19
vote
Gambar preview Ibu Menyusui, Baiknya Berpuasa Atau Tidak?

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Ibu Menyusui, Baiknya Berpuasa Atau Tidak?

Agama Islam memberikan pengecualian untuk wanita menyusui di bulan Ramadan. Mereka diperkenankan untuk tidak menjalankan ibadah puasa, namun tetap harus menggantinya melalui dua cara, yaitu mengganti dengan puasa di luar Ramadan atau membayar fidyah (barang penebus).

Dibolehkan tidak berpuasa bukan berarti dilarang berpuasa. Tentu saja banyak juga ibu menyusui yang memilih ikut menjalankan ibadah puasa selama Ramadan. Namun apa pengaruhnya dari segi kesehatan?

Ahli gizi Christine Natalie menyarankan sebaiknya tidak usah berpuasa jika ibu yang sedang menyusui itu memang merasa tidak sehat atau terganggu. Ini demi kebaikan ibu dan bayinya yang sedang disusui. “Tapi jika memang merasa sehat, silakan berpuasa,” tuturnya.

Menurut dia, hingga saat ini belum ada dampak negatif bagi seorang ibu yang menyusui saat menjalankan puasa. Tentu saja sepanjang hal itu dijalankan dalam kondisi tidak lemas dan asupan tetap terjaga. “Sebab saat berpuasa komposisi zat gizi pada ASI tidak akan berubah,” ujarnya.

Jika memang ibu yang sedang menyusui tetap ingin berpuasa di saat Ramadan, Christine menyarankan agar tetap makan tiga kali sehari. Yakni saat berbuka, selepas tarawih, dan sahur. Selain itu, pola gizinya harus seimbang, dengan tetap memperbanyak cairan yang masuk ke dalam tubuh. “Jangan lupa juga, istirahat harus mencukupi,” lanjutnya.

Dia juga mengungkapkan bahwa untuk menambah protein, sebaiknya saat makan ditambah dengan suplemen berupa jus buah, susu, atau madu.

Di tempat terpisah, Abas Jauhari, dosen di Universitas Islam Negeri menjelaskan, kondisi kesehatan atau alasan medis bisa dijadikan illat (motif penetapan hukum) diperbolehkannya ibu yang menyusui untuk tidak berpuasa. “Jadi agama memang memperkenankan,” katanya.

bertahun-tahun yang lalu
di ,
27 komentar
Dinda.Kamil #13911
Padang
Karena itu, kata dia, penilaian kedokteran atau medis dalam hal puasanya ibu menyusui menjadi sangat penting. Jika memang mengganggu atau bisa mendatangkan dampak buruk terhadap kesehatannya maupun kesehatan bayinya, bisa jadi dasar tidak berpuasa.

Kendati demikian, sesuai ajaran agama, puasanya harus diganti di luar bulan Ramadan, seperti dilakukan oleh orang yang tidak mampu menjalankan puasa akibat larangan lain.
Bisa juga, lanjut Abas yang juga bekerja di Departemen Agama itu, diganti dengan membayar fidyah. “Yakni memberi makan fakir miskin sebagai pengganti tidak berpuasa,” katanya.
Ketentuan minimumnya adalah dengan menghitung jumlah puasa yang ditinggalkan. Jika satu hari, maka penebusnya diberikan kepada satu fakir miskin. Begitu seterusnya.

Sedangkan seberapa besar yang harus diberikan, katanya, soal fikih seperti ini banyak perbedaan pendapat. “Bisa juga ukurannya sesuai dengan kebiasaan atau selayaknya yang kita makan. Jangan dikurangi,” ungkapnya.

Abas menjelaskan, cara membayar fidyah ini bisa dilakukan setiap hari selama bulan Ramadan selepas waktu berbuka, bisa juga dikumpulkan di satu hari usai Ramadan. Agama juga memperkenankan memberikan makanan yang belum dimasak, misalnya berupa beras serta lauk-pauknya.

Namun Abas juga mengingatkan bahwa membayar fidyah  tidak bisa digantikan dengan uang dalam jumlah tertentu. Jadi bentuknya adalah kebutuhan pokok. “Seandainya mau mengganti dengan puasa sebanyak yang ditinggalkan, itu lebih baik,” katanya.
bertahun-tahun yang lalu
Herry.Jadul #14885
⇆ Nyangkruk
Islam mempunyai karakter sebagai agama yang penuh kemudahan seperti telah ditegaskan langsung oleh Allah Swt. dalam firmanNya:
ﻭﻣﺎﺟﻌﻞ ﻋﻠﻴﻜﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﺣﺮﺝ
           “…dan Dia tidak menjadikan kesukaran dalam agama atas diri kalian.”

Sementara dalam sebuah haditsnya, Nabi Saw.
pun bersabda:
ﺇﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻟﻢ ﻳﺒﻌﺜﻨﻲ ﻣﻌﻨﺘﺎ ﻭﻻﻣﺘﻌﻨﺘﺎ ﻭﻟﻜﻦ ﺑﻌﺜﻨﻲ ﻣﻌﻠﻤﺎ
ﻣﻴﺴﺮﺍ
“Sesungguhnya Allah Swt. tidak mengutusku untuk mempersulit atau memperberat, melainkan sebagai seorang pengajar yang
memudahkan.” (HR. Muslim, dari ‘Aisyah ra.)


Subhanallah
bertahun-tahun yang lalu
kekeatthaariq #10560
Kalo bayi dibawah 6 bulan, maka akan lebih baik apabila ibu yg ASI berpuasa, namun apabila diatas 6 bulan, maka si Ibu sudah boleh berpuasa :)
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
I'm B(l)ack!
Mengganti atau membeyar fidyah.
Berarti kalo tak sanggup berpuasa dipersilahkan menggantinya di bulan lain atau dgn membayar fidyah. Bukannya gini y, membayar fidyah semampu kita tapi dibulan lain puasanya tetap dibayar. Mohon petunjuknya supaya gw g salah persepsi. :)
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Ada 2 pendapat budi.. Ada yg hanya dengan membayar fidyah saja. Ada juga yg membayar fidyah dan jg mengqada puasanya..
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
I'm B(l)ack!
Gw taunya yg kedua,.
Btw, semoga tante icha diberi kekuatan, kenzie diberi kesehatan dan om nand diberi kebahagian selalu., :)
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Sama gue juga taunya yg kedua..
Taun kmren full ga puasa krn lg hamil.. Br byar fidyah-nya..
Taun ini byk ga puasanya jg.. >.< Makin byk dah utang puasanya..
Amiiiin buat doanya.. Makasih :)
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
I'm B(l)ack!
Ooo, dibedain menurut keyakinan y.
Oke deh,. Yg pertama gw baru baca dipost dinda. :)

Met buka puasa, disini lama bukanya.,>.<
bertahun-tahun yang lalu
nyttazaa #17620
Luv u ozilQu
Gw jg msh menyusui nie, thn lalu sama skali ga puasa krn anak gw msh 6 bln n baru byr fidyah, ramadhan ini  puasa, coz ada yg blg selain byr fidyah tetap hrs ganti puasa, tp asi emang berkurang coz gw ga biasa makan n minum bnyk klo mlm,, mana anak gw kuat bgt minum asi,, tp klo  ga puasa berat gantix, thn lalu jg gw blm ganti.

Jd yg bener gimana ya, ada 2 versi jd bingung...

bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
I'm B(l)ack!
Takut salah.
Tapi ternyata 2-2nya ada dalil alquran dan hadisnya, ada perbedaan pendapat di bagian akhir yaitu boleh tak puasa dan hanya membayar fidyah aja atau boleh tak puasa tapi membayar fidyah dan diganti puasanya.

Gw sih punya keyakinan yg ke-2. Ini masalah keyakinan aja, tak perlu diperdebatkan. Kalo mau pilih 1, silahkan. Kalo pilih yg 2 akan lebih baik lagi bukan.
Silahkan pilih sendiri menurut keyakinanmu.
G bisa bantu banyak, krn di internet pun banyak pendapatnya. Gw pusing baca tafsirannya. Banyak banget.,>.<
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Ooohhh...gitu ​Ƴ∂∂ , ok thanks infonya :-)
bertahun-tahun yang lalu
jordanmaulina #18951
Soba ni iru yo...
Ga usah puasa lah bwat yg menyusui, kasian bayinya kurang nutrisi
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Nooo.. Kualitas ASI tdk berkurang sama sekali krna puasa.. :) jadi bayi ga akan kekurangan nutrisi..
bertahun-tahun yang lalu
jordanmaulina #18951
Soba ni iru yo...
Bukannya nutrisi itu terkandung dr makanan yang dmakan ibunya, trus diserap oleh ASI, misalnya aja kalo bayi sakit pilek, biasanya yang disuruh minum obat ibunya, supaya kandungan obatnya diserap melalui ASI :)
bertahun-tahun yang lalu
Herry.Jadul #14885
⇆ Nyangkruk
Haaaaah !!!
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
I'm B(l)ack!
Keknya nutrisinya g berkurang, tapi banyaknya asi yg berkurang. Menurut gw.

Ini yg pernah gw baca, kalo nutrisi yg dihasilakan makanan akan diolah dalam tubuh dan bertahan dalam waktu yg lama. Krn itulah kalo nutrisi blom habis tapi udah dimasukkan lagi, akan menjadi timbunan lemak. Toh kita masih makan saat malam hari. Kalo jumlah asinya mungkin aja berkurang atau paling tidak mengurangi cadangan asi dalam tubuh si ibu disaat berpuasa. Menurut gw gitu. :)
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Kayaknya om budi udh ngerti banget mslh ASI ^_^
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
I'm B(l)ack!
Keknya sindiran nih om anang.,>.<
Btw, rasanya gimana om? #upss :p
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Waaaakwkwkwkwkwkwkkkk...
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Aduuh bayi pilek trus ibunya yg minum obat itu ga ngaruh loh. Bisa2 busui minum obat yg tdk dianjurkan untuk busui trus jd ngaruh yg ngga2 buat bayinya.
Dokter blg, kualitas asi ga berkurang kalo ibu berpuasa.
Coba ajah tanya ke @ID_AyahAS, @drtiwi , dan @drOei di twitter.. Tanya, apa kualitas ASI akan berkurang jika busui berpuasa.
Kalau saya sih mikirnya gini: ASI itu ciptaan ‎​​اَللّه yg terbaik untuk bayi. Masa iya saat kita beribadah, ASI kualitasnya jd jelek?
so, positive thinking ajah kalau ASI tetep banyak dan kualitas selalu bagus. :)

Saya prnah baca twit @ID_AyahASI gini: mau si ibunya makan yg kurang berkualitas pun, ASI tetap berkualitas. Gak ada ASI yg jelek.
Sedih loh klo ada org lain apalagi kluarga yg blang "asinya kurang bagus tuh", "asi nya jelek".
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
I'm B(l)ack!
Tante icha sabar y.,,
:)
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Hahahaha.. Ga knapa2 kok bud, guenya.. :D
Cuma mau meyakinkan org2 ajah bahwa gada asi yg ga berkualitas, atau asi jelek.
Pengalaman pribadi soalnya dibilang ky gitu krna kenzie prnah sakit kuning dan hrus dibantu susu formula.
Omongan org2 itu bkin asi gue seret.. Knapa? Klo kita stress, asi dijamim seret..
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
I'm B(l)ack!
Gw pernah baca sih, kalo nutris dalam tubuh akan terus diproses selama 12 jam lebih. Kita puasa 14 jam, jadi masih banyak nutrisi dan gizi dalam asi, keknya gitu., :)
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Saya sedang menyusui.. Saya coba berpuasa.. Memang rasa lapar dan haus lebih terasa.. Jika memang kuat, diperbolehkan puasa. Jika tidak ya jgn dipaksakan.
Banyak kok busui yang puasanya full slama 30hari dan anaknya ga ada masalah apa2..
Kualitas ASI tidak menurun ketika si ibu berpuasa..
Memang benar, busui dianjurkan makan 3x ketika puasa, saat sahur, saat berbuka, dan saat menjelang tidur. Selain itu harus extra banyak minumnya..
bertahun-tahun yang lalu
Herry.Jadul #14885
⇆ Nyangkruk
Se7 Bu
bertahun-tahun yang lalu
pajrei #10036
<«Pasti kenal
Cukup menambah wawasan ,, vote up !!
bertahun-tahun yang lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah
Puasa boleh asalkan momongan tetap dpt asupan ASI dgn teratur
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
Dinda.Kamil #13911
Padang