22
vote
Gambar preview MEMECAHKAN MISTERI BERINGIN KEMBAR DI ALUN2 YOGYA

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

MEMECAHKAN MISTERI BERINGIN KEMBAR DI ALUN2 YOGYA

Memecahkan Misteri Beringin Kembar di Alun-alun Yogya

Dicky Ardian - detikTravel


Pohon beringin kembar yang menjadi garis finish (Dicky/detikTravel)

Yogya - Alun-alun Kidul Yogyakarta bukan destinasi biasa. Di sana terdapat pohon beringin kembar yang menjadi misteri. Konon, jika Anda bisa berjalan lurus dengan mata tertutup sambil melewati pohon itu, maka rezeki akan lancar. Mau coba?

Tidak hanya wisatawan lokal, mitos ini juga sudah sampai ke telinga turis mancanegara. Maka kegiatan ini seperti suatu kewajiban saat mengunjungi Alun-alun Kidul Yogyakarta. Senin (31/12/2012) lalu, saya mencoba sendiri peruntungan berjalan dengan mata tertutup di sini.

Siang itu, awan cukup gelap dan angin pun berhembus kencang, pertanda hujan akan turun. Di tengah Alun-alun kidul terdapat puluhan wisatawan yang juga sedang mencoba mitos ini. Mereka berjalan dengan mata tertutup berusaha melewati jalan di antara dua beringin.

Saat yang lain mulai berjalan dengan mata tertutup kain hitam, saya masih menyaksikannya dari dekat. Mencoba menganilisa mengapa mereka tidak bisa menuju garis finish: jalan di anatara dua beringin. Sebagian dari mereka ada yang melipir ke arah kanan, menerobos rerumputan yang jauh dari tujuan.

Saya mencoba menahan tawa melihatnya. Bayangkan saja, jarak sekitar 20 meter hanya perlu Anda lewati dengan mata tertutup sambil berjalan lurus. Ya, berjalan lurus, tak perlu belok ke kanan atau ke kiri. Tapi, kenapa sangat sulit?

Penasaran yang ada coba saya lepaskan dengan mencobanya langsung. Berbekal kain hitam yang kebetulan saya bawa sendiri, niat mencoba peruntungan di Alun-alun Kidul pun terwujud.

"Huh!" tarikkan napas panjang saya keluarkan demi menghilangkan grogi. Saat itu pula doa keluar dari mulut saya, "Semoga saya beruntung."

Langkah pertama saya hentakkan ke tanah yang gembur. Disusul langkah kedua, ketiga, keempat, dan seterusnya. Tak ada yang bisa saya lihat di sela-sela kain hitam.

Bersambung di koment
MEMECAHKAN MISTERI BERINGIN KEMBAR DI ALUN2 YOGYA (Gambar 1) MEMECAHKAN MISTERI BERINGIN KEMBAR DI ALUN2 YOGYA (Gambar 2) MEMECAHKAN MISTERI BERINGIN KEMBAR DI ALUN2 YOGYA (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
31 komentar
gingtato #18514
Jawa Tengah
Saya hanya pasrah dan percaya kaki ini melangkah ke tempat yang tepat. Konsentrasi masih tertuju ke garis finish.

Satu menit berlalu, di tengah konsentrasi yang coba saya bangun, terdengar suara sambil menertawakan saya, "Mau ke mana, Mas?"

Memang, saya tidak tahu itu suara siapa dan untuk siapa suara itu ditujukan. Yang jelas, konsentrasi saya sudah hilang, percaya diri pun luntur terbawanya. Dengan penuh rasa penasaran, akhirnya kain hitam yang mengalangi pandangan pun saya buka, sambil berharap saya berada di tempat yang seharusnya: di anatara dua beringin.

Tapi, keberuntungan ternyata belum memihak. Saya malah berjalan jauh dari target. Berbelok ke kiri, menikung 90 derajat.

Ada banyak versi sejarah mengenai pohon beringin kembar tersebut. Pada zaman dulu, Sultan Hamengkubuwono I mempunyai putri yang cantik jelita. Banyak lelaki yang ingin melamarnya untuk dijadikan istri. Sultan pun memberi tantangan bagi siapa saja yang ingin melamar putrinya, harus melewati beringin kembar dengan mata tertutup.

Konon, banyak yang gagal dan tidak berhasil dalam melewati beringin kembar. Hingga akhirnya, anak Prabu Siliwangi dapat melewati beringin tersebut dan menjadi suami dari putri sultan. Menurut sultan, hanya orang yang berhati baik dan tulus yang dapat melewati beringin kembar dengan mata tertutup.

Selain itu, ada versi lain yang mengatakan, beringin kembar pernah dijadikan sebagai pertahanan gaib untuk mengecoh pasukan Belanda yang ingin menyerang keraton agar mereka kehilangan arah.

Penasaran? Anda juga bisa mencobanya. Kegiatan ini bisa dilakukan siang atau malam hari. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa kain penutup mata, sebab di Alun-alun Kidul sudah disediakan. Anda hanya perlu menyewanya dengan harga Rp 3.000 saja. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

>̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡okay
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Wow, mistik,!!
Pohonya di ditingali genderowo ya bang?

Seperti kata mas budisantoso
Pohon beringin tempatnya genderuwo

http://www.thecrowdvoice.com/post/pohon-tempat-tinggal-hantu-5849875.html
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah
Makluk halusnya bayak sekali,
°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
Waktu pas sekolah dulu, aq pernah ikutan latihan baris berbaris.. Trus waktu itu kakak pelatihnya meminta kami jalan d tempat sambil menutup mata.. Saat aba" dimulai, kami mulai jalan ditempat dengan kompak sambil menutup mata.. Setelah sekitar 15 menit, kakak pelatih meminta kami untuk berhenti dan membuka mata kami.. Setelah mata kami buka,, barisan yg awalnya rapi menghadap ke depan, mendadak jadi barisan yg acak"an.. Ada yg sudah menghadap ke belakang, ada yg berbelok k samping kiri dan kanan.. Kacau bgt pokoknya.. Hhaha..
Mungkin ini juga sama kayak peristiwa jalan melewati beringin itu.. Ntahlah..
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
Ggrrrr,, udah cerita panjang lebar,, cuma d tanggepin thank you doang???????? >,<
tahun lalu
Theopilus #28626
Kyu III
Haha
Trus gita posisinya gmna saat itu?
tahun lalu
gigitata #22245
‍‍
Jadi serong ke kanan >,<
tahun lalu
moenmadsufi #8004
Θί hati-mu ...
Pernah coba juga dan ternyata .......



memang gagal ....! *padahal dah pede kalo bakal berhasil
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
donClue #29993
TrueVoice
Aku pernah nyoba dan berhasil, BERHASIL, krn akulah org yg hatinya baik dan bersih ntu....
tahun lalu
icewarmtea #31283
«Walking Like A Boss
Salken.. Ya.. ^^
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
misakhum #23375
Smes q mas brow...!!
Menurut sultan, hanya orang yang berhati baik dan tulus yang dapat melewati beringin kembar dengan mata tertutup.
VU...good share ging...
Pantesan belum jodoh ma putri keraton... :(
*jagalah hati...
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
sandyfery #31878
Makassar~pinrang
Donclue, *itu berarti kamu orangnya baek hehe
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
untoro #4468
Sering kali coba, tapi tetep msk golongan mayoritas.. hehehehe.. Vu
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
sitaba #27103
Surabaya
Pohon beringin itu tempat tinggalx mahluk halus seperti genderuwo yg senangx ganggu tau ngerjain manusia,
Mungkin orang yg ga bisa lewat di situ itu di karenakan di usili ma penunggu pohon beringin itu...
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
cypta.cipcip #13971
Love kuching ^^
Mungkin kalau niatnya baik dan tulus akan kesampaian seperti prabu siapa tadi, siliwangi?
berbeda kalu diawalnya sdh ada modus.
Tapi, prabu tadi kan juga modus, ah entahlah...
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
Pic.A.Zzo #16659
Steam:CrocodilePower
Inponyaa mantang ging pot up
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
Danung #13828
Asl pls..~
Alkid emang punya banyak mitos dan dan yang bilang klo uda sampek tengak harus masukin tangan di dalam kotak dan meminta permintaan tp ada juga yg mitos cuma nglewati aja.
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
Warnasaka #21847
Londonesia
Nice info..
Vote Up :)
tahun lalu
gingtato #18514
Jawa Tengah

°·♥·♡τнäиκчöü♥·♡·°
tahun lalu
Warnasaka #21847
Londonesia
You're Welcome
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
gingtato #18514
Jawa Tengah