8
vote
Gambar preview Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu.,

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu.,

serunting, itu nama salinya., ada juga yg menyebutnya serunting sakti.
Cerita kesaktiannya telah dibicarakan sejak dulu di daerah sumatera bagian selatan., tak hanya provinsi sumsel, daerah kekuasaannya sampai jambi, bengkulu dan lampung., menurut legendanya dia pendekar yg baik hati dan bijaksana.,

Diperkirakan cerita ini berasal dari jaman majapahit., kutukan si pahit lidah adalah ucapannya akan menjadi kenyataan., menurut cerita yg banyak beredar, semua yg dikutuknya akan menjadi BATU!!

Gambar 1:
Goa putri dibaturaja, sumsel.
"sebuah desa ditepi sungai ogan, yg tentram dan makmur. Dipimpin seorang putri cantik. Suatu ketika lewatlah seorang pemuda. Pemuda itu menyapa penduduk desa. Tapi semua diam, si putri pun diam ketika disapa. Marahlah si pemuda, dan mengucapkan: desa ini makmur, tapi penduduknya sombong ketika disapa, SEPERTI BATU."
Dan malanglah desa tersebut, krn pemuda itu ialah serunting sakti, dan desa itu menjadi batu. Gambar 1 adalah singgasana raja. Dan tak jauh dari goa, ada batu besar, yg konon itu adalah kepala siputri.

Gambar 2:
Lokasinya di arena mtq, taman rimba, kota jambi.
Batu itu adalah sebuah fosil kayu yg membatu. Ditemukan di desa muara jernih ditepian sungai tabir, kabupaten merangin, jambi.
Nah, desa ini bersebalahan ma desa ibuku.,
"Hiduplah seorang raja di huluan sungai tabir. Raja ini raja yg arogan dan menindas rakyatnya. Dia membangun jembatan dari potongan2 kayu besar. Kayu sungki. Cerita rakyat yg tertindas terdengarlah sampai kekuping serunting. Dan serunting memperingati siraja tsb. Tapi raja yg aroga dan juga sakti tak mau mendengarkannya. Marahlah si serunting, dan datang menemui siraja. Diriwayatka, mereka bertarung di jembatan titian kayu tsb. Saat menghentakan jembatan itu dg kakinya, serunting mengutuk menjadi batu. Dan kayu tenggelam kedasar sungai, hancurlah jembatan raja tsb."
Beberapa versi ttg kisah kayu ini, dan tak jelas siapa yg menang. Menariknya, jarak desa ini dgn desa si pahit lidah mencapai
Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu., (Gambar 1) Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu., (Gambar 2) Si Pahit Lidah,. Kutukannya bisa menjadi batu., (Gambar 3)
Klik gambar untuk perbesar
bertahun-tahun yang lalu
di ,
43 komentar
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Lanjutan.

Gambar 3:
Film tentang sipahit lidah, yg diperankan advent bangun dan camelia malik., cerita pertarungan pahit lidah dgn si mata empat.
Film ini dibuat tahun 80an.,

diakhir cerita, sipahit lidah wafat atas kelicikan mata empat. Dan makamnya sampai sekarang ada di dekat danau ranau, perbatasan lampung dan sumsel.,

Inilah salah satu cerita pendengkar sakti dari sumsel yg terkenal.

Fin
bertahun-tahun yang lalu
on the sky
mirip cerita si malin kundang ya??
bertahun-tahun yang lalu
Iya .. Gw juga jadi teringat ama malin kundang :)
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Malin kundang krn ibunya marah terhadap anak durhaka.
Kalo ini kesaktian seseorang.,
Tapi mungkinkah, ada hubungan siserunting ma simalin.
Mungkinkah serunting ada di desa malin, dan mendengar tangisan ibu yg telah disakiti anak kandungnya???
bertahun-tahun yang lalu
serunting ini maksudnya nama orang atau nama batunya bud?
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Serunting itu nama asli si pahit lidah.,
Kan dah dijelasin diatas itu an., :)
bertahun-tahun yang lalu
baru kebaca
"dia pendekar yg baik hati dan bijaksana.,"

nice info bud
spt-nya di jambi bnyk tempat wisata menarik :)
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Serunting dari sumatra selatang an., tapi kehebatan dan ceritanya sampe kejambi jg.,

Kalo tempat wisata sih sebenarnya banyak., tapi akses kesononya blom memadai., dan belom terawat.,
bertahun-tahun yang lalu
vhiona #303
Curva Nord
Weewww,, mgkn sekampung lg pd sariawan tuh, jd g∂ќ jawab pertanyaan si pemuda,,, hehehee. Nice post budoy.
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Orang takut dgn siserunting ini.,
Orang2 disana menyangka dia orang jahat, padahal siserunting ini baik.,
Sifat jeleknya, dia mudah tersulut emosi, dan terbuai dgn wanita cantik.,
bertahun-tahun yang lalu
vhiona #303
Curva Nord
Untungnya sy tdk hidup di jaman itu, si serunting pasti tergila2 sama sy.

Jiiά̲̣̣̣̥ɑ̣̣̝̇̇α̩̩̩̩̥ά̲̣̥α̇̇̇ɑ̤̥̈̊α̣̣̥α̍̍̊α̇̇̇̊н̲̣̣̣̥H̲̣̣̣̥н̣̣̣̝̇̇̇ OOT,, maaaapken om budbud.. *Kaaabuuuuurrrr*
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
OOT dikit gpp., yg penting masih nyantol.,

Kalo tante vhi idup jaman itu, tante yg jadi jawaranya.,,
Skrg aja preman., ya sifat dasar itu pasti g berubahlah., :p
bertahun-tahun yang lalu
vhiona #303
Curva Nord
Haduuuh budoy, masalah karir jgn dibw di tcv, akyuuu kyan malyuuu..

Eniwei, budoy blm menjawab pertanyaan ku kemarin.. Di pic no. 2 kalau dijadikan tusuk gigi, bisa jd berapa gerobak yah(?_?) *biar g∂ќ OOT*
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Nah kalo itu pertanyaan OOT., sori, g dijawab!
bertahun-tahun yang lalu
vhiona #303
Curva Nord
Τά‎​ƿî kan berhubungan dgn gambarnya? Ya udah, klo dijadiin tusuk sate deh, bs jd berapa yah? *mw pedagang*
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Nice post ombubud :D
Wah menarik juga ya, batu dan kayu bersejarah ^^
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Kan tinggal dibaca aja fla.,
Sebenarnya ini hanya sepotong cerita beliau.,
Masih banyak lagi.,
Tapi takut jadi dongeng sebelum tidur., :)
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Ow okay. Ternyata, ombubud fotonya pose meluk si raja :p
Xixixixi

Btw, kalo ava yg skg, lokasi dimana tuh?
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
G menjawab OOT., jadi sori y fla.,
bertahun-tahun yang lalu
Medan
Nice bud..
Nambah pengetahuan..
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Cari digugel bro.,
Lengkap tu ceritanya disono.,,
Ini hanya menceritakan gambar yg ku ambil.,
bertahun-tahun yang lalu
putu_ranie #839
Muncul dari cermin
Nice info bud, kayaknya dirimu cocok jadi presenternya jejak petualang kan seneng tuh jalan2 hehe :)
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Ada yg lebih cocok untuk didaulat menjadi presenter jejak petualang., #21., dia dah keliling indonesia nue.,
bertahun-tahun yang lalu
putu_ranie #839
Muncul dari cermin
Ya udh gpp skrg giliran budoy aja jejak petualang sumatra :)
bertahun-tahun yang lalu
CLA10 #21
pernah liat filmnya..
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Buktikan dgn melihat peninggalannya. Supaya bisa klop antara film ma aslinya.
bertahun-tahun yang lalu
CLA10 #21
insyaAlloh cek Bud..
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Amin
bertahun-tahun yang lalu
MrcVnBstn #47
xixixi...
wah..mantap nih.. :D

*sepertinya kalo jalan2 ke jambi, ombud2 cocok jd guide-nya hehe..ayo siapa yg berminat :D
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Makasih.
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Sejarah yg menarik dr bumi Indonesia, kita hrs tau juga cerita2 spt ini. Skrng kt lbh tau cerita2 dongeng mancanegara ya :)
bertahun-tahun yang lalu
Wet #11
Still Here
iya med :D
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Coba ceritakan ttg pangeran Antasari.,
bertahun-tahun yang lalu
Wet #11
Still Here
dia pahlawan nasional yg gambarnya ada di uang Rp 2000 :)

*cuma tau itu >.<
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Aku nanyanya ma orang banjar mbah, bukan ma orang jogja.,>.<
bertahun-tahun yang lalu
CLA10 #21
ada di buku mapel PSPB :D
bertahun-tahun yang lalu
Wet #11
Still Here
@budi aku juga cuma ngomong, gak jawab pertanyan :d
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
@teten:
Dibuku cuma dikit ten.,
Ga selengkap cerita turun temurun riwayat daerah.,
Dan biasanya cerita orang sono sedikit berbeda dri cerita dibuku., bahkan berbagai versi., kan menarik tu.,

@wet:
Wah siembah oot ni.,
Ayo komen dilevel 1.,
Supaya enak tiki takanya.,>.<
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Gini ceritanya, bud... Pangeran Antasari pahlawan nasional yg makamnya cm berjarak ±400 meter dr rmh gw.
bertahun-tahun yang lalu
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv
Wah menarik., tapi kok dikit y., kok pendek., kok bentar., :p
bertahun-tahun yang lalu
CLA10 #21
kok gw ga pernah diajak ziarah bung Med?
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
@budi..ntar gw cari dl versi lengkapnya ya, tks sdh nanya ttg pahlawan nasional dr borneo :)

@teten..lu jg sih ngajaknya hang out mulu ke tmpt remaja-remaji nongkrong :p
bertahun-tahun yang lalu
CLA10 #21
eitss... gw di Banjarmasin main sepakbola sm Zambrotta... keren bgt tuh mainnya. :D
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
BUDIRAHMAT #306
3 thn @tcv