17
vote
Gambar preview Keluhan Insomnia karena Pikiran & Solusi Coolman

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Keluhan Insomnia karena Pikiran & Solusi Coolman


TANYA :
Dok, hampir tiga tahun ini saya mengalami susah tidur (insomnia). Setiap saya mau tidur seperti ada yang tertahan dipikiran saya, sehingga tetap sadar akan sekitarnya. Dan jika lama saya memejamkan mata, akan muncul pikiran yang tidak pernah saya pikirankan dan bayangkan sebelumnya. Misalnya seperti berpetualang, bertemu teman yang telah lama sekali tidak berjumpa bahkan orang yang telah meninggal, dan timbul sebgaimana cerita dalam film-film. Padahal saya jarang sekali nonton film.

Saya telah beberapa kali berkonsultasi kepada Psikiater dan disarankan untuk rileks dan dikasih obat tidur dan sudah 5 bulan mengkonsumsi obat tidur. Ketika minum obat, saya bisa tidur, tetapi jika tidak saya kembali sulit tidur. Akibatnya saya mengantuk seharian, lemas, dan kurang bergairah, tapi jika dibawa tidur pikiran tidak terkendali dan terbayang apa saja. Apa sebenarnya penyakit saya Dok, dan harus bagaimana mengendalikan pikiran tersebut? Apakah memang ada masalah dengan kejiwaan saya atau ada saraf tertentu yang mempengaruhi?
(Adi, 28, Jakarta)

JAWAB :
Pak Adi yang baik,
Kesulitan tidur atau insomnia itu bisa disebabkan banyak hal. Jika ada pasien yang mengeluh kesulitan tidur, maka biasanya kita akan menanyakan kepada pasien apakah mengalami kondisi medis fisik yang dapat mengganggu tidurnya.

Penyakit diabetes atau kencing manis dan gangguan prostat pada pria bisa membuat sulit tidur karena sering mengalami gejala ingin buang air kecil. Pasien yang mengalami sakit jantung seperti gagal jantung juga sulit tidur karena sering kali merasa sesak napas. Pasien yang mengalami asma atau gangguan paru obstruktif (sumbatan) yang kronis juga bisa kesulitan bernapas dan mengganggu tidurnya.

Pasien yang mengalami nyeri kronis misalnya pada pasien yang mengalami penyakit reumatik dan kanker juga bisa tidak tidur karena sakitnya. Hal ini perlu disingkirkan terlebih dahulu.

Bersambung ke komentar.........
Keluhan Insomnia karena Pikiran & Solusi Coolman (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
tahun lalu
di
46 komentar
coolman #32289
Who am I
Selain itu yang sering menyebabkan tidak bisa tidur adalah gangguan kejiwaan seperti gangguan cemas dan gangguan depresi.

Gejala yang dialami bapak yaitu sulit untuk memulai tidur dan di dalam pikiran sering muncul hal-hal saat menjelang tidur lebih mengindikasikan ke arah gangguan kecemasan.

Pengobatannya yang menyeluruh selain obat untuk membantu tidur dan relaksasi adalah dengan memberikan obat antidepresan untuk menangani keluhan gangguan kecemasannya.

Sering kali pasien yang mengalami insomnia seperti ini bisa membaik gangguan tidurnya bahkan hanya dengan menggunakan antidepresan yang tepat. Jadi tugas pokoknya mengatasi gangguan dasarnya bukan hanya mengobati gejalanya saja.

Semoga jawaban ini bermanfaat.

Salam Sehat Jiwa

Sumber:
http://t.co/UIXuVoUa62

Solusi dari Coolman tentang masalah insomnia (bagi yang tidak punya medis fisik).

Sebenarnya masalah insomnia bisa diobatin dengan cara mengkonsep kembali otak kita,otak kita bagaikan sebuah komputer yang sudah diprogram oleh kita sendiri tanpa kita sadari.biasanya orang yang sudah mengalami susah tidur dan mengatakan dia kena insomnia.didalam otaknya sudah terprogram kata '' Saya sudah kena Insomnia dan Susah tidur '' dan tanpa kita sadari. Jadi penyebab dari insomnia adalah kejiwaan yang terletak di pola pikiran (otak) kita.

Selama ini yang saya ketahui solusi dari medis cuman dikasi obat tidur tau obat penenang.kalo menurut pandangan saya,Solusi medis ini tidak etis dan bisa mengakibatkan seseorang kecanduan obat tidur (penenang),bahkan dosis dari obat bertambah semakin tinggi dan efek dari obat tidur bisa membuat seseorang sering jadi pelupa dan mudah jadi pikun,karena obat tidur fungsinya merangsang saraf otak kita supaya tidak bekerja dan lama kelamaan otak kita bisa menciut(mengecil)

Solusi mengatasinya (pengalaman sendiri) dengan cara :

Bersambung ke komentar.......

tahun lalu
coolman #32289
Who am I
1. Program kembali otak kita dengan cara mengatur waktu tidur sesuai dengan keinginan kita ( butuh tekad bulat / tidak gampang,tapi langsung berhasil)

2.Tenangkan pikiran dan hati kita setiap saat

3.Satu jam tau dua jam sebelum tidur tidak boleh melakukan aktivitas lagi (menambah beban dalam pikiran)

4.Buang semua kebiasaan jelek yang bisa mengganggu pikiran kita,yang ada cuman dipikiran kita adalah ''Saya sudah mau tidur ''

Lakukanlah semua poin diatas sampai anda sudah menjadi terbiasa,dan semoga berhasil......:)),apabila ada yang kurang dimengerti,bisa langsung tanya saya.:)
tahun lalu
ayuekap #43660
Tanya gugel maps ^^
Dan aku sudah sembuh dari insomnia ~ ~ ~(\^o^)/
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Baguslah kalo uda sembuh ayu.....amin......hahahaha
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Ya sudah dokter cool, sekarang waktunya tidur. Besok pagi lagi konsultasinya. Selamat tidur dok, have a great dream (•ˆ⌣ˆ•)!

Ttd
Prof. Dr Wicaksono Phd, Mkes
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Numpang ngakak....
╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ..╋Ɨɑ...
 
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Wi ama zw: hahahah,sy sharing beneran nih.....hahahaa
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Iya, dokter sy juga serius... Mosok konsultasi malem malem, lebih segar di pagi hari ☺ iya kan?
Btw nice post!
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Hahahahha,nih dokter tengah malam wi........hahahahahha
tahun lalu
zw.st. #29250
Nothing
Permisiiii,dokter cool...boleh tolong jelaskan apa yang di maksud dengan insomnia?


Duduk manis nunggu jawaban dokter cool :D
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Kalo menurut pandangan saya tentang arti insomnia adalah seseorang yang sudah menggeser waktu tidurnya tanpa disadari,sehingga merasa tidak bisa tidur seperti waktu tidur biasanya.sebenarnya didalam otak manusia sudah diprogram (tanda2 menunjukkan) sejak lahir,contohnya:

1.Tanda org sedang alami menguap dari mulutnya,tanda itu menandakan org sudah mulai ngantuk dan sudah waktunya jam tidur .

2.Bunyi keroncongan didalam perut,itu tanda perut anda kosong dan perlu makan (jam waktu makan).

3.Mulut dan lidah terasa kering ,itu tandanya didalam tubuh kita sudah kekurangan air dan perlu minum.

Dengan tanda ke 3 poin diatas,itu merupakan perintah dari otak supaya kita tidur,makan dan minum.tapi kadang kita hiraukan perintah dari otak ke kita dan terjadilah pergeseran waktu .:)
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
*pelan2 menghampiri omzewe di sdng duduk diruangan praktek dokter

"Maaf pak, Bapak kan blm ambil nomer antrian kok sdh nyelonong aja masuk ruangan" :D

tahun lalu
bangsa #10163
ҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑ :p
Ini jihad -mantrinya
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Hehehe,.. Mayan tante, dpt komisi dr dokter kulmen itung2 buat tambahan THR :p

Klo mau konsultasi, kudu daptar dulu yah.., jgn main srobot ajah
(ˇ▽ˇ)-c<ˇ_ˇ) omzewe :D
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Hahahaa,jih uda ambil uang pendaftaran ama si Zw dan sa? Hahahaha
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Khusus mereka brdua gak usah bayar om, itung2 promosi utk klinik baru omkulmen :D
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Hahahaha,bagus juga idenya,skalian berikan minuman buat mereka,service kasi puas......hahaha,tuh didalam kantor ada roti basih dan air minum dari air got ......hahahaha
tahun lalu
bangsa #10163
Wahhhh.  \(!!˚☐˚)/ \(˚☐˚!!)/  gue maunya air suci ama roti boy

@jihad ; ✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴  jihad Baik deh

ҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑҺɑ :p
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
@sa: yg ada cuman steak aja,mau gak? :)
tahun lalu
bangsa #10163
Wahh mencurigakan ini steak, jgn2 ada obatnya
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Walah,masa mau traktir makan kasi obat,tuh namanya gak iklas sa.......hehehe,mau gak? :D
tahun lalu
bangsa #10163
(´̯ ̮`̯ ) (´̯ ̮`̯ ) (´̯ ̮`̯ )  
#mikirKeras *
Mau -kagak -mau -kagak
Itung kancing.... Mata udah 5watt nih.......
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Lohhh,mau traktirin makan steak malah mau mikir lagi,payah kamu sah......hahahaha
tahun lalu
Leatherface #45093
Shadow wolf
Aku mau nyobain deeh . :P
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Silahkan leat.....semoga berhasil,butuh kesabaran yah......:)
tahun lalu
Leatherface #45093
Shadow wolf
Ok mas brow ! ;D
tahun lalu
junioraldi #48081
Maaf Lahir & Bathin
nice post .. vu

btw nama Adi nama siapa ya coolman? :D  

salken..
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Si adi ada masalah insomnia jun.....jadi dia tanya jawab ama dokter,sy kurang tahu adi itu sapa.....hehehe
tahun lalu
junioraldi #48081
Maaf Lahir & Bathin
oh kirain si adi namanya coolman kan coolman yg interview ama dokter :D
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Ohhh,bukan jun,itu ada link sumbernya,hahahaha
tahun lalu
junioraldi #48081
Maaf Lahir & Bathin
ohh.. hahha.. salah ngerti sy man :D
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Gak pa2 jun.....hahahaha
tahun lalu
junioraldi #48081
Maaf Lahir & Bathin
okesip deh man.. hahahha
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
A.. Di.. kira2 ajah :D
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Kira apanya jih,:))
tahun lalu
bangsa #10163
D**k kayaknya

|‾‾‾|.•̯͡)  
tahun lalu
junioraldi #48081
Maaf Lahir & Bathin
D**K apa tuh sa?
tahun lalu
cientt #42967
Lonely ^^
Oooh jd dokter kulmen..inti nya adlh sugesti ya?

*versi serius
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Semua ini adalah logika cient.......kalo disuruh sugesti bisa jadi gila orgnya....hahahaha
tahun lalu
cientt #42967
Lonely ^^
Wadooh >_<

Mksdny kl mo tdur disugestikan dlm hati dan pikiran "aq hrs tdur"
Gitu mksd q om
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Kalo maksud sugesti itu sgt dalam cient......bisa dikira spiritual,lebih baik make kata konsep kembali.....:))
tahun lalu
jihadkhan #41405
أهل المحبة
Pasti cientt bingung ama kalimat omkul :D
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Hahaha,rupanya jih tahu maksud saya......:))
tahun lalu
cientt #42967
Lonely ^^
Haizz >.<
Nih b2 emg suka bikin bingung
Tdur aja dah
HÕoooº°˚ ˚°º... ºoºªªª♏m♏ (=|
tahun lalu
bangsa #10163
Hooeiii bangunnnn....
Tidur kok  bingung ama sugesti, cient

Entar kebawa tidur si sugesti

Sugesti lg ke pasar kaget
|‾‾‾|.•̯͡)  
tahun lalu
coolman #32289
Who am I
Hahahahahaha
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
coolman #32289
Who am I