44
vote
Gambar preview Kisah 30 Pasukan "Hantu" Indonesia Di Kongo.

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Kisah 30 Pasukan "Hantu" Indonesia Di Kongo.

Ada cerita menarik soal Pasukan Garuda. 30 Pasukan Garuda berhasil membekuk 3.000 gerilyawan di Kongo berbekal akal bulus dan kecerdikan.

Ceritanya, Desember 1962 di Kongo sedang bergolak. Kontingen Garuda III (Konga III) di bawah pimpinan Kolonel Kemal Idris berangkat sebagai pasukan perdamaian di bawah UNOC (United Nations Operation in the Congo).

Saat itu kelompok milisi di bawah pimpinan Moises Tsommbe ingin lepas dari pemerintah Republik Demokratik Kongo pimpinan Presiden Kasavubu. Rakyat sipil pun segera menjadi korban pertikaian antar milisi dan tentara pemerintah.

Pasukan Garuda III segera dikenal karena keluwesannya bergaul. Banyak Singkong di Kongo, pasukan TNI pun mengajarkan bagaimana cara mengolah masakan Indonesia, membuat kue, serta menyayur daun singkong sehingga enak dimakan. Selama ini rakyat Kongo hanya mengolah singkong menjadi tepung yang rasanya tidak enak.

Suatu hari, terjadi serangan yang dilakukan 2.000 gerilyawan Kongo ke markas Pasukan Garuda. Saat itu markas hanya dipertahankan 300 tentara. Setelah baku tembak berjam-jam, gerilyawan dapat dipukul mundur. Untungnya tak ada korban di pihak Indonesia.

Serangan balasan pun segera dirancang untuk menangkap para pemberontak. Letjen Kemal Idris menceritakan hal ini dalam buku biografi, Kemal Idris, bertarung dalam revolusi terbitas Sinar Harapan.

"Kami melakukan penyerangan di malam hari dengan kapal yang digelapkan di atas danau Tanganyika, tidak berapa jauh dari daerah Albertville. Pasukan kami yang berkekuatan 30 orang menyamar sebagai hantu," beber Kemal Idris.

Kemal tahu 3.000 pemberontak itu sangat percaya takhayul. Mereka takut pada hantu spritesses yang digambarkan berwarna putih dan melayang-layang di waktu malam. Maka 30 anggota pasukan garuda itu berpakaian jubah putih dan segera menyerang.

"Melihat sosok-sosok putih bergerak-gerak, semangat mereka hilang sama sekali dan segera menyerah," kata Kemal.

Lanjut di Komen...
Kisah 30 Pasukan "Hantu" Indonesia Di Kongo. (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
Direkomendasikan pembaca lain
58 komentar
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
kazzlow #44013
P.L.U.R Life
Diskon/voucher terpopuler