10
vote
Gambar preview Sang Ilmuwan

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Sang Ilmuwan

. Josaphat T.S Sumantyo, Penemu Radar 3 Dimensi
Dengan totalitas dan dedikasinya di bidang antena, sensor, dan radar, membuat Josh meraih berbagai penghargaan dari Chiba University, antara lain dari Nanohana Venture Competition Award, Nanohana Competition Award hingga Chiba University President Award.
Josh juga pernah meraih penghargaan The Society of Instrument and Control Engineers (SICE) Remote Sensing Division Award. Anggota dari Society of Instrument and Control Engineers (SICE) sendiri adalah lembaga-lembaga besar seperti JAXA (lembaga antariksa Jepang), NICT (Institut Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Jepang), NIES (Institut Nasional Studi Lingkungan), ISAS (Institut Ilmu Pengetahuan Antariksa dan Astronotikal), universitas-universitas, serta perusahaan-perusahaan besar perlengkapan antariksa Jepang mulai dari Mitsubishi, Toshiba, dan NEC.
Ratusan paten milik Josh tersebar di 118 negara di dunia. Karya Josh di masa depan akan diaplikasikan di bidang telekomunikasi, transportasi, penginderaan jarak jauh, kesehatan maupun militer. 1200 unit Radar cuaca buatan Josh akan digunakan oleh perusahaan Jepang Weathernews Corporation untuk mengirimkan informasi prediksi cuaca 3 Dimensi. Informasi ini nantinya juga digunakan untuk navigasi pesawat, kapal (alat transportasi massa) dengan lebih akurat. Josh juga membuat radar anti bajak laut bagi kapal-kapal skala besar Jepang, maupun radar-radar untuk mobil yang melewati daerah bersalju.
Riset Josh yang sangat bermanfaat dengan kebutuhan Indonesia antara lain di bidang pemantauan pergerakan lempeng serta pemantauan musibah dan manajemen bencana berbasis penginderaan jarak jauh. Riset ini dapat digunakan memonitor pergerakan permukaan bumi dengan akurasi milimeter, memonitor pergeseran permukaan bumi sebelum tanah longsor terjadi, atau pergerakan sesar atau patahan.
Namun sayangnya, bukan Indonesia yang memanfaatkan riset Josh, justru negeri Jiran lah yang menikmati hasil penelitian ini. Riset ini .
Sang Ilmuwan (Gambar 1) Sang Ilmuwan (Gambar 2) Sang Ilmuwan (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
18 komentar
Mustoocool #15336
BersamaMU
Banyak orang yang merasa malu dan tidak bangga menjadi bangsa Indonesia. Kondisi perekonomian dan tingkah laku elit dan politisi yang seringkali membuat ulah negatif terkadang membuat orang minder mengaku sebagai rakyat Indonesia. Kita tidak bisa menutup mata dengan kenyataan yang terjadi. Namun kita masih memiliki harapan bahwa ternyata ada rasa kebanggaan jika kita melihat para ilmuwan Indonesia yang menunjukan kehebatan mereka dan berkiprah di luar negeri.
Tahukah anda, negara kita ternyata memiliki banyak sosok ilmuwan yang memiliki kecerdasan luar biasa. Berbagai penelitian dan penemuan telah mereka lakukan. Hasil temuan mereka pun mendapat apresiasi mengagumkan di negeri orang. Tulisan ini sengaja dibuat untuk mengenal lebih dekat para ilmuwan, di mana  mereka justru lebih terkenal di negara lain ketimbang di negara kelahiran mereka sendiri.
Seandainya negara kita bisa memberikan suatu penghargaan atau apresiasi atas jerih payah yang telah mereka lakukan. Para Ilmuwan ini adalah asset besar negara kita. Ilmu yang mereka miliki seharusnya diturunkan kepada generasi penerus bangsa ini. Sudah sepantasnya bila mendapatkan apresiasi atas temuan mereka yang sangat bermanfaat. Lihatlah, di negara lain mereka justru mendapatkan berbagai penghargaan atas keberhasilan mereka tersebut.
tahun lalu
fennyosana #17406
Indonesia
Setuju dgn opini si abg ini.
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Merdeka!!!!!
tahun lalu
maman #13
MILANELLO
Wow mamantap penemuannya O_o
Tapi sayang sekali lagi kurang dihargai di negeri sendiri
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Itulah kang Maman,kebanggaan kita,terganjal,kekecewaan kondisi negara kita.
tahun lalu
TyaRaiHan #9964
I got U, Beibeeehh..
Sebenarnya mereka gak malu mengakui kewarganegaraan mereka, tp mereka lebih percaya diri jika hasil" temuannya di perkenalkan ke negara luar ketimbang negara sendiri...
Kenapa? Krn selain merasa lebih di hargai, juga krn msh banyaknya negara yg memandang sebelah mata para ilmuan jika mereka mengetahui bahwa ilmuan tersebut hanya lulusan dari perguruan tinggi yg ada di indonesia...
Liat aja contohnya, banyak para ilmuan yg memiliki titel, rata" semuanya hasil didikan dari luar negeri...  >̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Betul...
Semua itu perlu bukti.!
tahun lalu
edxghost #5786
Jupiter
.ɇ ɇ ɇ ɇ ɇ ɇ ɇ .Ṁ̭̥̈̅̄ṁ̭̥̈̅̄н☀('.._..')☀нṁ̭̥̈̅̄Ṁ̭̥̈̅̄ ..... Tula indonesiaxu,,,sibux dr xasus xorupsi,maling teriax maling,,Ɣªήğ lain lupain ªĵª dulu,,,
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Sibuk dg pepesan kosong!!
tahun lalu
poetra5460 #22248
Harimau Sago
Bukannya tidak bangga menjadi bangsa Indonesia,tp emang negara tercinta kita yg belom bisa menghargai hasil karya anak bangsanya,jadi gak heran kalau banyak ilmuwan kita yg mencari peruntuingan kenegara yg mau menghargai jerih payahnya,contohnya mantan presiden kita prof BJ Habibie,dan masih banyak lg yg lain,mungkin krn bangsa kita adalah bangsa agraris jd hobbynya hanya membajak tanpa mau menggunakan dan menghargai kelebihan serta potensi anak bangsa...
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Generasinya instant.
Tq kk
tahun lalu
poetra5460 #22248
Harimau Sago
Mantap bro...semoga suatu saat anak cucu kita bisa menghargai potensi yg mereka punya
Ceileee...kesannya dah tua banget gw yaaa'?? Huahahahahahah
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Tuaaan juga ane,liat tuh jenggot ma rambut dah putih semua.hahaha
tahun lalu
poetra5460 #22248
Harimau Sago
Hmm....iya ya? Occe dech kakeeekkk....hemat2 nafas ya kek....biar irit and bs agak lamaan dikit...heheheheheh
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Iya nih nafas di jatah sehari semalam,cuma berapa botol,
Mau nyumbang....?   Ngeri ya cerita kalo tua.
hahaha
tahun lalu
poetra5460 #22248
Harimau Sago
Iya...gw sech mau sweet seventeen terus,biar tetap dianggap brondong...hehehehehe
tahun lalu
Mustoocool #15336
BersamaMU
Setuju..
SPirit tetep muda sampai kapanpun.
tahun lalu
hendra777 #17675
ˆ ⌣ˆ Surabaya
Keren info nya.. :)
tahun lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
Mustoocool #15336
BersamaMU