7
vote
Gambar preview Penyebab Nyeri di Ulu Hati

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Penyebab Nyeri di Ulu Hati

Bila anda mendadak merasakan nyeri didaerah ulu hati disertai rasa mual dan rasa kembung, kemungkinan besar anda menderita Gastritis. Gastritis adalah terjadinya proses radang pada lambung. Mengapa bisa terjadi radang ?

Banyak penyebab timbulnya radang pada lambung diantaranya adalah sering terlambat makan. Semuanya terkait dengan asam lambung, didalam tubuh manusia asam lambung diproduksi oleh Sel Parietal yang bertujuan untuk membantu proses pencernaan makanan, jadi produksinya sesuai siklus makan orang tersebut. Jadi, kalo seseorang makannya teratur 3 kali sehari, begitu juga dengan asam lambung diproduksi pada jam-jam makan itu juga, jika orang ini tidak makan pada jam yang biasanya karena terlambat makan, asam lambung terlanjur diproduksi dan tidak ada makanan yang dicerna, sehingga bisa melukai lapisan lambung. Terjadilah gastritis.

Penyebab lain adalah adanya bakteri Helicobacter pylori, Bakteri ini mudah menular lewat peralatan makan yang kurang bersih mencucinya, biasanya selalu disertai gejala mencret. Sedangkan gejala umum yang sering muncul pada sakit maag adalah mual sampai muntah, nyeri ulu hati, dan pusing.

Kemudian bila sudah kena maag selain pola makan, jenis makanan harus diperhatikan. Usahakan jangan membiarkan lambung kosong dalam waktu lama. Paling tidak , ada makanan masuk tiap 3 jam sekali. Kemudian karena lambung penderita gastritis sensitif sekali, makanan yang dikonsumsi tidak boleh terlalu merangsang, jangan terlalu panas atau dingin, juga makanan pedas dan terlalu asam harus dihindari. Juga diusahakan penderita gastritis tidak stres, karena keadaan ini dapat mempengaruhi kondisi lambung.

bertahun-tahun yang lalu
di
63 komentar
fla_rose #574
Depan Zenbook
Makanan Yang Harus Dihindari :
Tahu, dan tempe goreng, kacang tanah, kacang merah, kacang tolo,sayur mentah, sayur berserat tinggi, sayur yang menimbulkan gas (daun singkong, kacang panjang, kol, lobak, sawi, asparagus ), buah tinggi serat atau yang menimbulkan gas ( jambu biji, nanas, apel, kedondong, durian, nangka), juga buah yang mentah, asam, lemak hewan, santan kental, minuman bersoda, alkohol, dan kopi.

Pengobatannya diobati dengan obat-obatan jenis H2 Bloker (Cimetidine, Ranitidine,Famotidine ), Proton Pump Inhibitor (omeprazole, lanzoprazole,dll), dan golongan Antasida(yang dipasaran terkenal dengan Mylanta atau Promaag).

Selain itu, stres atau banyak pikiran bisa merangsang lambung memproduksi asam lambung berlebihan sehingga mengiritasi dinding/lapisan lambung. Akibatnya akan timbul nyeri di daerah ulu hati (tempat lambung berada) yang disebutGastritis.

Jangan sampai suatu masalah sampai membuat kita tenggelam dalam keadaan stres apalagi sampai memakan waktu berkepanjangan, disamping menimbulkan penyakit mag, juga bisa berdampak pada kelangsungan hidup, jadi atasilah stres itu!
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
Thanks infonya fla, kebetulan gw penderita maag juga. Makanan pantangan gw tuh segala macam makanan/minuman asam, pasti langsung terasa di ulu hati dan lama bgt redanya padahal udah dihajar obat >,<
Satu lagi musuh gw: kopi. Jahat bgt si kopi ini, efeknya cepat bgt bikin gw maag, makanya gw anti kopi :)

Tapi untungnya lambung gw bisa terima rasa pedes dan kebetulan gw rajanya pedes, kalo gak ada sambel makanan terasa hambar :p

Vote-up buat si asam lambung >,<
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
sama dem, ga enak ya punya maag >__<
2 tahun terakhir, tiap tahunnya pasti masuk rs, untung tahun ini hampir, tapi gw gamau opname >__<
udah langgangan obat maag dosis tinggi :d

wah kuat sambel? gw malah ga kuat kalo terlalu pedes, langsung berkontraksi bwahaha.
tapi mgk kalo sambel krn lu terbiasa makanya gapapa? :p

kalo kopi, emang parah tuh, tapi sayangnya gw pecinta kopi dan sejauh ini nekat minum kopi *liat2 kondisi fisik juga*
minumnya yg kopi beneran, kafeinnya lebih rendah, atau white coffee *tapi blm pernah nyoba white*
bertahun-tahun yang lalu
CLA10 #21
semoga ga kambuh lagi ya penyakit kalian berdua.. :)
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
thanks ten *walau rasanya hampir ga mungkin :p*

lu juga deh, sehat2 ^^
bertahun-tahun yang lalu
mw nambahin, kalo lagi maag kumat trus ga ada obat, minum teh manis hangat deh, bisa agak mendingan



kalo gw sptnya menderita gratistis
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
Mungkin logikanya cairan hangat bisa membantu meredakan otot yg tegang di lambung ya :)

* kyknya ada yg salah di tulisan gw, gak nyambung...
bertahun-tahun yang lalu
"Katanya" sih makanan yg manis2 trus agak hangat bisa agak meredakan, trus gw coba emang bisa sih dem
Trus kentang yg di panggang ampe air abis jd cem serbuk gt, jg manjur
:)
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
ooo... ok nanti kapan2 dicoba, thanks infonya yah an :)
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
thanks tambahannya ana, setau gw sih, minum teh manis hangat itu buat isi perut, kan manis buat nambah tenaga, tapi krn minuman jadi ga mual *bener gaya?*
tapi gw pribadi krn punya penyakit mager alias males gerak, srg gw biarin kalo maag, makanya, ga sadar udah parah kadarnya :p

bwahahaha gratistis akut ya? :p
bertahun-tahun yang lalu
Huehehe..
Yg psti kalo gw tb2 akid maag, cari makan / minuman manis2 dulu,
tp kalo maagnya uda akiddd bgt (ampe mual2, muntah2), biasa lgsg minum obat (tp yg tradisional, ntah hapa namanya, tp berupa serbuk) abis diminum, perut lgsg terasa plong, kalo obat2 modern, bnykan ga mempan :(
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
setuju sama ana, obat2 modern banyakan ga mempan.
wah obat tradisional apa tuh?

susah ya kalo udah terbiasa tidak teratur >_<
bertahun-tahun yang lalu
Ga tau jg apa namanya pla..
Cuma di beliin ortu, gw tinggal glek aja
Stlh diminum, dy ada rasa2 plong (cem mint) di perut
Biasa di jual di toko obat tionghua, namanya ...
Tidak tau  ƪ(◦'_'◦)ʃ
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Menderita gratistis katamu ana?

Maksudnya nyari barang gratis :-)
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
omjon mau ngasih obatnya? :p
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Ya udah saya jual fla ke mbak ana tanpa bayar :-)
bertahun-tahun yang lalu
bole bole..
ini si pla bisa disuru nyuci, cabut rumput, gosok, ngepel, joget,
baiklah, saya terima :D
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
si fla makannya banyak lho ana, kuat gak nanggungnya?
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Kejem nih omjon >__<
Ntar nyesel lho udah ngejual gw ke ana :p
Bwahahaha

Tenang ana, gw ga makan nasi kok, rapido aja kenyang, kalo omjon makanya mobo tuh, kriukkriuk katanya :p
bertahun-tahun yang lalu
tenang aja jon, msh banyak rumput di halaman, msh cukup buat pla makan ampe buncit :p
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Nonononoooo
Rumput buat ana aja, ntar ana kelaperan :p
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
oh pintar! halaman jadi rapi, dan budakmu jadi kenyang!

nimpuk dua burung dengan sebiji batu :-D

*menghindari fla
bertahun-tahun yang lalu
ya uda, kalo ga suka rumput, si jon mau nyumbang batu, jadi makan rumput pake lauk batu

*kaburr
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Kalian emang pasangan tegaaaa~
Gw gamau rumput sama batu, gw makannya besi beton, itu lbh kriukkriuk :p~


*budakmu?(¯―¯٥) *
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Iya budak, kurang jelaskah :-D
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Sangat kurang!!
Omjon praktekin dulu :p
bertahun-tahun yang lalu
comelnya budak yang satu ini :p
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Badaakk badakk
(˘_˘٥)ck! (٥˘_˘)ck! (˘_˘ ٥)ck!
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Kalau udah sakit parah susu bisa membantu gak?
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
Wah jangan sekali2 minum susu kalo maag akut Jon. Bnyk yg blg susu bisa mengikat asam tapi sbetulnya unsur senyawa yg ada pada susu itu paling susah diuraikan lambung, akibatnya malah memperparah sakitnya.
Ini gw pernah baca di artikel kesehatan, moga2 bukan hoax >,<
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Jadi bagusnya apa dem?
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
Hmmm bagusnya apa ya... Kyknya cara paling ampuh adalah menjaga utk gak makan jenis makanan yg bisa merangsang produksi asam lambung yg berlebihan Jon. Kyk gw, berhubung pengalaman gw gak tahan makan/minum asam, gw hindari bgt yg itu. Dan kalo maag terlanjur kambuh, terpaksa minum obat. Apa perlu ditulis di sini obat favorit gw? Tp ntar jd iklan obat yah :p

Oiya hal yg penting juga: makan harus teratur. Gw rasa Jon makannya kalo lg inget atau pas lagi laper yak :p gak boleh tuh, keburu telat, kasian lambungnya.
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Baiklah om dem
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
........Tanggapannya cuma 3 kata aja? O_o

Btw mau info jg, hati2 kalo perut terasa sering kembung dan ulu hati nyeri persis spt sakit maag. Kemungkinan itu gejala ada batu dalam empedu. Ini bukan mau takut2in tapi beneran, sudah terbukti.
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Baiklah om
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
begitulah om >,<
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
thanks dem, tambahannya :)
kalo ulu hati nyeri, gw baca di salah satu web, katanya hati2, bisa juga serangan jantung versi sangat ringan atau apa gtu.

batu dalam empedu? wawww
http://medicastore.com/penyakit/67/Batu_Empedu.html



btw, soal makan teratur, kalo udah terbiasa sama 1 pola makan kok rasanya fine2 aja ya,
kayak gw terbiasa sehari makan 2x, siang dan malam/tengah malam dan gapapa tuh :d
*apa gw nya yg terlalu cuek sampe ga meduliin sakit ya :/*
bertahun-tahun yang lalu
chaqtie #14
Mom 2 bee
ini kayaknya sering gw alami, makasih infonya fla,..

*fla, punya obat maag ga?*
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
thanks chak sama2 :D
biasanya kalo udah gtu, makan mual, ga makan juga mual >__<
terus perut walaupun udah diisi, bawaannya laper kayak orang belom makan, itu asam lambungnya tinggi banget berarti

obat maag?
gw ga mempan pake obat maag sejenis mylant* dkk,
ada sih dr doketr maagtr** dikasih dosisnya lbh tinggi dr yg tertulis di dus obatnya pula :/
tapi gw males minum, jadi dibiarin aja kalo maag bwahahaha

ayo chak makan teratur biar ga kambuh2an ^^
bertahun-tahun yang lalu
maman #13
MILANELLO
ternyata disini banyak juga yg maag ya
saya jadi terharu
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
kok terharunya terhadap penyakit sih >.<
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
hiks hiks terharu juga deh man ada yg terharu :p
*edarin kotak koin penderita maag:p
bertahun-tahun yang lalu
maman #13
MILANELLO
maksud gw banyak temennya
sakit maag >_<
bertahun-tahun yang lalu
putu_ranie #839
Muncul dari cermin
Waduuuhhh kayaknya nih karena fla belakangan ini lg stres yaa :)
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
stres itu salah satu penyebab dari gangguan pencernaan lhoo
ahahaha
bertahun-tahun yang lalu
putu_ranie #839
Muncul dari cermin
Makanya jgn stres fla, dibawa nyante aja, ga lulus ya ulang lg hehehhe :D
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Gw stressnya gara2 ombubud sama pempoii joget2 trs ngerusak pemandangan >__<
Gyahahaha
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
prihatin sama mata kamu fla
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Pinjem kacamata itemnya dong *____*
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
kacamata item itu hilang fla, sehabis mejeng berfoto ria, gw nekad berenang hampir tenggelem, untung yg hilang kacamata hitam, bukan nyawa >.<
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Waaa jadi ternyata si kacamata item itu udah RIP toh >_<
Semoga arwahnya tenang di sisi-NYA amin :p

Nekad berenang? Emang omjon berenang gaya apa? Batu? (¯―¯٥)
bertahun-tahun yang lalu
putu_ranie #839
Muncul dari cermin
Hahahhaha ak aja sampe berkunang-kunang klo udh nyebutin ayu tingting @_@
bertahun-tahun yang lalu
Hmm ... Kayaknya gw tergolong beruntung ...

Karena makan juga jarang, lambung gw bilang: "ok bos, mulai sekarang gw ga bakal produksi asam lambung lagi -- sia2 mulu" :)
bertahun-tahun yang lalu
chaqtie #14
Mom 2 bee
Lambungnya pengertian banget sih,....

Kerumah jon aja kalo laper, kin
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
Mengenaskan sekali kin...

:p
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
wakin, biasanya kalo udah terbiasa gitu kok, ga kerasa.
mungkin lu keasikan main sama app TCV makanya ga inget lain2 :p
soalnya gw  juga, kalo udah keasikan ngerjain suatu hal, lupa makan lupa tidur, dan gw ga ngerasa efek maag dan ngantuknya :D
bertahun-tahun yang lalu
hehe betul ... betul ... tcv memang asik :D

*ngga nyambung, numpang promosi
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Lebih asik lagi kalo TCV menyediakan makanan bagi lebah2nya, biar tetep bisa makan teratur :p
bertahun-tahun yang lalu
putu_ranie #839
Muncul dari cermin
Setujuuuu flaaaa xD
bertahun-tahun yang lalu
makan aja tuh si kue putu :)

*lagi mancing OOT :D
bertahun-tahun yang lalu
CLA10 #21
kin, ada live comment lho.. ga ikutan lu?
bertahun-tahun yang lalu
oh ya? sip ten ... ... on my way ... ... to the batmobile :)
bertahun-tahun yang lalu
putu_ranie #839
Muncul dari cermin
Lho kin, kmana kumisnya smua?
*sambil bawa gunting buat gundulin si wakin*
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
fla_rose #574
Depan Zenbook