23
vote
Gambar preview jika orangtua harus tinggal serumah

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

jika orangtua harus tinggal serumah


ada artikel menarik di Kompas ttg orang tua tinggal serumah dengan anaknya yg sudah dewasa/menikah.

----------

Bedanya orang Indonesia dan mereka yang berbudaya Barat, di sini seorang anak akan disebut sebagai anak berbakti jika mengajak orangtuanya tinggal bersama.
Berbeda dengan budaya Barat. Mereka menganggap sebagai hal yang "tabu" jika mengajak orangtua tinggal bersama mereka.
Bahkan di Indonesia yang namanya anak tidak akan terburu-buru untuk meninggalkan orangtua. Orang Barat justru akan melakukannya pada kesempatan pertama.


Sebenarnya kedua paham itu tidak ada yang salah. Semuanya benar, bergantung pada kebutuhan. Pada suatu tahap kehidupan orangtua, apalagi jika sudah ditinggalkan oleh pasangan hidup, akan giliran dirawat anaknya.
Karena anak sudah memiliki keluarga sendiri (ada suami/istri dan anak-anak), keberadaan orangtua akan sedikit banyak memengaruhi kehidupan kedua belah pihak.

Walau sudah tinggal bersama anaknya, jangan sampai orangtua hanya "menganggur". Banyak kegiatan yang dapat mereka lakukan, misalnya ikut pengajian di kompleks rumah atau kegiatan lainnya.

Tentu saja, semuanya akan berbeda jika orangtua menderita suatu penyakit. Entah itu stroke, diabetes, atau penyakit karena mereka sudah berusia lanjut.
Pastikan pula orangtua aman di rumah. Jangan sampai terjadi kecelakaan di dalam rumah. Misalnya, memastikan lantai kamar mandi tidak licin. Plus, Anda juga harus paham kebutuhan mereka sebagai penderita suatu penyakit.

Jika orangtua masih sehat walafiat, mereka juga harus mematuhi peraturan yang ada di rumah. Tentunya peraturan tersebut yang juga diberlakukan untuk anak-anak Anda. Semuanya dilakukan untuk menghindari konflik.

Kalau semuanya bisa berlangsung lancar, suami/istri akur dengan orangtua Anda, anak-anak juga demikian, Anda bisa mendapatkan tambahan "tenaga" untuk menjaga anak-anak Anda di rumah.

----------

kalo ada yg ingin share pendapatnya, silakan :)
jika orangtua harus tinggal serumah (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
bertahun-tahun yang lalu
di
73 komentar
cuit-tea #17
nowhere
kenapa tabu??
pdahl kan emang udah selayaknya ank2 itu membalas jasa orang tua dengan mengajak tinggal bersama =0 =0
kalo di barat itu kbanyakan orang yang udah tua itu malah di masukin panti jompo kan ='(
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
gak ngerti juga cu dengan jalan pikiran bule. mungkin itu pengaruh cara hidup mandiri yg ditanamkan sejak kecil. anak2 juga pindah dari rumah orang tuanya dari umur belasan tahun, membangun kehidupan pribadinya sendiri. semua serba mandiri. jadi mereka juga gak terlalu mikirin gimana hidup orangtuanya di saat tua.

* asumsi gw aja lho
bertahun-tahun yang lalu
cuit-tea #17
nowhere
ngga trlalu mikirin???
waah.. kejaamm.. kalo mreka mencoba hidup mandiri trus stelah sukses hrs-nya tetep inget sama orang tua lah =)

bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Setuju juga sama cuit, justru kita yg biasanya dirawat, gantian kita yg merawat.
Mgk dianggap 'ih udah besar msh tinggal sama ortu' krn bisa aja si anak ini yg nebeng ortunya, jd dianggap ga mandiri.
Tp kalo posisinya si anak ini yg ngurus semua, yah berarti dia lbh mandiri dong krn bs ngurus dirinya, keluarganya, serta org tuanya :)

Jgn sampe deh masukin ortu ke panti jompo, kasiaaaannn >__<
Tp kalo msl si ortu juga di rumah, hrs bener2 diperlakukan baik.
Kan kalo udah tua memang tingkahnya balik kayak anak kecil lagi, hrs dimaklumi, bukannya dibikin ga enak :D
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
setuju banget deh sama fla, anak yg baik nih :D
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Demon jga hrs nurut sama majikannya yaaa, biar jadi doggy yg baik :p xixixi
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
O_o

:p
bertahun-tahun yang lalu
gunawan #979
SMG 12/10/13
di Barat kalo udah lulus SMA masih tinggal sama orangtua dianggap memalukan
bertahun-tahun yang lalu
cuit-tea #17
nowhere
yup krna dianggap belum mandiri..masih numpang hidup sama ortu..
kalo kemudian kerja..punya penghasilan sndiri..sukses..berkeluarga..
ngga ada salah-nya kembali ngajak tinggal bersama ortu =)
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
apa ya yang mendasari kebiasaan ini? (keluar dari rumah orangtua sejak muda)
apa karena orangtua emang mengajarkan anaknya agar mandiri sedini mungkin?
bertahun-tahun yang lalu
afandi #2494
Jurig art-cult-trav
Kakek gw bikin kebun. Dari tanah tandus depan rumah
bertahun-tahun yang lalu
kebunnya buat apa nih

salken afandi
:D
bertahun-tahun yang lalu
naemhyzha #1024
di <3 panda jantan
Truz kmu tnggal ma kakek'. Mu?o_O
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
beruntung nih rumahnya punya halaman luas. salam kenal afandi :)
bertahun-tahun yang lalu
afandi #2494
Jurig art-cult-trav
Salam kenal kembali.
Ana, demdem, mhy.
Kebun na kecil, kakek tinggal ma ortu.
Pas pindah rumah, dpn rmh tu cuman penuh kerikil.
Di sulap jd kebun, skrf malah pny ayam 5.
Salut dah.
bertahun-tahun yang lalu
art7x. #2022
Surabaya
Belum ngerasain sih, jd belum paham betul nuh :D
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
kalo udah ngerasain moga2 pilihannya yg terbaik deh :)
bertahun-tahun yang lalu
naemhyzha #1024
di <3 panda jantan
Kita sbg anak mesti brikan bakti kta pd ortu.. Kalo udah tua,rentah, n btuh support anak agar sang ibu bsa terus bersma kta d dunia...

Kbtlan tnggal punya ibu n sbgai anak kt harus blaz wkt bxk yg tlah d brikan oleh ibu trus kalo udah nikah z rasa tak apa kalo ortu ikt ma kita bukanx itu akan lebh baik untk tau tntng ksehatn n kondsi ortu kita dgn tnggal bersama .. (⌣.̮⌣✽)  
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
setuju naem :)
bertahun-tahun yang lalu
naemhyzha #1024
di <3 panda jantan
:)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Sebenernya bkn cuma di Indonesia. Korea, Jepang, China juga sama. Walaupun sedikit demi sedikit budaya itu mulai terkikis
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
di kebudayaan timur hubungan antar keluarga masih lebih erat ya :)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
iya, makanya kalo ada family man di barat itu jadi sesuatu yg luar biasa
bertahun-tahun yang lalu
Mmmm yummy....
Hidup jauh dari ortu blm pnh aq. Paling2 ninggalin ortu cm buat pergi liburan aj utk bbrp hr gt xixixi.......
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
hehe... itung2 cerita ini buat bahan pertimbangan finie nanti :)
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Kadang juga kita temui orangtua yg bersikeras tdk ingin mengganggu kehidupan rmh tangga anaknya dan tetap ingin tinggal dirmhnya sendiri, meskipun si anak sdh memintanya..
bertahun-tahun yang lalu
cuit-tea #17
nowhere
ngalamin yah med?
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Belum :)
bertahun-tahun yang lalu
cuit-tea #17
nowhere
jgn sampe lah =)
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
jangaaannn ateuhhh...ikut kami ajaaahhh :)
bertahun-tahun yang lalu
antikeh #1578
Light will guide u
Bener med kayak nenek gw..semua anaknya nawarin tapi ga mau ninggalin rumah sendiri..banyak kenangan mungkin..sulit ditinggalin.
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
iya Med ada juga tipe orangtua seperti ini. mungkin perlu ada post yg melihat dari sisi orangtua ya. Mede mau bikin postnya? :D
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Belum dem, dibahas disini sekalian bisa kayanya :)
bertahun-tahun yang lalu
antikeh #1578
Light will guide u
Hmmmmm
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
jadi gimana tik?
bertahun-tahun yang lalu
antikeh #1578
Light will guide u
Asal orangtua nd mertua gw senang ajalah..mau ikut gw hayu mau ga juga gpp.
bertahun-tahun yang lalu
hmmm menarik nih.. :)

Semenjak menikah gw dan istri ngga tinggal bareng orang tua walau lokasi rumah ngga jauh dari rumah orang tua juga..

Kalo melihat pengalaman orang yang sudah berumah tangga tapi masih tinggal dirumah orang tua kayaknya malah bisa timbul banyaka konflik kalau misalkan belom ada kesepakatan antara suami istri dan butuh toleransi yang cukup tinggi..

Karena misalkan kita tinggal dengan orang tua istri, nah sebagai suami kan belom tentu terbiasa dengan kebiasan sang mertua. dan mungkin juga sang mertua yang tidak terbiasa dengan kebiasaan sang menantu..

begitu juga sebaliknya, jika orang tua suami yang tinggal bareng..

tapi kalau kondisinya memang harus tinggal bareng yah harus bisa menyesuaikan diri dan bertoleransi juga.. :-)

yang jelas jangan sampai lupa dan tidak membalas jasa orang tua kita, baik itu orang tua sendiri ataupun mertua.. :-)
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
faktor mertua-menantu ya nand, bener juga sih ada mertua dan menantu yg nggak akur...
bertahun-tahun yang lalu
pasti ada yang ga cocok-nya soalnya.. :p
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Iyah kok kita tinggal dirumah sendiri dan ga jauh sama org tua tinggalnya..
Yg 1 jaraknya cuma kehalang 1 rumah, yg 1 lagi cuma beda RW.. Hihihihi..
bertahun-tahun yang lalu
deket banget yah.. :p
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
ini berdua kompakan bgt ya :p
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Asyik yahhh, tdk serumah tp msh saling berdekatan. Klo cucunya sdh lahir rame ntar tuhhh, kakek nenek pd rebutan hehhe...
bertahun-tahun yang lalu
iyah bakal rame banget... :D
bertahun-tahun yang lalu
Selama akur antara menantu dan mertua sih gak apa apa, kalo gak akur, tidur aja kagak bisa.. hahaha.
banyak juga menantu perempuan yang gak cocok dengan mertuanya yang perempuan karena orang tua tau sendirilah pandangannya, sedangkan menantu sudah modernisasi, perbedaan pendapat pun sering terjadi, dalam hal apapun, bahkan dalam mengurusi suaminya sekalipun. Mertua lah yang anggapan paling tahu anaknya, sedangkan si istri khan baru kenal anaknya setelah dewasa. si menantu yang baik sih paling bersabar dan memaklumi tanpa harus mengadu ke suami ada pula yang sebaliknya seperti kayak di sinetron- sinetron televisi. hahaha.
kalo mau lebih dramatis lagi, banyak juga lho perselingkuhan yang melibatkan menantu dan mertua, hahahaha..
tapi lepas dari itu semua orang tua sangat penuh arti, tiada ternilai dengan suatu apapun.. orang tua gak dijual di toko- toko, orang tua gak ada bekasnya (mantan), bekas(mantan) suami masih ada, bekas (mantan)istri masih ada, tapi tidak ada bekas orang tua.
ridhonya (restu) orang tua juga ridhonya ilahi lho..
tapi percayalah berkah banget lho kalo baik sama orang tua..

bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
"banyak juga lho perselingkuhan yang melibatkan menantu dan mertua, hahahaha.."

untung aja cuma kejadian di sinetron :p
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
ridhonya (restu) orang tua juga ridhonya ilahi lho..
tapi percayalah berkah banget lho kalo baik sama orang tua..

Like this..sekuat apapun kita berusaha bekerja mencari rejeki kalo tanpa doa dan ridho ortu ga bakal bisa sukses. Apalagi kalo kita sampe durhaka..naudzubillah minzalik
bertahun-tahun yang lalu
Vote up buat post ini!! thx number TEN, menarik sekali...
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
thanks seven-two-six :)
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Gue dan suami setelah nikah 3hari langsung pindah ke rumah sendiri.. Knapa? Krna prinsip gue, kita harus mandiri.. Jangan bergantung lg sama orang tua.. Yang namanya udah nikah harus bisa hidup sendiri.. Malu rasanya kalo masih numpang di rumah orang tua..

Tp bkan berarti gue ga ngijinin org tua sendiri atau mertua untuk tinggal di rumah gue.. Kalo memang keadaannya bkin mereka harus tinggal sama gue, ya kenapa ngga.. Mereka kan org yg udah bisa bikin kita jadi seperti ini.. Jd kita harus melakukan yg terbaik yg kita bisa  :)

ada enak dan ngga nya kalo kita tinggal sm org tua..
Enaknya: kita bs ttp ketemu org tua, berbagi kebahagiaan sama mereka..
Ga enaknya: sedikit ruang privasi yg kita punya. Nanti kalo ada masalah sm suami, org tua bisa tau. :D

Jadi, kalo orang tua yg ikut tinggal sama gue, gue ga akan menolak mereka..
Tapi gue sebisa mungkin untuk ga numpang tinggal sama org tua atau mertua..
Mending ngontrak di rumah yg sederhana drpd nyusahin mereka :)
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
gw lagi bandingin komentar icha sama nandrito, ternyata gak bertolak belakang haha :p

nice share dari pasangan suami istri harmonis ini :p
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Jiaaaah.. Sampe dibandingin komennya :))
Soalnya dr sebelum nikah, udah diskusiin masalah kya gini :D salah satu hal penting ;)
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Nandar..ichantik dijaga yg bener yaaa. Mbahrese msh berkeliaran :D
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Oishine Cafe
ane udah ridho kalo icha sama nangdra.... ane yg g ridho kalo sinu, bekantan buluk sama cinta aulia :P
bertahun-tahun yang lalu
hahahaha...
bertahun-tahun yang lalu
ichantiks #52
Kenzie
Jiiih.. Cuma "hahahaha" doang (¯―¯٥)

Alhamdulillah si mbah udah ridho :p
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Oishine Cafe
mbah doa in semoga jadi keluarga sakinah ... :)
bertahun-tahun yang lalu
makasih mbah.. :-)
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Gw ga perlu ridho lu, mbah.. Tetap lanjut sama cinta aulia :D
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
wkwkwkkwkw
bertahun-tahun yang lalu
CLA10 #21
setuju sm ichantiks.. :)
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
Jd inget umi :'(

Pengennya c klo udah punya suami tinggal drumah sendiri even ngontrak sekalipun....berhubung gue skrg cuma punya umi seorang saya gak mau ninggalin dia sendiri...even ada kakak yg deket pula....mdh2an suami saya kelak mengerti


*curcol sakeudik akh :D
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
"mdh2an suami saya kelak mengerti "

dari sekarang uda boleh diomongin mpit :)
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
bang mede dah keburu gugat cerai saya dem :D
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Oishine Cafe
masih ada drem2 yg ikljas menerimma mu mpirt :D
bertahun-tahun yang lalu
Iyah kalo bisa dibicarakan dulu biar ngga jadi ribet nantinya.. :D
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
pastinya :)
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Nahhh kalo spt mprit jg menarik nihh, bener kata nandar, klo mprit skrng sdh punya calon suami sdh mending dikomunikasikan dr skrng. Itu salah satu bakti kita dgn ortu, terlebih ibu sdh sendiri. Semoga suami kelak mau dan bisa mengerti :)
bertahun-tahun yang lalu
betuuul, karena pada dasarnya kita menikah bukan hanya dengan pasangan tapi dengan keluarga besar-nya juga..

Kalo kasarnya sih "Jangan cuman sayang sama anaknya ajah, tapi harus bisa sayang sama keluarganya juga" :D
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Calon ayah makin bijak aja :D
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
amiiinnnnn....dah cerai dirimu makin bijak bang mede...hahahha
bertahun-tahun yang lalu
Hahaha om Mede bisa ajah, semua ini juga kan berkat petuah dan nasihat dari om Mede.. :p
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
@mpriiiitttt...ahahhaa, semprul :p

@ndar...ga sia-sia gw didik lu selama ini di pedalaman hutan borneo ahahhaha
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
demdem #10
(¬_¬")