25
vote
Gambar preview Karyawan2 diChina ini Disuruh Merangkak diDpn umum

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Karyawan2 diChina ini Disuruh Merangkak diDpn umum

Malem bees \(^▿^)/
Melatih Mental..!! Itulah alasan knp Para Karyawan di China ini Disuruh Merangkak di Depan Umum

Apakah Anda merasa memiliki atasan yang sangat kejam? Tunggu sampai Anda membandingkan dengan bos dari perusahaan kosmetik di Chingqing, China, ini.

Pada tanggal 2 Mei lalu, bos tersebut 'memaksa' karyawannya untuk merangkak di distrik komersial paling sibuk di kota Chingqing, di depan ratusan khalayak umum.

Beberapa orang yang mengambil gambar dan mempostingnya di internet. Para pengguna internet pun heboh. Bahkan ada yang melaporkan peristiwa tersebut ke pihak berwajib karena menganggap aksi merangkak para karyawan adalah sebuah hukuman yang keji. Namun polisi justru tidak berbuat apa-apa.

Ternyata, karyawan di China yang merangkak tersebut bukannya dihukum! Mereka semua tengah menjalani 'ujian' untuk meningkatkan ketahanan terhadap tekanan pekerjaan.

Sebagaimana dilansir OddityCentral, dengan merangkak di depan umum, karyawan dari perusahaan kosmetik itu diharapkan mampu menanggung rasa malu. Sehingga perusahaan bisa mengeskploitasi mereka secara maksimal tanpa henti.

Jika hal serupa terjadi di negara Barat, bos mungkin akan dipecat atau bahkan dijebloskan ke penjara. Lain halnya dengan di China, menurut salah satu media di sana, aksi tersebut hanyalah sebuah bentuk latihan kepemimpinan saja.

Berbagai komentar dari pengguna internet pun bermunculan. Mulai dari, "Bos ini gila! Perilakunya benar-benar rendahan!" sampai, "Ini hanyalah langkah memperbudak karyawan, sangat keji.

So bees kl kalian pny atasan spt ini apa kalian msh mo bertahan krja diperusahaan tsb??

http://www.noveloke.com/2013/05/melatih-mental-para-karyawan-di-china.html?m=1
Karyawan2 diChina ini Disuruh Merangkak diDpn umum (Gambar 1) Karyawan2 diChina ini Disuruh Merangkak diDpn umum (Gambar 2) Karyawan2 diChina ini Disuruh Merangkak diDpn umum (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
9 bulan yang lalu
di
120 komentar
coolman #32289
Who am I
Uda stress bosnya...:)
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Bukan cm stress om tp dah biang stress •(>̯-̮<) xixi....•°
9 bulan yang lalu
coolman #32289
Who am I
Yg penting cintah hepi aja.....:))
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
(σ ื\:̲̅́:̲̅:̲̅̀/ื)σ HAHAHAHA!
Heppy adlh hidup q
Ayee♬♪ƪ(‾▿‾ ƪ) ♪(ʃ ‾▿‾)ʃ♬♪ayee
9 bulan yang lalu
zw.st. #29250
Nothing
Atasan sarap
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Mmg dia pny penyakit sarap om??
Di suruh berobat dunk om >.<
9 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Iya tuh,,pagi lupa sarap dia :p
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Itu sarapan dodol (‾˛‾")ƪ(˘-˘)
9 bulan yang lalu
greyna #45558
Akhirnya ganti aVa
Pe'a
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Dikate kardun pe'ak
9 bulan yang lalu
greyna #45558
Akhirnya ganti aVa
kardus yg pe'a
haha
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
<("¬,¬)> bukanya dulu lu sering merangkak grey

Karna d hukum sama guru ^_^
9 bulan yang lalu
greyna #45558
Akhirnya ganti aVa
Haaaaha, eka msh inget aja nih...

Kan dulu merangkaknya bareng ya xd
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Kardun bukan kardus (‾˛‾")ƪ(˘-˘)
9 bulan yang lalu
greyna #45558
Akhirnya ganti aVa
Tu kan kena jitak dah [g̲̅ω̲̅]
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Tuk tuk (¬_¬)ノ*(>˛<) grey

Pan yg bikin ulah elu :P
Jd 1 kelas kena semua
9 bulan yang lalu
greyna #45558
Akhirnya ganti aVa
Hallah, itu juga kan berdua sama lu ka

Ngaku deh
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
(>̯͡⌣<̯͡)xixixi
9 bulan yang lalu
[closed] #unknown
​​<("¬,¬)> ßâЂ!!! Sungguh terlalu ,,
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Terrrlalu
*gaya bang oma*
9 bulan yang lalu
[closed] #unknown
Sapa tuh kak ,,
みϱ"̮みϱ ‾̴̴͡͡⌣ ‾̴̴͡͡
9 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Lagi ngomongin aku yah (٥¬_¬)  
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Tuh org ny nongol
9 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Apaan sih (¬_¬)  
9 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Mau aja nurut..
9 bulan yang lalu
[closed] #unknown
Ho'oh
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Takut kena pecat kali >.<
9 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Dipecat aja takut..klo punya manajemen seperti itu malahan senang klo dipecat,bila perlu berterimakasih..tapi gak tau juga sih,negara china itu kan klo masalah pekerjaan emm sempat baca info negara china di google..miris buat kaum wanita :)
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Tuh tau :p
9 bulan yang lalu
ayuekap #43660
Sabodoteuing ┐(´д`)┌
Bakar boss nya (o˘з˘) siul.. ♪♬♪♬♪
9 bulan yang lalu
chyrus #37387
Tega bener,,di bikin sate aja ><
9 bulan yang lalu
ayuekap #43660
Sabodoteuing ┐(´д`)┌
Boleh juga tuh :D,
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Ini b2an sadis amat
(ˇεˇ>ԅ(ˆ▽ˆ)-c<ˇ_ˇ)
9 bulan yang lalu
ayuekap #43660
Sabodoteuing ┐(´д`)┌
Kan di ajarin buguru (ʃƪ´⌣`)
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Aq ga prnh ngajarin sadis ayu
Shrs ny kl ada yg jahat gitu cukup dimutilasi aja >.<
9 bulan yang lalu
greyna #45558
Akhirnya ganti aVa
Wuihh, makin parah aje
9 bulan yang lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Melatih mental kok kyk begini? Tentara aja latihan merangkaknya di lapangan (˘˛˘). Melatih mental atau melatih fisik? Ckckckck
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Kek ny dua2ny om >.<
9 bulan yang lalu
ribastoni #18751
Bandung
Once upon a time in china
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Hduplah seorang pesilat tangguh bernama bruce lee
Wuuuttchaa *gaya brusli
9 bulan yang lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Sangat keji ( ˘˘̯)  
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Iya keji tp monyong ny ga usah gitu amat (ˇ▽ˇ)-c<ˇ_ˇ)
9 bulan yang lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Itu bukan monyong itu bibir seksih
( ˘˘̯)  
9 bulan yang lalu
greyna #45558
Akhirnya ganti aVa
Ini pasutri diem2 napah
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Bahh...>.<
Sekseh??
omas tuh br sekseh :p
9 bulan yang lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Sekseh dan mempesona (ʃƪ˘˘ﻬ)~♥  
9 bulan yang lalu
chyrus #37387
Bertahan  dgn syarat pak bos musti merangkak d depan umum  ( ˘˘̯)  
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Ini lg monyong2 dilapak gw
(ˇ▽ˇ)-c<ˇ_ˇ) aah
9 bulan yang lalu
chyrus #37387
( ˘̶̀• ̯•˘̶́"٥) yang kiri  jg dong cient
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Hadeuuh >.<
Malah minta tambah (‾˛‾")ƪ(˘-˘)
9 bulan yang lalu
chyrus #37387
Cient mah pelit (⌣̯̀⌣́)
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Stiap org punya cara masing2 untuk latih n membimbing karyawanya,^^
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Kl yg gini menurut eka gmn?
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Aq sih liatnya ide atasanya lumayan hebat,
1 Hal yg gak d sadari manusia,kita bisa lakuan hal2 yg d luar pikiran/nyiptain kreatifitas yg lebih,tapi dngan 1 kata semua itu gak jd terwujud yaitu"MALU"
Kalau dalam konten mempermalukan diri dgan tiada manfaat apapun "malu" d butuhkan,
Tapi untuk menjadi lebih kreatif terkadang malu harus d singkirkan ^_^

Contoh:
Kita gak pernah jual baju keliling mau nyoba tapi rasa malu yg berlebihan jdnya mengurungkan niat,
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Tp banyak sih cr lain utk melatih mental >.<
9 bulan yang lalu
ariebaee #49847
Palembang, sumsel
Caranya beda
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Beda gmn sob ?
9 bulan yang lalu
ariebaee #49847
Palembang, sumsel
Ya beda, kt indo meng agung2kan produk amerika yg nama nya HAM. Coba di Indo?? Ud kena itu Boss nya.
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
"̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮
Yo'i
9 bulan yang lalu
rhiqMOVIC #49444
Samarinda
WeeeeeeeedaaaaaAnnnnnn X_X
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Ngmg weedan ga usah ngeliat ke gw juga napa (‾˛‾")ƪ(˘-˘)
9 bulan yang lalu
rhiqMOVIC #49444
Samarinda
Apaaaaa... Ngeliat kamu
. Kaburrrrrrrrrr??
__/Γ\=D/Π\___
'-O---------O-'  :P
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
(҂`_´)
 <,︻╦̵̵̿╤─ ҉   ~  • ~  •~  •  ~  ••••>
    \ \    
   ,/﹋╯.   Jedeeerrrrrrrrrrrr. #
9 bulan yang lalu
rhiqMOVIC #49444
Samarinda
(¬˛ ¬”)====ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́(” _ *)
9 bulan yang lalu
greyna #45558
Akhirnya ganti aVa
Lempar petasan.... ‎​​•ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•  Lempar Petasan >:O >:O
   \                   •ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•           •ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•
    \
     \         •ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•
      \          /
       \       /    <=-P
‎​‎​‎​​​​​BoOoM >:O >:O
>:O >:O              BoOoOoOm
                                   BoOoOoOom >:O >:O >:O >:O
Duuaaarrrr.          .....•ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•

•ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•<=-P. Duuuuaaarrrrr >:O >:O >:O
   \                   •ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•           •ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•
    \
     \         •ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•
      \          /<=-P
       \       /    
‎​‎​‎​​​​​BoOoM >:O >:O >:O >:O
              BoOoOoOm >:O >:O >:O >:O  
             <=-P                      BoOoOoOom


•ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•
   \        <=-P           •ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•           •ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖́•
    \<=-P
     \         •ː̗̀☀̤̣̈̇ː̖.      
Duar Der Dooorr  ... !!! ☀☀

MAU LAGIE GA NIEH!! .¸.(y) ´`=D .¸.;)´`:D
..(`'•.¸(` '•. ¸* ¸.•'´)¸.•'´)..
«´¨`.¸.DDUüAAAAAARRRR ¸.´¨`»
..(¸. •'´(¸.•'´ * `'•.¸)`'•.¸ )..
:D ´`;) .¸.:* ´`;).¸.(y) ´ `;).¸.:D biar pada kaget‎​ !!!!!!!!B) :p ‎​Sepiiiii bangettttt/:) ...‎
​‎​LEMPAR PETASAN LAGIE NIEH .¸.(y) ´`=D .¸.;)´`:D
..(`'•.¸(` '•. ¸* ¸.•'´)¸.•'´)..
«´¨`.¸.DDUüAAAAAARRRR ¸.´¨`»
..(¸. •'´(¸.•'´ * `'•.¸)`'•.¸ )..
:D ´`;) .¸.:* ´`;).¸.(y) ´ `;).¸.:D.                               ‎​‎​‎​Sepiiiii bangettttt/:) ...‎​‎​
LEMPAR PETASAN AHH!! .¸.(y) ´`=D .¸.;)´`:D
..(`'•.¸(` '•. ¸* ¸.•'´)¸.•'´)..
«´¨`.¸.DDUüAAAAAARRRR ¸.´¨`»
..(¸. •'´(¸.•'´ * `'•.¸)`'•.¸ )..
:D ´`;) .¸.:* ´`;).¸.(y) ´ `;).¸.:D biar pada kaget‎​ !!!!!!!!B) :p ‎​Sepiiiii bangettttt/:) ...‎​‎​
LEMPAR PETASAN LAGIE AHH .¸.(y) ´`=D .¸.;)´`:D
..(`'•.¸(` '•. ¸* ¸.•'´)¸.•'´)..
«´¨`.¸.DDUüAAAAAARRRR ¸.´¨`»
..(¸. •'´(¸.•'´ * `'•.¸)`'•.¸ )..
:D ´`;) .¸.:* ´`;).¸.(y) ´ `.
9 bulan yang lalu
rhiqMOVIC #49444
Samarinda
. Kaburrrrrrrrrr??
__/Γ\=D/Π\___
'-O---------O-'  lgi :P
9 bulan yang lalu
black.id #12139
panggil saja Al..
Kalo memang tujuannya untuk melatih mental anak buahnya ya gak masalah... kecuali sudah menjurus ke penganiayaan fisik baru jd masalah..

9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Setuju ^^ liat dr sisi positifnya
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Iya sih bb..tp ga ada cra lain apa
Slain mempermalukan karyawan dpn umum bukan ny itu malah bikin mental karyawan jd down >.<
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
kagak bakalan down cient ^o^
Abis itu pasti mereka d kasih wejangan kata bijaka,n yg opasti gajih akan +naik
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Yaah mgk sbagian yg bs berpikir ke arah positif bs nerima tp buat yg ga bs atwpun yg masyarakat yg menonton bs jd mrka beranggapan lain
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Ia juga ^_^ terkadang orang menghakimi dulu baru mengadili
9 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Mending bersosial membersihkan sampah2 dijln atau apalah,dlm arti terjun langsung..klo yg begini mah namanya hanya untuk kepuasan pribadi "manager"..senang dia klo gini caranya..gak boleh ditiru ya :p
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Ansori pernah liat gak acara tv(eum aq lupa judulnya)mereka sekumpulan penari yg mengajar orang biasa untuk bisa jd penari seperti mereka dlm 1bln,
Belajar 2 minggu untuk hafal ritme tarian trus mereka d suruh tampil d mall alhasil yg ad malah di ketawain+d caci,tapi setelah itu mereka d kasih wejangan kata2 semangat n 2 minggu kemudian berhasil deh jd penari seperti penari profesional \(^_^)/ mental memang perlu d tempah
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Kl itu beda situasi dan kondisi deh eka, itu di mall mrka memberikan tontonan yg dianggap sbgian org menghibur, lah ini memberikan tontonan yg ga enak diliat >.<
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Menghibur apanya >< hasil tarian 1 d mall jauh dari kata menghibur malah mereka sempat d katain konyol,memalukan,sangat mengecewakan,sangat buruk,bukan tepukan yg d dapet malah cacian >< tapi hasil ke 2 waw
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Tp awalny mrka ga tau kan kl bakal mengecewakan penonton dgn hiburan mrka
Tp kl yg karyawan ini dr awal dah tau bakal mendapatkan respon spt apa
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Itu mah blmm seberapa d indonesia masih ad lg yg lbih kejam ^^,sayangnya gak ad yg berani beritain (•͡˘˛˘ •͡) tinggal nunggu ad yg mati aj,,,,^^
8 bulan yang lalu
poetra5460 #22248
Harimau Sago
Penerapan leadership yg ekstrim....!!
Tergantung karyawannya saja,apakah ini akan membuat mrk lebih baik atau justru akan menciptakan monster2 baru kedepannya
Hampir mirip dengan ploncoan di STPDN....ada yg berhasil menjadi pemimpin yg bermental baja tp ada jg yg menjadi pemimpin otoriter
VU buat post nya...up...up!
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Yups bener bgt
Tergantung pola pikir msg2 individu bs atw tdk ny nrima cara atasan ny
Thank u vu nya
9 bulan yang lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Demi orang2 tercinta di rumah, meskipun harga diri di injak2 dilakuin juga :(

Perusahaan kosmetik yg kebijakanya gak cantik...
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Iya apa sih yg ga buat keluarga :D
9 bulan yang lalu
fredyAdi #50004
Kediri, East Java
klo aku mending keluar dr krjaan kyk gtu.
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Nah itu mslh ny sob
Ga smua org brani ngambil tindakan spt itu krn mgk takut bakal nganggur kl brenti dr krjaan ny
9 bulan yang lalu
PrinceBoqu #33357
_____
So bees kl kalian pny atasan spt ini apa kalian msh mo bertahan krja diperusahaan tsb??
Nggak
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Knp?bukanya waktu SMP juga sering merangkak karna d setrap :P
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Bener ka, krn boqu srg ga buat pr trs ngerjain guru ny maka ny srg kena setrap •(>̯-̮<) xixi....•°
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
( '⌣')/•\('⌣' ) tos dulu cient
9 bulan yang lalu
greyna #45558
Akhirnya ganti aVa
Halah, lu sampe skr juga masih merangkak ka
9 bulan yang lalu
PrinceBoqu #33357
_____
Gw klo ngerjain guru ngga pernah ketawan. Apalagi klo gurunya seperti kak cientt. Kecil, kayak ngambil permen dari bayi. Cuman bedanya ini lebih mirip bayi gorila.
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Siap2 aja jd pengangguran
•(>̯-̮<) xixi....•°
9 bulan yang lalu
PrinceBoqu #33357
_____
Udah ngomong ama mbah, nanyain kerjaan. Disuruh jadi ibu asuhnya cient. Selama mamie keluar negeri operasi kosmetik.
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
.    \\\|||///    
ː̗̀ ː̗̀ ( ⊙ ⊙ ) ː̖́ ː̖́        
        0         "" HAAHH !!""  
     _/\_
          
      
9 bulan yang lalu
PrinceBoqu #33357
_____
Alamat mandiin tiap pagi ama kelonin tiap malem neh... Hadeuuh..
9 bulan yang lalu
endrasoplo #49820
Lokalisasi
Mungkin ini cuma dijadikan sensasi untuk lebih mendongkrak ketenaran perusahaan mereka
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Bs jd bro :D
9 bulan yang lalu
INDORECA #43508
javaland
Ga beda dgn indonesia lah dgn alasan melatih kepemimpinan lihat disekolahan OSPEK bukannya diisi kegiatan positip malah mempermalukan pelajar baru dgn dandanan. ”aneh ” mirip orang gila pinggir jalan dari taun ke taun semakin parah ”ngerasa” ga itu sama saja merendahkan martabat manusia
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Iya sih tp msh mending kl msh skolah kan kdg mrka menjalani ny dgn senang hati malah mrka pengen bgt di plonco
Tp kl udh karyawan yaah agak gmn gitu >.<
9 bulan yang lalu
Unity
Selama saya masih jadi manusia yg punya harga diri dan martabat, saya ga akan pernah mau melakukan hal konyol seperti itu. Kecuali kalau saya udah ga punya martabak buat dimakan, baru deh rela 'merangkak' untuk cari duit >,<"

Keterlaluan ah, menurutku sih.
9 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Betul itu..
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Kare mau makan martabak
Sini ke bangka aja, banyak lho asli martabak bangka yg terkenal yummi •(>̯-̮<) xixi....•°
9 bulan yang lalu
Unity
Sssst, sebaiknya ditanggapi dulu komennya, jangan OOT-nya ._. :D
9 bulan yang lalu
ayuekap #43660
Sabodoteuing ┐(´д`)┌
Oot siang hari itu menyiksa, apa lgi soal makanan (۳ ˚Д˚)۳

Hay kare ( ˘̶́⌣˘̶̀)/
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
(σ ื\:̲̅́:̲̅:̲̅̀/ื)σ HAHAHAHA!
Tdur aaah
9 bulan yang lalu
wardah #38801
Welcommeee Ramadhan
Orang byk kok ..
Jadi g maluu dong klo byak jg yang lakuin -_-
Toh asal g berbuat yang d larang agama sih menurutku gpp kok ..
Ɨƚα˚Ɨƚα˚Ɨƚα˚Ɨƚα˚Ɨƚα ◦˚
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Tergantung dri cr sudut pandang kita melihat ny aja sih
9 bulan yang lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Sebagaimana dilansir OddityCentral, dengan merangkak di depan umum, karyawan dari perusahaan kosmetik itu diharapkan mampu menanggung rasa malu. Sehingga perusahaan bisa mengeskploitasi mereka secara maksimal tanpa henti.

"mengeskploitasi??".., prilaku perbudakan trnyata blm bnr2 pulih :(
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Ho'oh :(
9 bulan yang lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
He'eh
9 bulan yang lalu
daud99 #48663
pomalaa
lain di china lain di barat juga lain indo....tiap negara berbeda cara. sekarang tinggal dilihat mana negara maju mana negara yg bobrok....
9 bulan yang lalu
ansori23 #48626
BORNEO
Negara yg bobrok negara yg banyak berkomentar tapi gak ada kerja "banyak bicara sedikit kerja" :D
9 bulan yang lalu
(9^.^)9
Setuju ^^
Kalu selapan itu orang hamil
9 bulan yang lalu
[closed] #unknown
Setujuh,,  ‾̴̴͡͡⌣ ‾̴̴͡͡
9 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
aturan di China keras ya..
9 bulan yang lalu
[closed] #unknown
​​Ơ̴̴͡.̮Ơ̴̴͡ →♤♈υ̲̣ҏҏǃ℮♤
みϱ"̮みϱ ‾̴̴͡͡⌣ ‾̴̴͡͡
9 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
itu ototek artinya apa joline? -___-
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Iya sekeras hatimu *eeh
9 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
nah loh @_@
9 bulan yang lalu
cientt #42967
Be taciturn
Loh nah @,@
9 bulan yang lalu
junioraldi #48081
Lokasi
-_________-"
8 bulan yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
cientt #42967
Be taciturn