15
vote
Gambar preview sering buang air kecil

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

sering buang air kecil

halo teman tcv-ers,
kira2 ada ga yang sering buang air kecil disini?
kebetulan gw termasuk salah satu org yang sering buang air kecil, ampe agak takut juga, ntah keran gw bocor atau apa
x_x
pernah juga gw tanya sodara yang dokter, katanya sih mungkin krn frekuensi minum air yang sering (emang sih, gw kalo minum air psti banyak).
Jadi, iseng2 gw search hari ini, berikut beberapa informasi yg gw dapatkan

Dalam istilah medis, sering buang air kecil lebih dikenal atau 'beser' dengan overactive bladder (OAB). Kondisi ini terjadi, menurut Jill Rabin, MD, urogenikolog dan penulis 'Mind Over Bladder: I Never Met a Bathroom I Didn't Like', bila seseorang seringkali sulit menahan buang air kecil, dan ingin berkemih lagi meski baru saja ke kamar mandi.

"Gejalanya, Anda berkemih lebih dari 8 kali per hari, dan keinginan ini juga muncul lebih 2 kali ketika Anda tidur."

Menurut National Association for Continence (NAFC), 75 - 80 persen penderitanya adalah kaum wanita, terutama pada usia produktif (20 - 40 tahun). "Sayangnya, banyak wanita yang tidak menyadari bahaya dari keinginan berkemih yang terlalu sering ini. Padahal, kondisi ini lama kelamaan bisa menurunkan kualitas hidup penderitanya," ujar Rabin menambahkan.

Apa penyebabnya? Menurut Rabin, hingga saat ini belum diketahui dengan jelas penyebab penyakit ini. Namun, ada penelitian yang menyebutkan bahwa kondisi terjadi karena adanya kontraksi yang berlebihan pada otot kandung kemih, yang menyebabkan sensasi untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya.

Selain itu, salah satu faktor yang menyebabkan penyakit ini timbul adalah karena penyakit diabetes pada seseorang.

Jika kondisi ini sering Anda alami, selain periksa ke dokter, Anda dapat mengurangi gejala ini dengan cara.

- Hindari minuman mengandung kafein, seperti kopi, teh, dan soda


.....
lanjut di komeng
bertahun-tahun yang lalu
di
77 komentar

- Kurangi asupan air sebelum tidur, agar keinginan untuk berkemih saat tidur bisa berkurang. Tapi, sebaiknya jangan kurangi minum di siang hari. Tubuh tetap perlu air agar tidak dehidrasi.

- Saat buang air kecil, usahakan untuk mengeluarkan urin sebanyak mungkin. Jangan langsung beranjak dari toilet. cobalah relaks sebentar, lalu coba untuk berkemih lagi. Cara ini bisa membuat Anda tak terlalu cepat ingin buang air kecil lagi.

Namun, bila Anda buang air kecil jauh lebih sering dari biasanya maka hal itu dapat menunjukkan adanya masalah atau gangguan dalam tubuh. Kemungkinan penyebabnya antara lain:

  1. Infeksi Saluran Kemih (ISK) -> peningkatan frekuensi buang air kecil.
  2. Diabetes -> gejala awal dari diabetes saat tubuh mencoba untuk membersihkan diri dari glukosa yang tidak digunakan melalui urin.
  3. Prostatitis akut. Kandung kemih mulai berkontraksi bahkan ketika masih memiliki sejumlah kecil urin.
  4. Pembesaran prostat. Sering merasa ingin kencing, terutama di malam hari, adalah salah satu gejala dini pembesaran prostat jinak (BPH), yang banyak terjadi pada pria di atas usia 40 tahun.
  5. Menstruasi. pengaruh hormon yang terus berubah.
  6. Kehamilan. Pada minggu-minggu awal kehamilan rahim mengalami perkembangan sehingga menekan kandung kemih, menyebabkan sering buang air kecil.
  7. Sistitis interstisial. Radang dinding kandung kemih kronis yang tidak diketahui penyebabnya ini ditandai dengan nyeri di daerah kandung kemih dan panggul. Gejala utama sistitis adalah dorongan kuat untuk buang air kecil, setiap kalinya hanya mengeluarkan sejumlah kecil urin (Jawa: anyang-anyangen).
  8. Kafein.
  9. Obat-obatan. biasanya terdapat pada obat-obatan yang digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi
 10. Stroke atau penyakit neurologis lainnya. Kerusakan saraf yang mengendalikan kandung kemih dapat menyebabkan masalah fungsi kandung kemih

bertahun-tahun yang lalu
 11. Kandung kemih terlalu aktif. Beberapa orang sering buang air kecil terutama di malam hari. Gejala ini disebut nokturia dan biasanya mempengaruhi orang berusia lebih dari 50 tahun, ibu hamil, pria dengan kanker prostat dan gagal jantung. Normalnya, produksi urin di malam hari berkurang sehingga Anda dapat tidur dengan damai. Dalam kasus nokturia, produksi urin tetap besar sehingga mengakibatkan sering buang air kecil.


source :
http://majalahkesehatan.com/buang-air-kecil-terlalu-sering-apa-sebabnya/
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
Kalo  ƍω sering beser jg tp krn  ƍω minumnya jg banyak...dan  ƍω pernah coba tanya ke dokter sih Ъќ ada masalah soalnya pas tes urine hasilnya  ‎​​;)oº°˚°ºok!!!;).

Good inpo ana...pot up!!!
bertahun-tahun yang lalu
makasi yoyo..
wah, gw blum prnh tes urin neh
>.<
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
Coba aja tes urin lengkap atau Urin Rutin ana...kalo hasil urin kita jernih dan tdk ditemukan sedimen2 yg berbahaya berarti Ъќ ada masalah §ąƔ ...
bertahun-tahun yang lalu
kalo urin rutin yg gmn lg tuh yo..
kemarin lu tes gt-an di rmh sakit atau di laboratorium gt ya?
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
Aku tes sendiri di lab
:D :p ✗í✗í✗í :p ✗í✗í✗í :p
Hampir sama urin rutin sm urin lengkap mending sih lengkap aja sekalian ana...

Btw klo kira2 urine lw Ъќ keruh tp jernih atau Ъќ ada rasa sakit pas buang air kecilnya sih Ъќ masalah kok ana...selagi banyak minum air putih sih kukira aman2 aja dech dg sistem kerja ginjal kita...
bertahun-tahun yang lalu
tes sendiri.. O.O
keren bgt.. ajarin dong :D

hehe , iya sih, ga keruh n ga sakit emang, tp jdnya harus sering bolak balik aja
>.<
makasi infonya yooo
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
:D :p ✗í✗í✗í :p ✗í✗í✗í :p
Kembali kasih ana....
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Gw suka haus kalo malam2, jadi banyak minum. Efeknya y bolak-balik wc, apalagi kalo cuaca dingin.
Teh!!! Efeknya langsung terasa kalo habis minum teh., gw coba dgn g pake gula, sedikit manjur lah.
bertahun-tahun yang lalu
yup yup , bener bgt bud...
gw dulu sering minum mandi, efeknya emang jd sering ke toilet
-_________-
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Minum mandi?? What!!! :p
bertahun-tahun yang lalu
teh MANis DIngin mksdnya buddd
....
*kejebak bayi besar
>.<
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Wah, singkatan atau salah ketik kepikiran blom mandi kekantor y??
Beruang jorok!!! :D
bertahun-tahun yang lalu
biasa sekalian mandi kalo ujan aja
save water mah
:D
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Emang dikutub pernah ujan??? :p
bertahun-tahun yang lalu
kalo di kutub, lgsg nyemplung ke laut artik
~(˘▾˘~) ~(˘▾˘)~ (~˘▾˘)~  
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Gw termasuk yg ga sering *baca : jarang* kebelet, dan emang minum gw super dikit >__<
Mwahahaha
bertahun-tahun yang lalu
woww...
minum bnykan pla..
kalo jarang minum air, efeknya katanya peny ginjal -__-
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Stttt., sifla emang udah kena penyakit lever tu., :p
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Susah minuuuumm >__<

Ombuuuudddd ngacooo
◎( ̄^ ̄)====◎)>_<”)
bertahun-tahun yang lalu
psstt .. gw rasa sih yg bermasalah otaknya

*kaburrrrr
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Iyaaa otaknya mbokna + ombud
~(˘▾˘~) ~(˘▾˘)~ (~˘▾˘)~  
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Efek kurangnya cakupan nutrisi dari air ngefek keotak fla yg dikhawatirkan kurang2 gitu deh.,, :p
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Lhah berarti ombud + mbokna juga dong, kan airnya ga keserap malah kebuang langsung :p
Mwahaha
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Gw langganan WC juga soalnya bawaannya sering minum.

Kadang2 mikir juga apakah sering ke WC ini tanda2 sebuah penyakit. Makasih buat infonya ana.
bertahun-tahun yang lalu
makasih bwt makasihnya jon
:D

kalo emang sering minum bawaannya emang jd sering pipis sih
>.<
bertahun-tahun yang lalu
naemhyzha #1024
di <3 panda jantan
" ♒  Ȁ Ș Ț Ȁ Ǧ Ȁ ♒  "


Sering upil gmana (˘̶ِ̀ ˘̶́ ')
bertahun-tahun yang lalu
sering upil, menyebabkan ketagihan
huahahhahaha
:D
bertahun-tahun yang lalu
naemhyzha #1024
di <3 panda jantan
Kentara bahwa poster doyan upilll ~(˘▾˘~) ~(˘▾˘)~ (~˘▾˘)~



Dulunya saya sering gitu anoy...tp blakangan jdii gakk...mungkin faktorr jaga pola hidup...
bertahun-tahun yang lalu
demdem #10
(¬_¬")
ada yg bilang, yg bagus itu kalo minumnya banyak tapi keluarnya dikit. ini tandanya air diserap oleh tubuh. kalo minum banyak tapi keluarnya banyak sama aja boong, tapi gak tau juga bener atau nggak.
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Bener jg dem, tapi apa g nimbulin penyakit jg y?? Apalagi kalo g pernah keringetan., :p
bertahun-tahun yang lalu
huahaha.. nih gw jg baru dnger
ga tau jg sie
>.<
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
Btw klo tubuh meyerap terlalu banyak air jg Ъќ bagus dem kyknya sih gt, kadar air dlm tubuh seseorg kan ada batas normalnya jd klo berlebihan jg Ъќ bagus mknya kenapa jd lebih baik terbuang entah dr keringat atau dr urine...
May be lho...hehehe
bertahun-tahun yang lalu
Setuju ama yoyo ... Air yg dikeluarin itu pertanda bagus ... Kalo masuk byk tapi ngga keluar, malah ada yg salah .... Kadungan air yg terlalu byk di tubuh bisa membunuh loh
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
˚°åČÏĶќќ∞∞‎​⌣˚°åČÏĶќќ∞∞‎​⌣ dpt dukungan dr bang wakin xixixixi thank U bang..
bertahun-tahun yang lalu
Dukungannya ngga gratis loh :D

*minta duit donk
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back

╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム =)) ╋╋ム ╋╋ム...
Kayak dukungan caleg aja bang wakin ^,^
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Kalo hawa dingin pasti beser, wajar gak?
bertahun-tahun yang lalu
wah... gw juga sering gt..
tuh si sandaran jg sering gt
dah bnyk yg kena, berarti wajar yah
*maksa
>,<
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Ga wajar, aneh ah, hayo looo
*gw kagak tuh :p mwahaha*
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Krn lu yg g wajar fla.,, aneh sendiri.,, :p
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Woooo bukan cuma gw kok, jd ga aneh :p
Mwahaha
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Biar bgmnpun...fla yg gak wajar :p
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Omanang sensi bgt sih sama gw >__<
◎( ̄^ ̄)====◎)>_<”)
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
™Ќîiîk.·:::D Ќîiîk :D::·. Ќîiîk™΅
bertahun-tahun yang lalu
Dr dulu jg saya sudah menyadari ketidakwajaran pla
:p
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Makasih mboknaaaa, mbokna emang tidak wajar :D
(´▽`)-c<´ε`)
bertahun-tahun yang lalu
sandra #1993
Perhaps
Kl sandra biasanya kl sblm tidur minum dulu dan udaranya dingin pasti jdnya beser .. Bolak balik toilet trs apalagi kl ngantuk kdg suka mls bgt ..
bertahun-tahun yang lalu
kalo malas mending pake pempers aja sand..
xiixxiixixix
:D
bertahun-tahun yang lalu
sandra #1993
Perhaps
Kl pampers udh pasti selalu sedia ana , sekalian jd g ush bolak balik ke wc ... He he he

*sodorin pampers khusus beruang ke ana *mumpung lg promosi*
bertahun-tahun yang lalu
kalo lg promosi gratis dong
:D
bertahun-tahun yang lalu
chrisna #4237
Something
Segala sesuatu kalau dilakukan berlebihan pasti tidak baik,termasuk minum air putih berlebihan.sy pernah baca tentang penelitian diInggris,minum air putih sebaiknya sesuai dgn porsi yg dibutuhkan tubuh.
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
technofella.net/blog
Sesuai itu seberapa? :o
bertahun-tahun yang lalu
chrisna #4237
Something
Minumlah ketika mulai merasa haus dan berhenti sebelum kekenyangan air.pastinya sehabis makan hrs minum.tubuh kita memiliki alarm ketika merasa lapar atau haus juga ketika makan atau minum berlebihan.tergantung kepekaan kita saat alarm itu memperingatkan kita.
bertahun-tahun yang lalu
hem... iya sih seharusnya, tp hasrat untuk minum demikian besar sie
>.<
salam kenal chrisna
:D
bertahun-tahun yang lalu
chrisna #4237
Something
Salam kenal juga ana^.^
bertahun-tahun yang lalu
Gue minumnya dikit jd jarang beser
bertahun-tahun yang lalu
Seringan buser nih
:D
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
lawang sewu
pantesan..kalo deket sama JengAtNA, bau na pesing mlulu >_<
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
wkwkwkwkkwkw
bertahun-tahun yang lalu
Bahhh..
Tuh krn mbah lupa ganti pempersnya
:p
bertahun-tahun yang lalu
FanChan #84
Getting old :)
Diabetes??
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
Diabetes itu penyakit kencing manis/ penyakit Gula darah Fan...biasanya keluhan pertama bg penderita sering kencing2 klo malam hari bisa lebih 5 kl mskpn jarang minum sekalipun, dan tenggorokan kering terus... Klo dibiarkan terus akan merembet ke penyakit lain spt Ginjal dan paru2 pun bisa...gitu dech kira2 hehehehe
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
Sereeeemmm >.<
bertahun-tahun yang lalu
FanChan #84
Getting old :)
Wah.. (۳˚Д˚)۳.. Serem...
bertahun-tahun yang lalu
Iya seremmm..
Btw, nih yoyo pinter jg nih
:D
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
​​​​=))Ψĥάªķĥάª=))...˚°º=))ķĥάάª=))º°˚
Pinter2 dikit ana....
Makanya pada ati2 tuch jgn banyak konsumsi gula apalagi nanti klo Űð♓ usia 30 th ke atas...
Kata bang napi...waspadalah...waspadalah!!!!!
:D :p ✗í✗í✗í :p ✗í✗í✗í :p
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
kalo kencing manis diabetes melitus
kalo beser diabetes insipidus..
kalo eke g salah
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
diabetes insipidus(DI)hampir menyerupai diabetes militus(DM), dan biasanya penyakitnya mengarah ke DM juga pd akhirnya...bedanya di plasma darah tidak ditemukan glukosa(gula) hanya di kencingnya saja. Makanya biasanya DI emang kecingnya lebih banyak(beser) bahkan bisa smp dehidrasi dan smp diare juga terkadang, tenggorokan jg kering trs bawaannya haus sama spt DM ... Tp tetap mrpkn penyakit jenis gula jg kalo Ъќ salah...hehehe
bertahun-tahun yang lalu
Btw yoyo kuliah kedokteran ya
Hehehe
:D
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
@ana : bukan ana...
Cuma sedikit tau aja,...hahahaha
bertahun-tahun yang lalu
FanChan #84
Getting old :)
@yoyo: jg" y?? Supaya tau indicator" diabetes ^^
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
Maksudnya fan chan???
Diperjelas atu...hehehe
bertahun-tahun yang lalu
FanChan #84
Getting old :)
Jaga".. Supaya tau symptom diabetes
bertahun-tahun yang lalu
yoyo aja #3455
I'll be back
••°o☺oOo☺o°••​​​‎​‎​‎
​​ŸÒΌΪΪ ;) ŸÒΌΪΪΪ
Mskpn masih muda Ъќ ada salahnya agar tidak menyesal di hari tua....hehehehe

Kurangi konsumsi gula dan karbohidrat krn otomatis mengandung glukosa jg...
Btw jgn smp kekurangan jg sih soalnya butuh energi yg berasal dr gula...
Semua serba pas...soalnya sesuatu yg pas itu dimana2 lebih nyaman haiyahhhhh*
bertahun-tahun yang lalu
FanChan #84
Getting old :)
Iya ah.. Yoyo :D
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
ana_id #219