15
vote
Gambar preview Syarat Lulus S-1, S-2, S-3: Publikasi Makalah

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

Syarat Lulus S-1, S-2, S-3: Publikasi Makalah

Pertama-tama, saya ingin menyapa bees yang sama-sama masih mahasiswa. Pasti banyak kan, ya.

Juga buat yang menjelang jadi mahasiswa, dan pengamat pendidikan di manapun kalian berada.

Jadi, Ditjen Dikti Kemendikbud mengeluarkan surat edaran bernomor 152/E/T/2012 terkait publikasi karya ilmiah. Surat tertanggal 27 Januari 2012 ini ditujukan kepada Rektor/Ketua/Direktur PTN dan PTS seluruh Indonesia. Seperti dimuat dalam laman www.dikti.go.id, surat yang ditandatangani Dirjen Dikti Djoko Santoso itu memuat tiga poin yang menjadi syarat lulus bagi mahasiswa program S-1, S-2, dan S-3 untuk memublikasikan karya ilmiahnya.

Tiga poin tersebut sebagai berikut :
1. Untuk lulus program Sarjana harus menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah.
2. Untuk lulus program Magister harus telah menghasilkan makalah yang terbit pada jurnal ilmiah nasional, diutamakan yang terakreditasi Dikti.
3. Untuk lulus program Doktor harus telah menghasilkan makalah yang diterima untuk terbit pada jurnal internasional.

Alasan yang dipakai dalam mengeluarkan keputusan ini tidak lain adalah, jumlah jurnal ilmiah di Indonesia yang sangat amat sedikit. Bahkan hanya sepertujuh dari negara tetangga kita, Malaysia.

Keputusan ini sendiri berlaku setelah Agustus 2012. Padahal, kewajiban penulisan jurnal ilmiah bukan cuma di tangan civitas akademis perguruan tinngi saja, tapi juga para peneliti. Sudah jadi rahasia umum kalau penelliti di negeri kita kebanyakan gagap dalam menulis, apalagi dalam membuat jurnal. Bayangkan gimana kalau mahasiswa.

http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/03/09280630/Syarat.Lulus.S1.S2.S3.Harus.Publikasi.Makalah

Dalam proses penerbitan jurnal ilmiah ini nanti juga penulis diwajibkan membayar biaya administrasi pendaftaran ISSN (International Standar Serial Number) sebesar 200 ribu rupiah : http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/07/13253694/Bagaimana.Cara.Mengakreditasi.Jurnal.Ilmia

Lanjut ke komen....
Syarat Lulus S-1, S-2, S-3: Publikasi Makalah (Gambar 1)
Klik gambar untuk perbesar
bertahun-tahun yang lalu
di ,
161 komentar
SenzMarc #4786
Jakarta
Untung saya udah S2 magister. ‎​"̮ [н̲̅e̲̅н̲̅e̲̅н̲̅e̲̅] "̮ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ "̮ ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ "̮ ‎​​​.
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Ada tanggapan gak mengenai kebijakan baru ini? :)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Banyak  pengamat dan rektor yang menilai surat edaran Dikti ini membingungkan. Karena hanya disampaikan dalam satu lembar tanpa penjelasan tentang batasan dan persyaratan teknis, seperti bentuk dan isi karya ilmiah dan jurnal ilmiah. Sampai saat ini, para rektor masih mengkaji surat itu sambil menunggu penjelasan dari Ditjen Dikti. : http://edukasi.kompas.com/read/2012/02/06/09585550/Surat.Edaran.Dikti.Dinilai.Membingungkan

Yang jelas banyak pro dan lebih banyak lagi kontra menjelang terbitnya keputusan baru ini. Karena dipertanyakan, seberapa siap lembaga akreditasi untuk menampung dan mempublikasikan ribuan jurnal ilmiah tiap tahunnya. Di kampus saya saja, ada sekitar 4000 sarjana lulus tiap tahunnya.

Belum lagi kotrofersi mengenai apakah kebijakan ini tidak malah mmengahmbat kelulusan mahasiswa di Indonesia. Karena seperti kita ketahui, kualitas perguruan tinggi di negara kita sangat tidak merata. Dikuatirkan semakin banyak angka DO hanya karena gagal menerbitkan jurnal ilmiah sebagai syarat ini.

Sebenernya bukan berita baru sih, tapi cuma pengen share siapa tahu ada yang belum pernah dengar. Sekalian minta pendapat kritis dari para bee semua :)
bertahun-tahun yang lalu
On the sky
Tambah berat ĵчğå ƴãª....... Kriterianya. Kl dulu kan S1 cm pilih skripsi atau makalah.
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Skripsi tetep. Itu nanti terdaftar di Dikti. Nah itu yang bikin bingung apa skripsi dan makalah itu masuk jurnal ilmiah yang dimaksud Dikti, karena gak ada batasan yang disebutkan dalam surat keputusannya. Kalau memang standarnya jurnal ilmiah peneliti, sangat memberatkan apalagi kalau mahasiswanya jurusan sosial, bukan teknik
bertahun-tahun yang lalu
On the sky
Oh jadi maksudnya skripsi yg sudah lulus uji oleh dosen baru tahap 1, selanjutnya harus diacc dikti baru mahasiswa itu dinyatakan lulus ?
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Kalau skripsi gak perlu sampe dikti, tapi nanti tetap terdaftar di dikti. Selama ini gitu, kok. Jadi skripsi kita yang udah lulus terdaftar di dikti kalo mau nyari. Kalo taun berikutnya ada yang buat dengan judul atau isi sama gak bisa, karena skripsi dilarang plagiat
bertahun-tahun yang lalu
On the sky
Betul, selama ini kan cm intern sekolah or kampus aja.
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Ya begitulah
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Maksudnya skripsi?
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Bukan, tapi jurnal ilmiah
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Biasanya kan jurnal ilmiah ada yg dibuat dari hasil skripsi/TA ato dari thesis juga kan
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
biasa ini sih UUD: ujung-unjungnya duit X_x
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Semoga aja engga, dan Dikti mengkaji ulang kebijakan ini. Agar tidak langsung ekstrim diwajibkan seperti ini
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
ya semoga aja,dimana ada program baru kan ada uang om -_-"
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Pasti, kalo itu semua juga tahu. Tapi gak adakah hati nurani? *melenguh putus asa*
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
susah om ngomong hati nurani..saya aja pusing ini kuliah lulus lewatin agustus 2012 :(
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Lulus Agustus aja biar gak kena. Coba kampus punya bapak sendiri, ya :))
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
itu dia masi byk yg harus di perbaiki,mau ga mau kena deh X_x
iya kalo kampus punya bapak sendiri sih ane,nuntut kebijakan yg membela mahasiwa terus :p
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Hahaha, tetep semangat aja deh :D
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
iya...semoga aja untuk mahasiswa angkatan yg baru :p
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Awalnya ngira gitu. Tapi dari surat keputusannya, sepertinya maksudnya bukan begitu
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
yah O.o
*patah arang
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Wah nyangkut UUD bang kibby menjurus ke ane...╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
Untung udh lulus sblm ada syarat ini.. :) tp pernah nulis jurnal ilmiah jg kok buat kampus.. Risetnya itu yg rempong.. Tp skrng jd mikir 3x deh, mau lanjut S2 atau ga.. #curcol
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
selama masi ada kesempatan lanjut aja ;)
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
Tp klo hrs nulis jurnal skala nasional, rempong juga.. Spare time nya itu loh yg susah.. Soalnya smbil kerja jg.. :(
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
alon" asal klankon...jika ada kemauan pasti ada jalan nad ;)
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
Betul".. Skrng ini masih dlm tahap mau milih jurusan apaan.. Masih agak bingung mau pendalaman ke mana.. :)
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
ilmu komunikasi aja nadya,bisa jd humas :D
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
S1 ak c komunikasi.. Dan kmrn jd kerja sbg humas, cuma skrng kerja d hotel management.. :) pengen ambil S2 nya yg agak beda.. Yg jarang" gitu.. Klo komunikasi lg udh kbanyakan.. Any advise?
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
S2 MM aja
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
Kepikiran itu juga.. atau yg mengarah ke financial controller.. :)
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Kalo bisa mah gue juga pengen kesitu soalnya..
Tapi yah gt kerja aja dulu..

Tapi gara2 ngebaca beginian nih, jadi galau deh..
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
Galau knp? Pengen kuliah lg yaah?
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Yup, pengen kuliah.. Tapi kerja di sby, pgn lanjutnya ke jogja..
Pengen resign, tapi lagi butuh buat nabung juga
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
Kalau gitu, nabung aja dulu.. Ga ada kata terlambat untuk belajar.. Yg ada, ngumpulin dana untuk belajar yg bikin kita terlambat berkembang.. Hahaha.. Tp yg pasti, belajar ga hanya untuk dapetin ijazah.. Masih banyak ruang lainnya selain perguruan tinggi.. Ak sndiri banyak maksimalin waktu d organisasi.. Tukar pikiran di sana, diskusi, sering browsing.. Masih banyak media untuk belajar.. Jd, jangan patah semangat yaah.. :)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Kalo buat yang mampu dan buat perguruan tinggi top mungkin gak masalah. Tapi batasan jurnal ilmiah di sini abstrak. Gimana kalau dia mahasiswa ekonomi.
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
betul om...kan kyk yg ane bilang UUD tr jg berubah lagi :p
bertahun-tahun yang lalu
On the sky
Lho jurnal ekonomi banyak ĵчğå lho, skripsiku jg ambil dari jurnal lho topiknya.
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Ya itu masalahnya, ganti menteri ganti kebijakan. Kalo udah terlanjur ribuan mahasiswa ke DO sebelum kebijakan diganti, dosa siapa?
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
waduh itu dia dosa siapa ya cuma Sang Pencipta yg tahu,,inilah nasib mahasiswa seperti ane T.T
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
yohanes : nah di sini gak ada batasannya, apa yang seperti itu dibolehkan atau tidak

kibi : sama-sama mahasiswa toss dulu, deh
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
oke gan toss dlu dah :D

*nasib oh nasib
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
Ikutan toss.. ;D
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
ga jd tos...pelukan aja deh klo bgtu,hhe
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
Hug hug..
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Kibiiii -,-
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
jiah ilah crock cemburu aja :p
bertahun-tahun yang lalu
nadyaphoenix #5315
Beyond what you see
Sini.. Sini.. Kita bertiga berpelukaan.. Wkwkwk..
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
berpelukan gaya teletabis....o'ow tidaaaak *suara pooh
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
*ngikut
bertahun-tahun yang lalu
Ai_Esaria #2618
Hohohahahihi
Setuju2 aja, skrisi/tesis yg bener2 ud diuji serta lulus uji dari para dosen Insya Allah bisa masuk jurnal syarat masuk jurnal ilmiah kan sama ma skripsi/tesis, klo jurnal internasional ga tau dee msknya susah pa ga
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Masalahnya syarat kelulusan adalah jurnal ilmiah sudah harus terbit. Yang jadi pertanyaan, dengan jumlah lulusan yang begitu besar tiap tahunnya apa iya lembaga yang menerbitkan jurnal ini mampu. Karena mahasiswa bisa telat lulus cuma gara-gara jurnalnya belum diterbitkan
bertahun-tahun yang lalu
Ai_Esaria #2618
Hohohahahihi
Owh *tepok jidat om crock eh salah jidat tetangga :D

Owh mungkin maksud Lipi biar PT2 buat jurnal ilmiah, nah yo wes bikin aja dari sekarang. Ehm tapi *mikir
bikin berapa byk jurnal yia
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Bukan LIPI ini, tapi Dikti yang bikin kebijakan
bertahun-tahun yang lalu
abshyper #166
I'm still alive :)
Duh bikin hal aja ni pemerintah, gw pasti kena ni (-_-")
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Emang situ siapa -,-
bertahun-tahun yang lalu
abshyper #166
I'm still alive :)
Sinu spa? Udh kena basmi kemarin dgn baygon trnyata masi bs nongol (-_-")
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Udah gak mempan kalo cuma baygon
bertahun-tahun yang lalu
abshyper #166
I'm still alive :)
Ywd cewe cantik pasti mempan tuh (-_-")
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Cewek cantiknya yang klepek-klepek
bertahun-tahun yang lalu
abshyper #166
I'm still alive :)
*paling bawa sapu lalu cro dipukul2 dgn sapu dan terjadilah pemb*n**an *
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Gak mungkin, orang ane ganteng
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
dia yg sering mangkal crock :p
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Di parkiran kampus? Tukang becak, dong
bertahun-tahun yang lalu
kibi16 #4086
want to know aja :p
di TL dia klo mangkal..pura" ga tau ya crock :p
bertahun-tahun yang lalu
abshyper #166
I'm still alive :)
*Gw nongol ah*
No comment (-_-")
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Hahahahaha :))
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
*intip dikit ah
bertahun-tahun yang lalu
sahjul #4399
still here...
Makin berat aja nih mau lnjt... :)

*mkir2 dl..  :D
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Selamat mempertimbangkan :)
bertahun-tahun yang lalu
zh031 poenya #2562
travelling
mnurut brita yg ane tau skripsi bisa d buat jurnal ko
tgl d rangkum yg baek truz d publikasikan
ntar klo da jurnal yg sama otomatis harus d ganti ato skripsi yg da bisa d kembangin lagee
gtoh inpo yg ane tau......
sekiannnn........
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Makasih tambahannya. Apa udah ada edaran baru tentang ini?
bertahun-tahun yang lalu
zh031 poenya #2562
travelling
yg trbaru ane kagak tau se.....
tp mendikbud dw yg bilang gtoh
ya ane prcaya ja.....mentri gtohh....
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Sama aja tapi kalau mau wisuda harus nunggu jurnal diterbitin dulu
bertahun-tahun yang lalu
zh031 poenya #2562
travelling
mang nerbitin jurnal lama???
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Tergantung lembaga penerbitnya. Kalo tiap PT ada 4000 lulusan, ada 10 aja yang waktunya barengan, berarti ada 40000 mahasiswa antri nerbitin jurnal
bertahun-tahun yang lalu
zh031 poenya #2562
travelling
bener jg...
mnurut ane si, klo mentri dah bilang gtoh pasti masalah antri nerbitin jurnal dah da jalan kluar ko
mgkn cuman kita2 ja yg blom tau
sp tao ampe skr masalah ne masi d godok ma org2 pntg tuh
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Wacana nilai Unas jadi penilaian masuk PTN aja jalan tengahnya gak ketemu daridulu. Walaupun menterinya satu almamater sama saya, tapi saya gak ragu bilang kalau dia kontroversial. Dan suka bikin janji
bertahun-tahun yang lalu
zh031 poenya #2562
travelling
yahhh....paling enak kita tggu ja ky pa ntar :D
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Punya gw udah dibikinin jurnal tuh semester lalu.. Tapi masalah jurnalnya diterbitin ato penelitian gue dikembangin mah kagak tau, yg penting hasilnya bermanfaat dan gw bisa wisuda
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
*tepuktangan*
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
*shy*
bertahun-tahun yang lalu
superondol #3195
#abouthuman
Aneh tapi nyata
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Dan....
bertahun-tahun yang lalu
superondol #3195
#abouthuman
Eh ada dan?
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Dan bimsalabim jadi apa prok prok prok
*ngelanjutin komen crockroacches*
bertahun-tahun yang lalu
superondol #3195
#abouthuman
Wkwkwk...gak kepikiran tadi
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Mikir2 lagi nih mau S2, berat gak ya
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Nasional, jelas berat. Tapi kalau bisa berarti hebat :)
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Nah, ntu dia om..

Gw aja tahun kemaren tugas akhir aja ngulang gara2 data terkait instansi pemerintah.. Nah ini lagi pake urusan ama dikti yang uda dikeluarin undang2nya.. (˘_˘'!)

Bersyukurlah kalian yang udah beres kuliahnya, bersabar aja buat yg masih kuliah (ง'̀⌣'́)ง
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Biasanya, ganti menteri ganti aturan. Biasa, pencitraan
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Kalo uda bahas si menteri mah, gw angkat tangan om.. Doski mantan rektor gw

===┌( ¯ д¯)┘ capcus cyiiin!!
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Berarti kita satu almamater
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Jurusan apa om?
Angkatan tahun?
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
5109
bertahun-tahun yang lalu
axceleric #6455
On Earth
Wah saya angkatan 2011..
Uda pernah tau dr dosen sih..
Tp katanya mulai berlaku dr angkatan 2012 keatas..:D
Tp gwat jg sih (۳˚Д˚)۳
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Bukannya berlaku buat tugas akhir ato skripsi yg diambil mulai dari thn 2012 ya?
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Kok gak jelas nih berlakunya, doh -,-
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
*nyimak
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Bayar :p
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
*sodorin tiqfixed
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Gak laku -,-
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Wah trafficking nih
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
Lempar menyan
*pasrti lku..
Traficking emang ap artinya tip ex??
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Abisnya gw dijual si vina buat bayar utang.. (˘̩̩̩-˘̩̩̩ )

Trafficking tuh perdagangan manusia om
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
Trafficking bkn sejenis nama lain bwt kecoak y?
*wkwkkw

Lu di jual emank lku tipe ex?
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Bagus banget nama lainnya -__-
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
*menyimak balik siap-siap lempar bak sampah
bertahun-tahun yang lalu
abshyper #166
I'm still alive :)
Si cro udh dikasi umpan cewe cantik lum k.o ya?
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Salken kaka (^o^)/
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
Gw yah?
Sptnya lu lebih tua dri gw nih..

*salken jg ;)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Hahahaha iya, tuh
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Nopungnya kecilan sono atuh
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
Hahah
Nopung bkn jaminan om
;p
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Pasti mao bilang tampang gw tua gitu.. (˘_˘'!)

Gw di bully ama pedagang sepeda (˘̩̩̩-˘̩̩̩ )
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
Sinu salahh kita tukang odong2.
Dibully??
Hhhhahahaa
Msh blom bs menandingi bulian mance
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Ih, ogah mah di bully doski..
Emang ik cowo apaan..
bertahun-tahun yang lalu
abshyper #166
I'm still alive :)
Hoho (-_-") *nongol aja*
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Apa lu nongol2, kagetin aja \(!!˚☐˚)/

*lempar bangku (‾▿▿▿‾҂)ҧ
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Setau gw di luar negeri sumber jurnal riset datang dari murid2 S2 ke atas. Murid2 S1 tidak punya kewajiban ini.

Untuk mendongkrak jumlah jurnal, murid2 S2 diberikan sarana, beasiswa, dsb. Jadi bukan hanya semata bikin kebijakan yang menyusahkan orang.
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Wow, nopung #3 muncul
*terkesima seperti ngelihat pokemon langka*

S1 cuma diwajibkan bikin jurnal ilmiah doang om, kalo bagus tuh biasanya dikembangin ama dosbingnya buat di ikutin tk. nasional, kalo standard mah cuman buat digilib kampus doang..

Salken
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Iya tapi jurnal S1 tidak dituntut oleh uni luar negeri lho, jadi beda. S1 sama sekali gak perlu tulis apa2.

Salam kenal, tiq :-)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Banyak yang ngusulin gitu, niru kebijakan negara-negara lain. Kesannya ini keputusan instan dan sekedar buat pencitraan Dikti aja.
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Waduuuhhh :|
Emang proses publikasinya gmana sih?
Kesannya ribet dan nyusahin aja -___-
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Geniones #2825
Baker Street 221 B
Sial juga nih. zzz
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Gak juga, kok. Kalo S2 S3 itu yang kasian -,-
bertahun-tahun yang lalu
rikidarren #1363
Medan
Thanks buat info lengkapnya kebetulan aq juga lg kuliah master hukum,jd harus nyiapin neh semua blm lagi thesis yah
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Sama-sama, mas :)
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Banng riki ambil s2 dimana?
bertahun-tahun yang lalu
rikidarren #1363
Medan
Di medan de
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Panggil cozy aja bang....program kekhususan ambil hukum apa?PK brapa?bang
bertahun-tahun yang lalu
the diego #30
balik lagi dia.. :p
sedikit latar belakang tentang Pak Djoko Santoso,
kebetulan gw kenal karena beliau dulu emang dosen dan profesor di jurusan gw waktu kuliah dulu.. pendapat pribadi gw sih, orangnya emang rada kontroversial, mulai dari saat beliau masih ngajar, sampai kemudian sempet jadi rektor.

namun terlepas dari hal itu, menurut gw ide mewajibkan mahasiswa membuat karya tulis yang diterbitkan di sebuah jurnal ilmiah adalah ide yang cukup bagus. di indonesia memang budaya riset dan budaya menulis masih rendah sehingga perlu ada cara-cara untuk merangsang civitas akademika untuk aktif melakukan riset dan menulis ilmiah.

permasalahannya adalah, di indonesia rendahnya budaya riset dan menulis ilmiah tidak semata-mata karena "kemalasan" mahasiswa atau civitas akademika nya, tapi juga karena rendahnya kepedulian dan support pemerintah dalam hal ini. berapa banyak sih universitas yang dilengkapi dengan fasilitas riset yang bagus? bahkan di perguruan-perguruan tinggi terbaik di Indonesia kaya ITB, IPB, UI, UGM misalnya (yang ga kesebut jangan marah), fasilitas riset yang lengkap dan komplit pun rasanya masih jauh dari harapan.

selain itu, ada berapa jurnal ilmiah sih yang terbit secara rutin di indonesia? gw yakin ga banyak. dan ini salah satunya juga karena pemerintah juga kurang mampu menciptakan iklim yang mampu merangsang terbitnya jurnal-jurnal ilmiah.

menurut gw,beberapa hal ini juga harus diperbaiki oleh pemerintah sebelum menuntut mahasiswa membuat jurnal ilmiah. walaupun begitu, gw sih setuju2 aja mahasiswa diberikan tanggung jawab membuat karya tulis ilmiah, agar mahasiswa lebih peduli juga tentang kuliahnya dan ga kebanyakan maen, pacaran, fesbukan, twitteran, dan TCV-an.. hehe..
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Keren komengnya..
Btw TCV-an bolehlah bang, nambah wawasan ini mah
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Gw setuju sama komen omdiego nih.
Bagus kok kalo mahasiswa dibuat untuk peduli dan membuat karya tulis ilmiah.
Tapi ya itu tadi, mulailah pelan2, diperbaiki dulu yg ada, jgn langsung seenaknya suruh2 bikin >_<
Mantaaabb
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Itu dia, seprti saya bilang di atas. Jangankan mahasiswanya, penelitinya pun sangat jarang menerbitkan jurnal ilmiah. Harusnya langkah ini diambil pelan-pelan, jangan langsung mewajibkan dan malah dijadikan syarat kelulusan
bertahun-tahun yang lalu
Jon #3
Melbourne
Apa salahnya main TCV (_ _ !)

:-)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Yang punya dateng :)) *ngakak*
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
*ngumpet dibelakang om jon
bertahun-tahun yang lalu
the diego #30
balik lagi dia.. :p
hihi.. maen TCV ga salah om jon..
yang salah itu "kebanyakan maen TCV sampe lupa kuliah dan bikin jurnal ilmiah".. hihi..
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Kalo gitu bikin penelitian mengenai efek TCV dengan pola hidup di masyarakat..

Sambil menyelam TCV-an
bertahun-tahun yang lalu
SenzMarc #4786
Jakarta
Sebenarnya klu Kata saya Hal seperti ini menyusahkan. Contoh mudahnya aja kita buat skripsi atau tesis. Setelah bbrp tahun cuma jd kertas bakal tatakan gorengan. (hasil tesis saya aja dah ga tau kmana). Mau resmi atau Ngga toh yg penting pengerjaannya benar.
bertahun-tahun yang lalu
fla_rose #574
Depan Zenbook
Itu sih kalo semua orang ga peduli sama kuliahnya atau asal lulus aja, utk bikin 1 skripsi aja pasti udah beban :|
*opini gw*
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Hahahaha, lucu juga. Yang menyusahkan di sini kalau ini dijadikan syarat  kelulusan
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Yang susah lagi, kalo buat yg uda kerja terus mau kuliah lagi, emang bisa apa ngurusin karya ilmiah yg nyita waktu ekstra..
Mau resign ntr anak bini makan apa..
(˘_˘'!)
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
*yg terkhir buat yg uda keluarga..
bertahun-tahun yang lalu
SenzMarc #4786
Jakarta
Nah saya setujunya tuh, bkn masalah membebankan or Ngga, tp membuang waktunya itu yg benar. Skripsi dan tesis bkn krn org lain malas ketik atau buat, tp habis biaya banyak banget ujung2nya ditolak. Mah Apalagi dengan adanya Hal seperti ini.
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Demo aja depan DPR nuntut UU itu dikaji ulang sambil bakar om crock
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Itu dimulai dari dikti tanggal 12 agustus kan?jadi klo para bee skripsi nya sebelum bulan agustus/tanggal yang ditentukan,belum kena sistem ntuw...tenang ae...kecuali klo september-kedepan baru nulis ntuw...tapi itu dilokasi yogyakarta...:)
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Yep, setelah 12 Agustus
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Ccrook: bener to?padahal anee kira2 lo bang..╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Eh ada cozy (^o^)/ haloo
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Halo juga bang tiq...hehee pada kgen ame ane...hohoho
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Ah jadi malu....

*lempar kursi
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム malu2 dinosaurus pasti
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Hehe, abis gw geli ada kecoak tuh diatas, pake baygon ga mempa..
Reflek lempar kursi..
bertahun-tahun yang lalu
tiqfixed #5388
In your dream
Malu dinosaurus tuh segede apa ya??
*mikir*
bertahun-tahun yang lalu
rikidarren #1363
Medan
Ooo cozy yah, ngambil hukum bisnis dek, wah klo PK yg ditanya standard aja deh dek,maklum org kerja yg kuliah lagi
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Iya kak..ane juga kerja di ikadin jakarta...lulus tahun brapa bang?


bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
crockoaches #2093
Selimut Tetangga