24
vote
Gambar preview Hari Ini, Hari Bebas Asap Rokok Sedunia

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Hari Ini, Hari Bebas Asap Rokok Sedunia

Tanggal 31 Mei ditetapkan oleh WHO sebagai World No Tobacco Day, di Indonesia mungkin lebih dikenal sebagai Hari Bebas Asap Rokok. Gerakan ini dimulai WHO sejak tahun 1988, dan jangan dibelokkan bahwa kegiatan gerakan anti-rokok diterjemahkan sebagai anti-petani tembakau.

Gerakan anti-rokok tidak ditujukan untuk melarang orang merokok, jika hal itu dilakukan di tempat yang memang dikhususkan sebagai tempat untuk merokok. Siapa yang membelokkan gerakan anti-rokok sebagai gerakan anti-petani tembakau? Tentulah para produsen rokok.

Para petani tembakau tentunya tidak membaca sendiri undang-undang kesehatan, melainkan dibisiki bahwa undang-undang tersebut akan melarang orang menanam tembakau, karena tembakau dianggap sebagai zat adiktif yang menimbulkan kecanduan.

Kalau hanya kecanduan tanpa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mungkin tidak akan dipersoalkan dalam undang-undang kesehatan. Tapi karena unsur-unsur dalam tembakau dan rokok (termasuk asapnya) berbahaya bagi kesehatan, maka konsumsinya harus diatur. Undang-undang kesehatan, meskipun menyatakan tembakau sebagai zat adiktif, pasal-pasalnya hanyalah mengatur peredaran dan konsumsinya. Tidak menyatakan bahwa tembakau dilarang ditanam atau rokok dilarang dijual.



>>>>>
Hari Ini, Hari Bebas Asap Rokok Sedunia (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
bertahun-tahun yang lalu
di ,
63 komentar
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Berdasarkan situs Organisasi & Perpustakaan Indonesia ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai asap rokok, yaitu:

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia di mana 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Zat tersebut, antara lain tar, nikotin, karbon monoksida, dan lainnya

2. Asap rokok yang baru mati di asbak atau di tempat lain mengandung 3x lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50x mengandung bahan pengiritasi mata dan pernafasan. Semakin pendek rokok maka semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara

3. Sebagian perokok aktif biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok aktif juga ada yang dengan sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain sehingga mereka yang tidak merokok tetap akan merasakan dampak asap rokok beracun itu



>>>>>
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Ada cerita menarik dari Desa Cikidang, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, demi "menceraikan" warganya dari kebiasaan merokok. Melalui Peraturan Desa Nomor 10 Tahun 2009 tentang Ketentuan-Ketentuan yang Mengatur Ketertiban Desa, seluruh warga dilarang merokok di tempat umum dan mewajibkan tidak merokok hari Jumat. Bagi warga yang telah menjadi pecandu rokok telah disediakan tempat untuk merokok, yakni Poskamling.

"Jika ternyata ada warga yang merokok di luar tempat itu, kami telah menyiapkan sanksi bagi mereka, yakni membayar denda berupa telur sebanyak rokok yang dikonsumsi," kata Kepala Desa Cikidang, Dikrun, di Cikidang, Cilongok, Banyumas, Senin. Telur-telur itu selanjutnya diberikan kepada posyandu untuk dibagikan kepada anak balita di desa itu sebagai makanan tambahan. Sungguh sebuah kebijakan yang sangat solutif.

Banyak perokok aktif yang mengelak bahwa merokok itu nikmat dan tidak membahayakan kesehatan. Ini jelas sebuah penyataan keliru. Dan tidak sedikit dari mereka melanggar larangan merokok di tempat umum dengan alasan merokok itu adalah hak asasi perokok.

Memang benar jika merokok itu hak para perokok, tapi bukan hak asasi. Hak asasi adalah hak dasar tiap manusia yang didapat semenjak lahir. Menghirup udara bersih dan sehat baru bisa kita katakan sebagai hak asasi. Sedangkan hak untuk merokok tetap ada bagi para perokok dengan mengikuti aturan dan undang-undang yang berlaku (walaupun terdengar lucu ketika itu menjadi "hak untuk merusak kesehatan pribadi").

Tanpa bermaksud memicu pro dan kontra, hari ini saya mengajak siapapun yang membaca ini agar mau menyadari lagi bahaya tembakau dan untuk lebih meminimalisir dampak yang bisa dan mungkin ditimbulkannya setelah ini. Mari, singkirkan rokokmu hari ini :)
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Di Australia jumlah perokok sangat sedikit dibanding dengan Indonesia, karena:

* pemerintah terus2an mendidik rakyatnya lewat iklan2 anti rokok yang sangat mengena

* pemerintah menerapkan pajak rokok yang sangat tinggi

* yang tidak merokok yang jadi raja, yang merokok yg harus mengalah. banyak tempat yg bebas rokok, jadi yang ingin ngisep mesti pindah.
bertahun-tahun yang lalu
Jakarta
Kalau di Indonesia hampir tidak ada penyuluhan akan bahaya merokok dari pemerintah.yg lebih ironis lagi event2 olah raga bergengsi dalam negeri kebanyakan di sponsori oleh perusahaan rokok,pemerintah terkesan "tidak berdaya" atas intervensi industri rokok.
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Kayaknya bukan tidak berdaya, tetapi sengaja soalnya rokok itu sumber duit yang banyak. Buat pajaklah dan lain-lain.

Event sepakbola selalu ada iklan rokok jor-joran.
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Bener kata Om Jon, pemerintah memilih "bersahabat" sama produsen rokok karena sumbangsihnya yang sangat besar melalui pajak
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Di Indonesia peringatan tentang bahaya rokok cuma tercantum di tulisan dalam kotak kecil di bungkusnya, iklan dan reklame-reklame rokok di jalanan pun jumlahnya sangat tinggi.

Walau tergolong zat adiktif, tidak ada pembatasan usia dalam hal rokok ini. Bahkan balita bisa bebas membeli rokok di kios dekat rumahnya. Dan para perokok walaupun sudah dibuat aturan tentang larangan merokok di tempat umum, kebanyakan melanggar. Ini yang membuat rokok cepat sekali menyebar dan dianggap "sahabat" di negara ini
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
Senuju
╔═╦╦═╦═╗ ╔═╦╗╔═╦═╦═╗
║║║║╔╣║║ ║╚╣╚╬╝║╠╣║║
║║║║╚╣╔╣ ╠╗║║║║║║║╔╣
╚╩╩╩═╩═╝ ╚═╩╩╩═╩╝╚═╝  
Untung ane udah stop merokok
#buang puntung rokok
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
hydezu... awas ya kalo ngerokok lagi -.-"
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
HhĦ̀́̀́̀ǻ̀́:Dħ̀́̀́ǻ̀́=Dħ̀́̀́̀ǻ̀́.<=-Pħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́=))ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́.<3<3ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́.̀̀́̀̀́̀‎​‎​‎​‎​‎​Ħ̀́̀́̀ǻ̀́:Dħ̀́̀́ǻ̀́=Dħ̀́̀́̀ǻ̀́.<=-Pħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́=))ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́.<3<3ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́.̀̀́̀̀́̀‎​‎​‎​‎​‎​Ħ̀́̀́̀ǻ̀́:Dħ̀́̀́ǻ̀́=Dħ̀́̀́̀ǻ̀́.<=-Pħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́=))ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́.<3<3ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́ just kidding bu dok...
Apa seh yg ga buat sinu..
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Gombal :p
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Ciieee dr leeta perhatian sama hydezu :-p
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
Si om jon bisa aja
Ntar amplop nya ya om di blkg
.  :>>  
Ϛ  Siaaap laksanakan...!!!
 _||_
bertahun-tahun yang lalu
simury #11918
dipinggir bendera
*mungut puntungnya .lumayan masih panjang..#Eeh
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
┼┼A┼┼A┼┼A┼┼A┼┼A........
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Salut sama ente, bro :)
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
╔═.♥.══════════╗
  t h a n k  y o u
╚══════════.♥.═╝   masbro
bertahun-tahun yang lalu
abshyper #166
I'm still alive :)
Indonesia.. Bangsa yang besar dan perokoknya juga banyak. Pdhl gw paling ga suka cium bau rokok (-_-")
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Sama dng kita. Tapi cuma urusan rokok loh, ya. Kalo ganteng tetep ganteng aku
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
pengen sharing aja (seharusnya indonesia juga meniru ini)
Teman aku pernah bawa bungkus rokok dari malaysia. Di bubungkusannya ga hanya ada tulisan tentang bahaya merokok tapi juga ada gambar2 organ tubuh yg rusak karena pengaruh rokok.

Mungkin dengan begitu para perokok akan lebih jera lagi :)
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Dan lebih miris lagi. Di Indonesia para produsen rokok jadi sponsor penting penyelenggaraan event olahraga.
bertahun-tahun yang lalu
vinachrist #10820
Hakuna Matata..! ^_^
Makanya, gmn indonesia bisa bebas rokok yaa..? :(
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Pemerintah harus lebih tegas !!
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Sepertinya pemerintah belum siap untuk kehilangan konsumen rokok yang berarti kehilangan pajak besar juga. Padahal pajak yang didapat dari rokok gak sebanding sama besarnya pengeluaran biaya untuk dampak kesehatannya tiap tahunnya
bertahun-tahun yang lalu
heydhir #4243
Sentani, papua
Pemerintah bohong kalau biaya kesehatan akibat rokok lbh besar dibanding pajaknya... Negara kita aja yang rakus..
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Kalo ini, di negara-negara maju pun kejadiannya juga seperti itu dan menyebabkan pajak rokok sangat tinggi sehingga disebut "pajak dosa". Harga rokok di Amerika harganya bisa mencapai 10 kali lipat dari Indonesia untuk merk dan kuantitas yang sama
bertahun-tahun yang lalu
heydhir #4243
Sentani, papua
Bukan belum siap.. Tapi memang gag akan siap kehilangan pajak rokok... (Buat yg gag merokok pake masker ajha..)
bertahun-tahun yang lalu
Jakarta
Sekali-kali bikin dong bebas rokok selama setahun, pasti Jakarta jadi kota tersehat di dunia :D
bertahun-tahun yang lalu
kimora #9738
I believe I believe!
•(>̯-̮<) xixi....• sekaligus jadi kota tersepi, pada ngungsi semua :p
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Hahahaha :))
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Polusinya juga harus dikurangi biar jadi tersehat :)
bertahun-tahun yang lalu
kimora #9738
I believe I believe!
Emang serba salah, terus jadi perokok pasif gara2 orang2 disini main kebal kebul seenaknya di tempat2 umum
>.<"
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Bahkan di hari bebas asap rokok dan perda larangan yang sudah ditetapkan, ya. Miris sekali
bertahun-tahun yang lalu
evanss #2782
Jakarta
YESS!! Karena saya tidak merokok.
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
Samaa ane jg
"̮ћϱ..ћϱ "̮ћϱ..ћϱ ..
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Good evans :) salut
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
Gerry
bertahun-tahun yang lalu
evanss #2782
Jakarta
Ehh äϑα dokter, lamkenal dokter.
Makasih
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Salam kenal juga :)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Gak ngerokok = lebih ganteng 50%
bertahun-tahun yang lalu
vinachrist #10820
Hakuna Matata..! ^_^
Paling benci kl lg di bis ato lg ditempat keramaian menunggu org seenak nya aja buang asap rokoknya..!
Dibilangin malah galakan dia.. >,<
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Nah itu dia, emang ngerokok itu keren? Sangar? Hmph
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Yup benar bgt :)
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
Senuju
bertahun-tahun yang lalu
maman #13
MILANELLO
Kadang ada orang yg blg rokok dia beli sendiri dan kalo sakit jg dia berobat pake duit sendiri
Gk sadar kalo asepnya udah ngeracunin orang disekitarnya
stop merokok mulai skrg.
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Setuju :)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Faktanya negara tetap harus ngeluarin biaya besar untuk biaya kesehatan yang diakibatkan rokok. Bahkan  melebihi pendapatan dari pajak rokok itu sendiri
bertahun-tahun yang lalu
heydhir #4243
Sentani, papua
Biaya apa?? Mas bro. . . Yg dihabis negara buat rakyat kecil
bertahun-tahun yang lalu
heydhir #4243
Sentani, papua
Saya mau berhenti merokok saat negeri tercinta ini sudah menjadi negara yg bersih dari K.K.N dan sudah ada keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia... Hahahaha...
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Asal jangan dibalik aja jadi "berharap KKN tiada matinya agar saya bisa tetap merokok". Tidak ada larangan untuk merokok, cuma himbauan. Larangannya adalah untuk tidak merokok di tempat umum. Kan adil, heydhir pengen ngerokok, orang lain juga pengen hirup udara bersih
bertahun-tahun yang lalu
heydhir #4243
Sentani, papua
Iya. Gue tau itu...! Cuma rokok kan ada pajaknya... Menguntungkan buat negara bahkan kalian yg gag merokok... Pertanyaanx sekarang Kemana??? Smua pajak rokok dimakan sama Pejabat yah... Hahaha.. Parah
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Kalo anggapannya begitu kan gampang. Kalo gak mau duitnya gak dicolong ya jangan ngerokok, kan gak ada pajak rokok. Cuma gak ada yang berhak buat ngelarang orang ngerokok. Lagipula hari bebas asap rokok sedunia ini lebih ditekankan pada aspek kesehatan (ingat, perintisnya WHO) dan bukan kepada aspek ekonominya
bertahun-tahun yang lalu
heydhir #4243
Sentani, papua
Kasihan yah.. Buat kalian yang gag ngerokok harus ada solusi seperti pake masker.. Atau selalu berada diruangan ber AC.. Karena jumlah kalian kalah dari perokok aktif...!!! So nikmati hidupmu gan... Dunia ini kadang memang gag adil...
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Smokers say that smoking is their right. Non-smokers say clean air is their right. We can live without cigarettes, but can we live without clean air?
bertahun-tahun yang lalu
vrysf26 #6718
Ganti Kulit
Hari bebas rokok yah,,
Idanx mana,•»Clingak-clinguk«•
('-' ) (._. ) ( ._.) ( '-')
•»Clingak-clinguk«• ......
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Semoga dia gak ngerokok hari ini :)
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
Amin
#sambil megang korek api
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Salut and respect sama cowo yg tidak merokok :)
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
Waduh ane jadi malu...
#buang rokok bntr.. :D
bertahun-tahun yang lalu
simury #11918
dipinggir bendera
#buru2 pungut...
Lumayan buat tar abis makan..
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
(҂`_´)
 <,︻╦̵̵̿╤─ ҉     ~  •
    \ \    
   ,/﹋╯.   Jedeeerrrrrrrrrrrr  
bertahun-tahun yang lalu
dr.leeta #10405
Bandung
Hydezu.. Awas ya ngerokok lagi >.<
bertahun-tahun yang lalu
hydezu #9681
Paris Van Java
Udah ga dok..
Gak sebungkus
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
crockoaches #2093
Selimut Tetangga