19
vote
Gambar preview Ini Jalur Kereta Api Tertinggi di Dunia

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Ini Jalur Kereta Api Tertinggi di Dunia


Mencapai 4,5 kilometer di atas permukaan laut. Di manakah?

Foto 1 :Lintasan kereta api di Tibet

Foto 2 :Salah satu lintasan kereta di atas danau, Tibet. (railway-technology.com)

China memang punya ambisi besar dalam pembangunan dan teknologi. Negeri Tirai Bambu itu sukses memiliki jalur kereta api tertinggi di dunia, yang melintas di dataran tinggi dunia, Tibet.

Jalur kereta api itu melintas di atas ketinggian 4.500 meter di atas permukaan laut dan membentang sejauh 1.956 km, menghubungkan wilayah Xining, ibukota Provinsi Qinghai, China ke Lhasa, Tibet.

Dilansir Railway-Technology, 24 Juli 2013, jalur kereta api itu merupakan mimpi lama China untuk menghubungkan pusat negeri itu ke Tibet. Sebagaimana diketahui, Tibet merupakan wilayah otonom khusus China yang merupakan bagian dari Republik China.

Jalur itu menoreh rekor yang mengesankan. Pasalnya, tidak mudah membangun lintasan pada kondisi alam yang paling keras di dunia ini, melewati wilayah beku sepanjang 550 meter, juga melewati terowongan pada wilayah tertinggi dunia, Fenghuoshan, di ketinggian 4.905 meter.

Tak hanya itu, lintasan juga termasuk terowongan dataran tinggi terpanjang, Kunlun Mountain, pada ketinggian 1.686 meter. Hebatnya, kedua terowongan itu dibangun di atas wilayah beku.

Proses pembangunan

Proyek ini diawali pada 1950-an. Namun, saat itu insinyur dan periset yang dikirim untuk mendalami potensi baik dari sisi keuangan maupun teknologi angkat tangan untuk mewujudkan misi itu.

Pada tahun 1980-an, misi awal mulai diwujudkan. Pada tahap ini dibangun jalur sepanjang 815 km mulai dari Xining ke Golmud, selesai pada tahun 1984.

Kemudian tahap jalur setengahnya dengan panjang 1.142 km yang menghubungkan Golmud ke Lhasa resmi difungsikan pada 1 Juli 2006, menghabiskan dana US$3,5 miliar setara Rp35,35 triliun.

Jalur ini melewati wilayah permafrost permanen. Permafrost merupakan tanah yang berada pada titik beku alias 0 derajat Celcius.

Bersambung kekomentar..
Ini Jalur Kereta Api Tertinggi di Dunia (Gambar 1) Ini Jalur Kereta Api Tertinggi di Dunia (Gambar 2)
Klik gambar untuk perbesar
8 bulan yang lalu
di
49 komentar
coolman #32289
Who am I
Pada musim dingin, suhu mencapai -35 derajat Celcius sedangkan pada musim panas hanya mencapai 30 derajar Celcius, masih lebih dingin dari Jakarta di waktu terik.

Melihat kondisi sulit itu, para insinyur menyiasatinya dengan membangun jalur tinggi dan causeway—jalur kereta di atas rawa/danau—untuk daerah-daerah yang sulit tersebut.

Sedangkan pada daerah lain, insinyur mengalirkan nitrogen cair di bantalan rel melalui pipa. Tujuannya, agar menjaga tanah tetap beku.

Nah, bukan itu saja. Penumpang yang akan naik kereta ini juga harus memenuhi syarat multak, benar-benar dalam kondisi yang sehat.

Sebelum naik, penumpang diharuskan mengisi kartu registrasi kesehatan dan mendatangani ketentuan perjalanan pada ketinggian.

Di dalam kereta, terdapat jendela yang menyaring sinar ultraviolet dan suplai oksigen tambahan bagi penumpang.

Sampai sejauh ini catatan menunjukkan, penumpang yang tewas selama naik kereta ini hanya dua orang, itupun pria manula dan wanita yang melahirkan di WC kereta, di samping 40 pekerja proyek meninggal.

Pembangunan kereta ini meningkatkan perekonomian wilayah barat China yang selama ini pembangunannya tertinggal jauh dari wilayah timur negeri komunis itu. Jalur itu telah menekan biaya transportasi, meningkatkan pergerakan barang serta kunjungan wisatawan.

Kereta api menggunakan seri GE Transportasion NJ2 dan lokomotif Qishuyang DF8CJ 9000. Kereta itu mampu menampung 361 gerbong penumpang khusus untuk kereta ketinggian, dengan rincian 308 gerbong standar dan 53 gerbong khusus turis.

China tak berhenti pada titik ini. Ke depan, RRC menyiapkan perluasan jaringan jalur kereta baik di dalam maupun di luar Tibet, sampai ke Nepal, negeri tetangga China. (sj)

Sumber:
http://us.m.news.viva.co.id/news/read/431497-ini-jalur-kereta-api-tertinggi-di-dunia

8 bulan yang lalu
My pin 22EE2DF3
Ga kebayang klo ada yg naek diatap,pasti jd batu es wkwkkw
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Uda pasti arief.....:D
8 bulan yang lalu
elysitha #47336
~(o˘з˘) suil" ♪♬♪♬♪
Benar2 luar biasa waktu bangun proyeknya ......
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Iya ely,bener2 gak gampang membangun proyek jalur kereta api didaerah gunung.....:))
8 bulan yang lalu
bayudiaz #44894
Depok
Indonesia mudh2n scepatnya bsa membangun itu,
Wlwpun cm mmpi...
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Amin.......:))
8 bulan yang lalu
daud99 #48663
pomalaa
china memang hebat...
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Iya daud.......:))
8 bulan yang lalu
rhiqMOVIC #49444
Samarinda
Woooooooowwwwwwwww....
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Wow juga......:D
8 bulan yang lalu
hannon #43524
Bogor Rain city
Woow. membentang sejauh 1.956 km,
Kra" klo dari bogor ke mana y? :)
╔╗╔╦══╦╗╔╦══╦╗╔╦══╗
║╚╝‎​║╔╗║╚╝‎​║╔╗║╚╝‎​║╔╗║
║╔╗║╔╗║╔╗║╔╗║╔╗║╔╗║
╚╝‎​╚╩╝‎​╚╩╝‎​╚╩╝‎​╚╩╝‎​╚╩╝‎​╚╝
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Saya gak tahu han.....:)
8 bulan yang lalu
hannon #43524
Bogor Rain city
┑(⌣˛ ⌣)┍  tak apa lh.
8 bulan yang lalu
My pin 22EE2DF3
Bogor ke medan wkwkwkwk
8 bulan yang lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Emejing (^-^)9
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Hahahha,bahasa apa tuh jih......:)
8 bulan yang lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Bahasa suku tikus got om :))
8 bulan yang lalu
hannon #43524
Bogor Rain city
┑(⌣˛ ⌣)┍ aahh ad" ajja..
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Hahahhaha
8 bulan yang lalu
edy789 #43824
Vampire Ultra
/:)★☆•*˚*•węēώ...••*˚*•☆★
Fantastic
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Iya edy......:)
8 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Dr jauh keliatan kek ular om saking panjang ny >.<
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Udara sana bagus loh cin.....:))
8 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Bagus dunk buat honeymoon
~(O˘з˘) siul...siul.... ♪♬♪♬♪
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Hahahaha,jadi cintah kapan honey moon.....:)
8 bulan yang lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Hanimun apaan seh?
8 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Kpn2 om >.<

Nih anak kecil mo tau aje
(ˇ▽ˇ)-c<ˇ_ˇ)
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
jalur kereta apinya panjang man sampai lanjut ke koment.. :)
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Hahaha,iya jun,sampai kekomen.......hahahaha
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
iya man tumben jalur keretanya panjang.. hahahha :))
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Jgn2 panjangnya sampe dirumahmu jun....hahahhaa
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
hahahha.. bisa aja coolman.. jalurnya sampe ke medan man.. hahahha
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
nih kereta api ajaib jun.....hahahaha
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
benarbenar ajaib man.. pemberhentian kereta terakhir tepat di depan rumahmu man.. hahahha..
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Hahaha,sayangnya gak ada sampe didepan rumah saya,jun....hahaha,biar hemat ongkos ke stasiun kereta api.:D
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
hemat ya man.. haahhhaa..
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Ya iyalah jun,buka pintu langsung naik kereta api....hahhaha
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
tapi apa gk berisik tuh man.. hahahhaa
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Dinding rumah dipasang peredam suara jun.......hahaha
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
hahahha.. tapi gimana dengan banyaknya orang didepan rumahmu man.. hahahhaa
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Bagi yang mau lewat mesti bayar biaya numpang lewat jun......hahahaha
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
hahahhhaa.. benarbenar cerdas.. hahahhhaa
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Zaman sekarang gak ada yg gratis jun.......hahahahaha
8 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
betul itu man. hahahhha..
8 bulan yang lalu
jeje93 #49223
Subang
Vu
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Tks je....:)
8 bulan yang lalu
PutriV #39468
Palembang
<('▿^)♉  nice Inpo
8 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Tks putri salju....:)
8 bulan yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
coolman #32289
Who am I