31
vote
Gambar preview UU & Denda khusus Kendaraan Roda Dua

Postnya bagus? Bagi ke temanmu!

Sia-sia punya smartphone tanpa aplikasi cantik TheCrowdVoice

Android★★★★✮ BlackBerry★★★★✮

UU & Denda khusus Kendaraan Roda Dua

Mungkin banyak di antara TCVers sebagai penunggang kuda besi, tapi taidak tahu dengan hukum yang ada di jalan.  Kali ini, ane mo berbagi hasil dari ke insomnia ane yg ane comot dari sumber yang dapat di percaya .

UU & Denda khusus Kendaraan Roda Dua

1. Motor harus lengkap nomor polisi. Hilang satu kena Pasal 280. Bunyinya (diringkas), orang, yang mengendarai motor tidak dipasangi tanda nomor (pelat nomor) yang ditentukan polisi sebagaimana yang dimaksud Pasal 68 ayat1, dipidana kurungan 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500.000

2. Punya SIM. Nekat berkendara tanpa mengantongi surat izin mengemudi (SIM) (sesuai Pasal 281) dikenakan Pasal 77 ayat 1 dipidana kurungan paling lama 4 (empat) bulan atau denda paling banyak Rp.1 juta.

3. Jangan SMS atau telepon saat berkendara, mabok, dan lainnya. Itu mengganggu konsentrasi pengendara. Pasal 283 siap menjerat dengan bunyi: Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di jalan sebagai diatur dalam Pasal 106 ayat 1 dipidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda Rp 750.000.

4. Jalan di trotoar. Pasal 106 ayat 2 akan menjerat dengan hukuman berupa kurungan 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000 karena dalam pasal tersebut jelas disebutkan, Anda tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki atau pesepeda kala mengemudikan kendaraan bermotor.

5. Standar motor tak lengkap. Perhatikan kaca spion, lampu utama, rem, penunjuk arah, pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban. Bila tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, maka sebagaimana dimaksud Pasal 106 ayat 3 juncto Pasal 48 ayat 2 dan ayat 3, (pelanggar) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250.000.


......................
....................
.........................
.....................
bertahun-tahun yang lalu
di ,
45 komentar
mbahresi #12
Jengking .....
6. Marka jalan. Simak Pasal 287. Yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan rambu lalu lintas sebagaimana dimaksud Pasal 106 ayat 4 huruf a atau marka jalan (Pasal 106 ayat 4 huruf b) dipidana dengan pidana kurungan 2 (dua) bulan atau denda palilng banyak Rp 500.000.

7. Helm harus logo SNI. Pakai helm "cetok" atau helm proyek bakal diadang Pasal 106 ayat (8), yaitu dipidana dengan pidana kurungan a (satu) bulan atau denda paling banyak Rp 250.000. Helm harus memenuhi standar SNI.

8. Boncengan tiga atau lebih. Mengangkut penumpang lebih dari satu, sebagaimana disebut dalam Pasal 106 ayat 9, dipidana dengan pidana kurungan 1 (satu) bulan atan denda paling banyak Rp 250.000.

9. Balap liar. Yang suka kebut-kebutan, apalagi balap liar sebagaimana disebutkan Pasal 115 huruf b, dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp 3 juta.

10. Menerobos palang pintu kereta api. Bagi yang menerobos lintasan rel kereta, sementara palang pintu sudah ditutup dan sinyal sudah bunyi, Pasal 114 siap menjerat mereka dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000.

Penyelewengan Tugas Kepolisian

Dalam melaksanakan tugasnya, Petugas Kepolisian dianggap menyeleweng bila:

1.Tindakan petugas menghentikan kendaraan bermotor untuk dilakukan pemeriksaan tanpa ada dasar yang jelas, seperti pelanggaran yang tertangkap tangan, atau pelaksanaan operasi kepolisian.
2. Meminta atau menerima denda terhadap pelanggaran lalu lintas tanpa memberikan surat tilang.
3. Menilang atau menyita kendaraan tanpa dasar yang jelas, seperti menilang atau menyita kendaraan karena telat bayar pajak atau telat registrasi ulang STNK, masih dalam waktu kurang dari 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku STNK.
bertahun-tahun yang lalu
dondonz #1112
Thanks infonya mbah..
Kadang2 aja sih ngelakuin yg berkendara ditrotoar, abisnya macet.. :p
Selebihnya gk berani macem2 krn stnk uda mati 2 bulan, jd takut ketilang.. Hhahahha

Vote up
bertahun-tahun yang lalu
tempat ternyaman
Vote ap

Jangan lupa kalau ditilang minta slip yang biru.
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Jengking .....
slip merah juga ... 2 2 na di minta gpp ... ane pernah nanya sama mrede, 2 slip kita minta semua na
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Sekarang aturannya beda. Kalo dulu slip biru itu artinya kita ngaku bersalah dan denda yang ditimpakan lebih ringan dan tidak usah sidang juga bisa bayar denda lewat transfer bank BRI, slip merah kita ngeyel kita gak salah dan bisa kena denda maksimal plus sidang.

Sekarang slip biru artinya kita kena denda maksimal, cara pembayaran tetep bisa transfer BRI dan tidak perlu ikut sidang. Slip merah malah yang pake sidang tapi belum tentu kena denda maksimal
bertahun-tahun yang lalu
babybear #2814
My life My happiness
Ö˚°◦oυẅ   begonoh coak..I see..
bertahun-tahun yang lalu
tempat ternyaman
OooO

Yang sering ditilang sampe haval bener.

(ˆ⌣ˆ)♉

Eniwey mkasih infonya
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Belum pernah ditilang sih dan Insya Allah gak akan. Saya orang tertib walau kadang harus menggerutu sendiri -_____-

Siapa tau ada yang salah di info saya, bisa dibenerin
bertahun-tahun yang lalu
tempat ternyaman
Amiin semoga ga ditilang

bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Amin o:)
bertahun-tahun yang lalu
debby_yd #6349
Gw disini aja.
^
^
Kalo dengerin musik pake headset ada UU nya ga mbah?? Soalnya gw biasa pake headset diem2.. :P
Thanks infonya
bertahun-tahun yang lalu
crockoaches #2093
Selimut Tetangga
Kalo UU gak tau. Headset malah dianjurkan dipake tapi pada saat melakukan panggilan telepon. Kalo dengerin musik tetep bisa ketilang tuh kayaknya
bertahun-tahun yang lalu
debby_yd #6349
Gw disini aja.
Okaii deh.. Thanks infonyaa Crock..
(ˆ⌣ˆ)
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
Alangkah lebih baik gak dipake debby...saat berkendara diusahakan/dianjurkan hpnya gak dipake dulu......soalnya dsni pernah kejadian dia bawa motor pake. Headset ketabrak kereta api......karena gak ngedenger tanda peringatan kereta lewat x_x
bertahun-tahun yang lalu
debby_yd #6349
Gw disini aja.
Mpittt: iyaaa sihhhh... Kebetulan aku jg ngelewatin rel kereta jugaa..
Hmm,,makasihh yaaa udh di ingetin.. :* ;)
bertahun-tahun yang lalu
mpit_tea #87
I walk the line
. *•.¸( *•.¸♥¸.•*´)¸.•*´
   ♥«´¨`•° ur welcome ..•°´¨`»♥…
   . *•.¸( *•.¸♥¸.•*´)¸.•*´
bertahun-tahun yang lalu
riyankribo #2776
Kuncen Gardu Listrik
nice info mbah..
bertahun-tahun yang lalu
riyankribo #2776
Kuncen Gardu Listrik
Dalam melaksanakan tugasnya, Petugas Kepolisian dianggap menyeleweng bila:

1.Tindakan petugas menghentikan kendaraan bermotor untuk dilakukan pemeriksaan tanpa ada dasar yang jelas, seperti pelanggaran yang tertangkap tangan, atau pelaksanaan operasi kepolisian.

gw sering nih diberentiin tiba2, padahal lagi ga ada razia dan gw pun ga melanggar lalin..
ternyata ini bisa disebut tindak penyelewengan petugas yah, baru tau..
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
Siapppp kumendan :p
bertahun-tahun yang lalu
Ai_Esaria #2618
Hohohahahihi
Trims infonya
bertahun-tahun yang lalu
babybear #2814
My life My happiness
◦†нªηк's◦ mbah inpoh na,kalo SIM mang blm diperpanjang  (┌_┐) ,kalo naik trotoar itu pas macet aja (ʃ⌣ƪ),slain itu lengkap mbah...monggo diperiksa..
bertahun-tahun yang lalu
maman #13
MILANELLO
nais post
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Jengking .....
su, cek email sekk
bertahun-tahun yang lalu
maman #13
MILANELLO
gk ada apa2
gmail maupun yahoo
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Jengking .....
serisu !!!! cek lagi...di refresh... di yahoo
bertahun-tahun yang lalu
maman #13
MILANELLO
serisu juga gk ada apa2
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Jengking .....
yo wes... ane emang g ngirim apa2 :d
bertahun-tahun yang lalu
maman #13
MILANELLO
yg penting sinu baca email gmail yg kemaren aja
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Jengking .....
gamil yg kemaren g ada....  udah mempan sama trik akal lubus sinu
bertahun-tahun yang lalu
maman #13
MILANELLO
yo wes dikirim lagi
bertahun-tahun yang lalu
maman #13
MILANELLO
yg link jebmen masuk
bertahun-tahun yang lalu
Jedhoed #3256
jagoan neon
ː̗̀(☉,☉)ː̖́ ew! Mbah .. Thanks infona ...

Btw mending kasih gopek aja yah ... Drpd ikut undang-undang >.<
bertahun-tahun yang lalu
[closed] #unknown
Mbah rresi jago.╋╋ム ╋╋ム ╋╋ム. Ikut kerja ane mbah setelah lamaran kelar
bertahun-tahun yang lalu
ldilan92 #2630
Di hatimu
Nyetop kendaraan tanpa alasan yg jelas juga bisa disebut penyelewengan ya?? Saya sering tuh -_-
bertahun-tahun yang lalu
davidcr #5879
Siap dan!

Yang point 4 sering banget ane liat.. Yo mari hormati para pejalan kaki..
bertahun-tahun yang lalu
art7x. #2022
Surabaya
Jd 1 bulan = 250 ribu ya???

Kalo 1 thn = 12 x 250 ribu = 3juta

Afriani Susanti 6 thn = 6 x 3 jt = 18 jt

Murah ya Nyawa 9 orang, dihargai 2 juta/jiwa
bertahun-tahun yang lalu
Mede #19
antara ada dan tiada
kus kus..ga usah pake ngitung dehh, ntar malah ribet >_<
bertahun-tahun yang lalu
art7x. #2022
Surabaya
Mwahahahahahah, tp kan emang bener :D
bertahun-tahun yang lalu
PhiQie #4340
Ngumpet di semak2
Pot up dah
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Sip infonya...

Cita-cita jadi polwan gak kesampaian ya mbah :p
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Jengking .....
bukan polwan ... tapi hansip T_T
bertahun-tahun yang lalu
anang3g #1273
Ngapak Island
Hahaha...hansip kelurahan :D
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
Polwan bangkotan
bertahun-tahun yang lalu
mbahresi #12
Jengking .....
ehhhh .... aya vina.... kangen sama mbah kah? lama g YM an ;d
bertahun-tahun yang lalu
vinanov #1988
@J(•ˆ⌣ˆ‎​​​​•)
hahaha iyah jg nih..
:p
bertahun-tahun yang lalu
Suka post-nya? Punya opini? Tanggapin deh!
Batal
 
Mengapa ini dilaporkan?
Penting: laporkanlah pelanggaran serius tapi jangan terlalu napsu pula. Sebuah post/komentar yang dilaporkan oleh beberapa anggota akan terhapus secara otomatis.
Batal
Harap masuk untuk selesaikan
Username
Password
Belum daftar? Daftarlah, cepat kok. Batal
Mari jadi anggota untuk ikutan beraksi
Username
Minimal 6 karakter. Hanya angka dan huruf diperbolehkan.
Password
Password lagi
Email
Biarkan kosong
Punya akun? Masuk deh. Batal
mbahresi #12
Jengking .....