23
vote
Gambar preview Kenapa orang Barat lebih Kreatif dari Asia ???

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Kenapa orang Barat lebih Kreatif dari Asia ???

Mudah2an nggak Repost :)

Dikutip dari Prof. Ng Aik Kwang University of Queensland dalam bukunya "Why Asians Are Less Creative Than Westerners "

1. Bagi orang Asia, ukuran sukses dalam hidup adalah banyaknya materi yang dimiliki. Passion (Rasa cinta terhadap sesuatu) tidak dihargai. akibatnya, bidang kreativitas kalah populer oleh profesi dokter, lawyer, dan sejenisnya yang dianggap lebih cepat bisa menjadikan seseorang untuk memiliki kekayaan banyak.
2. Bagi orang Asia, banyaknya kekayaan yang dimiliki lebih dihargai daripada cara untuk memperoleh kekayaan tersebut. Tidak heran bila cerita, novel, sinetron atau film yang disukai adalah yang bertema orang miskin menemukan harta karun, atau dijadikan istri oleh pangeran dan sejenis itu. Tidak heran pula bila perilaku koruptif pun ditolerir/diterima sebagai sesuatu yang wajar.
3. Bagi orang Asia, pendidikan identik dengan hafalan berbasis "kunci jawaban" bukan pengertian. Ujian Nasional, Tes Masuk Perguruan Tinggi, dll semua berbasis hafalan. Sampai tingkat sarjana, mahasiswa diharuskan hafal rumus2 ilmu pasti dan ilmu hitung lainnya bukan diarahkan untuk memahami kapan dan bagaimana menggunakan rumus2 tersebut.
4. karena berbasis hafalan, murid sekolah di Asia dijejali sebanyak mungkin pelajaran. Mereka dididik menjadi "Jack of All Trades, But Master of None" (Tahu sedikit tentang banyak hal tetapi tidak menguasai apapun).
5. Karena berbasis hafalan, banyak pelajar Asia bisa jadi juara dalam Olimpiade Fisika dan Matematika. Tapi hampir tidak pernah ada orang Asia yang menang Nobel atau Hadiah Internasional lainnya yang berbasis inovasi dan kreativitas.
6. Orang Asia takut salah (kiasi) dan takut kalah (kiasu). Makanya sifat eksploratif untuk memenuhi rasa penasaran dan keberanian untuk mengambil resiko kurang dihargai.
7. Bagi orang Asia, bertanya artinya bodoh. Makanya rasa penasaran tidak mendapat tempat dalam proses pendidikan di sekolah.

Lanjut di Komen :D
tahun lalu
di
32 komentar
anggriyulio #30635
Kostan
8. Karena takut salah dan takut dianggap bodoh, di sekolah atau dalam seminar/workshop peserta jarang mau bertanya tetapi setelah sesi berakhir peserta mengerumuni guru/narasumber untuk meminta penjelasan tambahan.

=========================================================================

Dalam bukunya, Prof.Ng Aik Kwang menawarkan beberapa solusi sebagai berikut:

1. Hargai proses. Hargailah orang karena pengabdiannya, bukan karena kekayaannya. Percuma bangga naik haji atau membangun mesjid atau pesantren, tapi duitnya dari hasil korupsi

2. Hentikan pendidikan berbasis kunci jawaban. Biarkan murid memahami bidang yang paling disukainya.

3. Jangan jejali murid dengan banyak hafalan, apalagi matematika. Untuk apa diciptakan kalkulator kalau jawaban untuk X x Y harus dihapalkan? Biarkan murid memilih sedikit mata pelajaran tapi benar-benar dikuasainya.

4. Biarkan anak memilih profesi berdasarkan passion (rasa cinta)-nya pada bidang itu, bukan memaksanya mengambil jurusan atau profesi tertentu yang lebih cepat menghasilkan uang.

5. Dasar kreativitas adalah rasa penasaran berani ambil resiko. Ayo bertanya!

6. Guru adalah fasilitator, bukan dewa yang harus tahu segalanya. Mari akui dengan bangga kalau kita tidak tahu!

7. Passion manusia adalah anugerah Tuhan. Sebagai orang tua, kita bertanggungjawab untuk mengarahkan anak kita untuk menemukan passionnya dan mensupportnya.

Mudah-mudahan bisa jadi inspirasi :)
tahun lalu
toerizs #31571
Singapore
itu sangat amat benar..dan di Indonesia pendidikan dianggap sebagai salah satu sarana penunjang untk mendapatkan PEKERJAAN yg lbh baik..bukan sebagai sarana untuk menciptakan suatu lapangan pekerjaan bagi orang banyak..cara berfikir kitalah yang harus dirubah..dimana pendidikan bukan untuk mencari pekerjaan..tapi untuk merubah pola pikir individu itu sendiri..
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Sangat setuju teman :D
Bahkan dilingkungan saya pendidikan (kuliah) menjadi standar seorang tersebut sukses atau tidak. Padahal sukses tidaknya seseorang tidak bisa diukur dari seberapa tinggi pendidikan yang ditempuh.
Melainkan bagaimana ia menjadikan pendidikan yang telah ia dapat agar berguna untuk lingkungannya.

btw ! Salam kenal teman :D
tahun lalu
toerizs #31571
Singapore
saya sangat setuju dengan anda tapi saya prihatin terhadap pola pikir masyarakat kita..bagi sebagian diantara kita pendidikan itu stereotip,hanya sebatas utk mencari pekerjaan..seorg sarjana,nganggur dianggap orang yg gagal..bagi saya tidak peduli saya mw jd apa,tapi pendidikan itu sangatlah penting..walaupn harus dibayar mahal utk mendapatkanx..salam juga teman..follow saya d @toerizs..
tahun lalu
Abrar.blues #12422
Kalipornia
Nice post.. Salam kenal bro.. Ijin share ya.. :D
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Yapp. Salam kenal juga om bro :)
Silahkan di share, mudah2an bisa menginspirasi :)
tahun lalu
Abrar.blues #12422
Kalipornia
Sipp.. Thanks.. :D
tahun lalu
Purwosari Pasuruan
VU
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Mkasih teman. Salam kenal :)
tahun lalu
AnitaAndi #15559
Tangerang
I like it
VU
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
:) tengkiu.
tahun lalu
susantolim89 #31607
Medan
Biasanya, dalam sebuah acara seminar selalu dilempari " Ada pertanyaan?" Pada diam semua. Seakan-akan ΰðɑ̤̈̊ћ mengerti pdhal kopong.... Orang Ɣªήğ  bertanya dianggap kurang memperhatikan seminar, anggapan itu salah besar...
tahun lalu
Wet #11
Still Here
Yes, agree bos...
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Trus anggapan bro gimana buat orang yang gituan ??? :D btw Salam kenal bro :D
tahun lalu
[closed] #unknown
Itu dulu :) skrg byk org asia yg pintar & keahliannya diakui oleh negara barat. Contohnya indonesia, dulu negeri yg bodoh, tp aku dgr skrg salah seorang dokter bedah jantung berwarga negara indonesia sampai diantar jemput menggunakan helikopter diperlukan jasanya oleh negara eropa. Itu salah satu contohnya :). Contoh lain programmer tcv, bukankah dia warga negara asia (indonesia), plastic surgery (gangnam-korea) orang eropa sampe bejibun datang kesono hanya demi plastic surgery nya. & msh byk cth yg lain.
"Lain dulu lain sekarang :D"
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Kalo dibilang indonesia negri yg bodoh. Mungkin terlalu berlbihan. :)

Hanya saja mayoritas di indonesia lebih mengandalkan teori dibandingkan kreatifitaals :)
tahun lalu
[closed] #unknown
Yupz, dulu kan negeri kita dibilang begitu krn masy. yg msh terbelakang sob :) memang teori msh lbh dominan dibanding kreatifitasnya, mudah2an dgn berkembangnya jaman tdk lg hny teori, tapi pembuktian dlm pelaksanaannya ^^b sip dehh nice info, this good post.
tahun lalu
ZHolvers #24492
Slamat brtahan hidup
Cakep... VU sob...
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Tengkiu sob. Salam kenal :)
tahun lalu
mustofa77 #20710
Dikaki Langit
Nah ini.. Cara berfikir sebagian orang dimasyarakat kita memang seperti ini..
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Mudah2an kedepannya lebih baik :D
tahun lalu
LiandoEndra #7399
Petis Udang
Semoga kita semakin kreatip
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Amin, kita udah makin kreatip kok.
Buktinya post di TCV keren2 lho :D
tahun lalu
emdiikey #3748
Fino Alla Fine
Fakta di lapangan....great post :)
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Tengkiu bro :)
tahun lalu
aar benante #5743
here we are...
bener juga ya.... sipp
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Bro yang satu ini ngerasa :D :p hehehhe
tahun lalu
aar benante #5743
here we are...
ngerasa prihatin liatnya... kalo ane sendiri mah itu udah pasti... :p
tahun lalu
raditjanie #23194
look at me !
Vote up.  
tahun lalu
Lukisannya Jordan :D
murid sekolah di Asia dijejali sebanyak mungkin pelajaran. Mereka dididik menjadi "Jack of All Trades, But Master of None" (Tahu sedikit tentang banyak hal tetapi tidak menguasai apapun).

Benar sekali, inilah yg terjadi di sistem pendidikan di negeri ini. Semua pelajaran harus dipelajari, passion terhadap minat/bakat jd terabaikan.

Keren postnya :)
tahun lalu
anggriyulio #30635
Kostan
Yap. Tak ada salahnya anak2 diajarkan sesuai dengan minat dan bakatnya. Sehngga hal tersebut tidak hanya di dapat dibangku kuliah... Mungkin akan lebih banyak org asia khususnya indonesia yg meraih nobel...  Salam kenal sist. :)
tahun lalu
Lukisannya Jordan :D
Salam kenal :)
Saya termasuk orang yg sangat senang membahas soal pendidikan. Pendidikan di Indonesia ini bikin ga fokus, kayak sia2 gitu sekolah tinggi2, tp akhirnya di prakteknya nol krn kebanyakan materi selama menempuh pendidikan. Ya begitulah, semoga ada titik cerah buat pendidikan di Indonesia :)
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
anggriyulio #30635
Kostan