah magelang juga.

Dicek dl ya krn gw nuis cm berdasar ingatan waktu sekolah ama didongengin nenek jaman duluuu bgt....
tahun lalu
things #33671
Ingin delete jidatmu
Kenapa sewaktu saya sekolah dulu saya tidak suka sejarah?                      Mgkn karna males mesti hapal dgn nama" kerajaan beserta nama rajanya...                                             Tp sadis jg ya utk bekal makanannya mrk minum darah kuda...ih..ga kebayang kalo aku disrh minum darah kuda..
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Kalau dipikir2 darah itu menyediakan makanan sekaligus minuman. Pinter juga Mongolia.
tahun lalu
things #33671
Ingin delete jidatmu
Tetep ga mau.. Amis..               Kasih om Jon ajah..
tahun lalu
vinachrist #10820
Jekardeh
Yay...! Bangga dengan Indonesia yang bisa mengalahkan mongolia.

Sebagai warga Indonesia sdh sepatutnya tau sejarah Indonesia... ^^

*lirik poster yg males belajar sejarah*  :p
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Emang kamu dulu rajin belajar sejarah Vin?
tahun lalu
vinachrist #10820
Jekardeh
Suka banget sama pelajaran sejarah Jon, kl baca sejarah serasa lg baca buku dongeng ^^
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Coba saya tes, pertemuan meja bundar itu di tahun berapa dan dihadiri siapa saja? :-D
tahun lalu
vinachrist #10820
Jekardeh
Xixixixi... di test  >_<

Thn  1949 Di Den haag belanda, dihadiri oleh moh.hatta & sultan  hamid  ^^
tahun lalu
[closed] #unknown
Pertemuan meja bundar dihadiri arthur, lancelot, sama panglima britania (lupa nama)...msh relevan gak jawaban gw?

☺Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•hë☺
tahun lalu
uratmiring #26670
Where's D'Passion?
Mongolia sama viking lebih hebat mana jon?
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Saya juga ga tau. Mungkin Mongol?
tahun lalu
uratmiring #26670
Where's D'Passion?
Mungkin mongol wilayah jajahannya seputar asia aja kali yah sedangkan viking dieropa :D
tahun lalu
Jon #3
Melbourne
Mongol juga jajahannya sampai ke Eropa Timur lho
tahun lalu
uratmiring #26670
Where's D'Passion?
Wah jangan2 kaya yg difilm 300, si xerxes itu jgn2 dr mongol yah abs diceritain katanya xerxes penguasa dari asia *xixixi
tahun lalu
Mongol lebih pinter
Mreka jg ngandalin otak
Tembok China dibangun biar pasukan Mongol gamasuk ke China, tapi dengan mudahnya pasukan Mongol memanah penjaga tembok China dan akhirnya mereka dapat manjat dan pasukan China hampir kalah.. kalo Viking menang badan sama senjata :P
tahun lalu
minato151 #31671
Roboca poli
Yapz dek nath pandai juga yah,
Luluslah ujian :D

Btw nath.........
tahun lalu
uratmiring #26670
Where's D'Passion?
Oh kaya difilm mulan yah cara mongol naklukin tembok raksasa?
tahun lalu
saya tidak sepintar kaMina kok
:)

wah gapernah nonton filmnya
cuma punya DVD bajakannya aja >,<
Mulan yang di Disney itu ya kaMir?
tahun lalu
[closed] #unknown
Klo di age of empire tergantung mapnya, klo di daratan menang mongol, krn punya pasukan berkuda elit "mangkudai"...
tahun lalu
uratmiring #26670
Where's D'Passion?
Tapi kalo armada lautan lebih unggul viking yah?
tahun lalu
[closed] #unknown
Pasti sob...

☺Hë•⌣•hë•⌣•Hë•⌣•hë☺.
tahun lalu
uratmiring #26670
Where's D'Passion?
Okee bro ᵗʰᵃᶰᵏ ᵧₒᵤ ⌣̈ masukannya :-)
tahun lalu
Satriyani #37282
Setengah sadar
Coba kl mongol ke indonesia,, pasti lgsg kalah sama angling darma, mak lampir, brama kumbara, jaka sembung dan empu gandring.. :D
tahun lalu
[closed] #unknown
Mongol udah pernah ke jawa kok bro, dan mereka emang kalah telak... Raja jawa yg ngalahin mereka namanya kartanegara.
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Sejarah mongolia memang sangat menarik,apalagi gadisnya putih n cantik banget,hahhahah
tahun lalu
uratmiring #26670
Where's D'Passion?
Tape deh !!! ƪ(´˛`“)
tahun lalu
chyrus #37387
MountreuX
Gak kalah ko sob dgn indonesia..d indonesia banyak lo yg putih n cakep2..hehe :d
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Tapi kan lain lubuk lain ikannya sob........hahahah :))
tahun lalu
chyrus #37387
MountreuX
Hahaha....btw d tcv ini barangkali ada yg keturunan mongol sob..buruan gih hunting..hehehe
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Hahahah,ada tuh tapi cowok,yg sedang promosikan sejarah mongolia........hahahha
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
"Mongolia" Genghis Khan panglima perang ƴƍ paling di ingat. Salut, Indo bs mengalahkanNya.

*lirik poster, napa malas belajar sejarah ya?
tahun lalu
Satriyani #37282
Setengah sadar
Untung mongolia tidak jadi menyerang Indonesia..
Mungkin mereka takut ya, orang Indonesia jaman dulu sakti2.. :D
tahun lalu
[closed] #unknown
Mongol udah nyerang singosari (indonesia blm ada sob, bahkan nusantara aja blm ketulis.) Tp mrk selalu gagal.
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
Jon #3
Melbourne