44
vote
Gambar preview Kisah 30 Pasukan "Hantu" Indonesia Di Kongo.

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Kisah 30 Pasukan "Hantu" Indonesia Di Kongo.

Ada cerita menarik soal Pasukan Garuda. 30 Pasukan Garuda berhasil membekuk 3.000 gerilyawan di Kongo berbekal akal bulus dan kecerdikan.

Ceritanya, Desember 1962 di Kongo sedang bergolak. Kontingen Garuda III (Konga III) di bawah pimpinan Kolonel Kemal Idris berangkat sebagai pasukan perdamaian di bawah UNOC (United Nations Operation in the Congo).

Saat itu kelompok milisi di bawah pimpinan Moises Tsommbe ingin lepas dari pemerintah Republik Demokratik Kongo pimpinan Presiden Kasavubu. Rakyat sipil pun segera menjadi korban pertikaian antar milisi dan tentara pemerintah.

Pasukan Garuda III segera dikenal karena keluwesannya bergaul. Banyak Singkong di Kongo, pasukan TNI pun mengajarkan bagaimana cara mengolah masakan Indonesia, membuat kue, serta menyayur daun singkong sehingga enak dimakan. Selama ini rakyat Kongo hanya mengolah singkong menjadi tepung yang rasanya tidak enak.

Suatu hari, terjadi serangan yang dilakukan 2.000 gerilyawan Kongo ke markas Pasukan Garuda. Saat itu markas hanya dipertahankan 300 tentara. Setelah baku tembak berjam-jam, gerilyawan dapat dipukul mundur. Untungnya tak ada korban di pihak Indonesia.

Serangan balasan pun segera dirancang untuk menangkap para pemberontak. Letjen Kemal Idris menceritakan hal ini dalam buku biografi, Kemal Idris, bertarung dalam revolusi terbitas Sinar Harapan.

"Kami melakukan penyerangan di malam hari dengan kapal yang digelapkan di atas danau Tanganyika, tidak berapa jauh dari daerah Albertville. Pasukan kami yang berkekuatan 30 orang menyamar sebagai hantu," beber Kemal Idris.

Kemal tahu 3.000 pemberontak itu sangat percaya takhayul. Mereka takut pada hantu spritesses yang digambarkan berwarna putih dan melayang-layang di waktu malam. Maka 30 anggota pasukan garuda itu berpakaian jubah putih dan segera menyerang.

"Melihat sosok-sosok putih bergerak-gerak, semangat mereka hilang sama sekali dan segera menyerah," kata Kemal.

Lanjut di Komen...
Kisah 30 Pasukan "Hantu" Indonesia Di Kongo. (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
58 komentar
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Dalam operasi kilat itu, ribuan gerilyawan Kongo ditangkap. Senjata-senjata mereka yang ternyata lumayan canggih disita. Dalam peristiwa itu hanya seorang prajurit TNI yang cidera. Salah seorang gerilyawan yang panik saat digerebek, melemparkan ayam yang tengah dibakarnya pada tentara kita.

"Sejak itu, anggota Garuda III di kenal oleh orang-orang Kongo dengan julukan Les Spiritesses, pasukan yang berperang dengan cara yang tidak biasa dilakukan orang," kata Kemal bangga.

Letnan Jenderal Kadebe Ngeso dari Ethopia mengaku bangga atas keberhasilan pasukan Indonesia menangkap 3.000 lainnya tanpa jatuh korban. Namun dia pun meminta ke depan cara-cara unik seperti itu tidak dilakukan. Karena risiko terlalu besar dan sangat membahayakan.

Sumber Pict: Google.

Just Share...
Sumber:http://m.merdeka.com/peristiwa/30-tentara-hantu-garuda-kalahkan-3000-gerilyawan-kongo.html
tahun lalu
rickysiregar #47944
Jakarta Timur
Alhamdulillah, cara cerdas inin jg semoga segera tertularkan dalam penanganan dalam membunuh korupsi dinegara kita, tanpa menimbulkan hutang luar negeri yang baru, آمِّينَ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ.
tahun lalu
sarijah #48624
merdeka
post yg menarik :-) apa lgi qu suka sejarah
tahun lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Thx sari...

Wihh.. biasanya cewek gk suka cerita2 sejaran gini :)
tahun lalu
Azcami #49803
Riau
Yeah..new knowledge for us..:)
tahun lalu
elysitha #47336
Marhaban Ya Ramadhan
Xixixixi ..........Nice inpo.......ada gerilyawan takut sama hantu....(•ˆ⌣ˆ•)
tahun lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Sama kaya ely takut :p
Hehehe
tahun lalu
elysitha #47336
Marhaban Ya Ramadhan
Kok tau yach.....kalo aku takut sama kamu *ehh ,,,hantu
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Nice post sob,
Penggunggah inspirasi
Up !
tahun lalu
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Thx joy...

Iyaa inspirasi bwt qt semua, keberhasilan bisa di dpt dgn strategy yg takterduga :)
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Betul sekali sob,
Tetap  semangat
tahun lalu
Abrar.blues #12422
Kalipornia
Itu tahun 60 an ya?
tahun lalu
[closed] #unknown
Sotoy
tahun lalu
Abrar.blues #12422
Kalipornia
(¬.¬)ƪ(¯.¯”) kek lo baca aja..
tahun lalu
[closed] #unknown
ENGGA! Hahahaha
tahun lalu
Abrar.blues #12422
Kalipornia
ƪ(°͡▿▿▿▿▿▿°")͡ƪ
tahun lalu
WiriViva #30129
Tomaat !!!
Udah lahir blm bro?

#eh :p
tahun lalu
Abrar.blues #12422
Kalipornia
Masih dlm rencana.. >_<'
tahun lalu
Satriyani #37282
Deket Kota >_<
Yg abg thn 60an :p
tahun lalu
Abrar.blues #12422
Kalipornia
(҂˘̶̀( ̯)˘̶́҂)
tahun lalu
dayanerili #20249
Pontianak, indonesia
Lucu jg ya takut hantu gtu hhihi ( ˘̶́⌣˘̶̀)
tahun lalu
[closed] #unknown
Iya lucu gahaha
tahun lalu
junioraldi #48081
wah baru tau gw sejarahnya.. gw bangga dengan pasukan kita seperti pasukan 300 spartan yunani melawan ribuan pasukan iran dahulu kala.
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Yup, betul sekali sob,
Kan ada film nya,
Judulnya 300
tahun lalu
junioraldi #48081
yap brojoy ^^
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Seeeppp......
Dah nonton belum pelem nya ?
tahun lalu
junioraldi #48081
lumayan sering nonton bro.
tahun lalu
AaJoyLc #42701
mamantap
tahun lalu
junioraldi #48081
yaps
tahun lalu
gttwicaksono #41163
Go to extramiles
Wah salut buat Pak Kemal Idris! Sangat berani sekali! Cuma satu yg cidera, cideranya pun bukan karena luka tembak atau luka peperangan pd umumnya. Tp luka karena dilempar ayam bakar •(>̯-̮<)•xixixi *mau dong dilempar ayam bakar ˆ⌣ˆ  
tahun lalu
AaJoyLc #42701
•(>̯-̮<)•xixixi *
Iya juga yah
tahun lalu
[closed] #unknown
haha... hidup TNI... lucu, unik berhasillll keren
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Hiduuuppp.......
tahun lalu
<Lebah KRISTINAizεr>
Yoo sejarah yg menarik... VU man!!!!
tahun lalu
WiriViva #30129
Tomaat !!!
Semangatnya masih ada sampe sekarang...

Barvo TNI.
tahun lalu
AaJoyLc #42701
Bravo ka wir
xixixixi......
tahun lalu
WiriViva #30129
Tomaat !!!
Beuuh joy..>,<
tahun lalu
AaJoyLc #42701
┼┼i...┼┼i...┼┼i...┼┼i...┼┼i...┼┼i..
<('▿^)♉  
tahun lalu
daud99 #48663
pomalaa
Indonesia bangga dgn TNI diwaktu dulu, seperti thn 1962 di kongo ini! Kalau sekarang................
tahun lalu
hannon #43524
B-sides ourselves
Nice info y sob
Vu. Sejarah yg menarik  
tahun lalu
Lukisannya Jordan :D
Banyak Singkong di Kongo, pasukan TNI pun mengajarkan bagaimana cara mengolah masakan Indonesia, membuat kue, serta menyayur daun singkong sehingga enak dimakan. Selama ini rakyat Kongo hanya mengolah singkong menjadi tepung yang rasanya tidak enak.

Saya mah terharu baca di bagian ini, hihihi =D

Bangga ya baca sejarah ini, setidaknya kita memang pernah punya sejarah TNI yg mengagumkan seperti ini :)

Postnya sangat menarik :D
tahun lalu
febyyanto #48561
HUT RI 68
Cerita yg menarik
tahun lalu
Anandika #49025
Purbalingga
Memang bagus ....
Tetapii apkah rakyat indonesia mengetahui ini semua
tahun lalu
desthalia18 #45217
Jayapura
Mungkin belum banyak yang tau ..
tahun lalu
edy789 #43824
Vampire Ultra
/:)★☆•*˚*•węēώ...••*˚*•☆★
Ga nyangka ternyata u Hantu y kazz..
┡┦∂◑◑҉=D┡┦∂◑◑=҉┡┦∂◑◑  
Goood inpo
tahun lalu
restubumi #47407
۞♡̷̴̬̩̃̊圞♚♚圞♡̷̴̬̩̃̊۞
Mnteb, nice post'y
tahun lalu
ayuekap #43660
(¬_¬)ノ*(>˛<) plaaak
Keren (y) ! Bangga deh jadinya (ʃƪ´⌣`)
tahun lalu
denozonline #5634
Will soon
thx :p
tahun lalu
hadisgeyoung #49842
Surabaya
Luar biasa cerdik banget garuda..
tahun lalu
Rahmat7 #49081
Jakarta
Kocak tapi keren hahahahaha
tahun lalu
aprisiaster #39147
~„yume no sekai„~
2000 pasukan menyerbu dan 300 tentara indonesia berhasil membuat mundur penyerbu...luar biasa...jd inget film "300" sallut lbih lbih 30 pasukan "nakutin" 3000 pemberontak...luar biasa sallutnya....tnpa luka lg...tp dpt bonus lmparan ayam bakar...bisa dimnfaatin wat saur vroo...bhihihi
tahun lalu
PutriV #39468
Palembang
<('▿^)♉  nice Inpo
tahun lalu
myvieta #49671
Depok
Sejarah yang sangat menarik untuk d.baca
tahun lalu
Calon Playboy
Perjuangan ini tak kan terlupakan
tahun lalu
poetra5460 #22248
Harimau Sago
Tidak salah kl org luar mengatakan bahwa pasukan elit indonesia termasuk tentara yg cukup disegani didunia krn taktik dan siasat perang yg mumpuni,tp kenapa disaat diledek malaysia kita malah diam?
tahun lalu
Abrar.blues #12422
Kalipornia
Psssssssstttttt... itu juga taktik dan siasat yg (mungkin) mumpuni... xixxixi....
tahun lalu
WiriViva #30129
Tomaat !!!
Ciyuss? \(º_o)/
tahun lalu
poetra5460 #22248
Harimau Sago
Iya kali yaa????
Hehehehhe
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
kazzlow #44013
P.L.U.R Life